Jembatan merah diservis, jembatan baru selesai pertengahan Oktober - WisataHits
Yogyakarta

Jembatan merah diservis, jembatan baru selesai pertengahan Oktober

Harianjogja.com, SLEMAN — Pembangunan jembatan yang akan menggantikan Jembatan Merah sebagai penghubung antara Jalan Affandi dan Jalan Tantular, Desa Condongcatur, Kapanewon Depok akan segera rampung. Kalaupun ada jembatan baru, Jembatan Merah akan tetap dipertahankan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman (PUPKP) Sleman Taufiq Wahyudi mengatakan, pembangunan jembatan baru diharapkan selesai Oktober tahun ini. “Target penyelesaian pertengahan Oktober sudah PHO [provisional hand over/serah terima pekerjaan]”, ujarnya, Rabu (10/5/2022).

Dia mengatakan desain jembatan baru benar-benar berbeda dari Jembatan Merah. Desain jembatan baru menggunakan desain jembatan modern seperti yang diterapkan pada Jembatan Rejodani di Desa Sariharjo Kapanewon Ngaglik.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

BACA JUGA: Nasib Jembatan Merah Gejayan Pemkab: Hanya Tugu

Jembatan baru memiliki lebar total sembilan meter dan terdiri dari dua jalan setapak masing-masing satu meter dan satu jalan setapak tujuh meter. Selain bentuknya yang berbeda, konstruksi jembatan baru ini dipastikan lebih kuat dari Jembatan Merah. “Sama seperti Prambanan, Gromyangan,” katanya.

Jembatan baru dibangun beberapa meter di selatan Jembatan Merah. Namun, Jembatan Merah tetap dipertahankan. Nantinya, akan dibangun dua jembatan di titik ini, dengan Jembatan Merah tidak digunakan untuk akses jalan.

Pelestarian Jembatan Merah merupakan tuntutan masyarakat agar tidak dibongkar. “Dari masyarakat, mungkin bisa jadi tempat wisata, taman atau semacamnya. Tapi tidak untuk akses jalan,” katanya.

Diketahui, Jembatan Merah sudah lama mengalami kerusakan parah, di antaranya bagian bawah pondasi keropos dan sebagian tanah di sekitar pondasi sudah tergerus aliran sungai. Perbaikan jembatan direncanakan tahun sebelumnya tetapi terhambat penyusunan kembali anggaran Covid-19.

Anggaran sebesar Rp 6,3 miliar akan digunakan untuk pembangunan Jembatan Merah yang baru. Jembatan ini merupakan salah satu dari 10 proyek strategis pemerintah Kabupaten Sleman tahun 2022. Pemerintah Kabupaten Sleman menganggarkan total Rp 280 miliar untuk pelaksanaan 10 proyek strategis tersebut.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button