5 Pesona Pantai Wediombo, cocok untuk surfing hingga camping - WisataHits
Yogyakarta

5 Pesona Pantai Wediombo, cocok untuk surfing hingga camping

PeekLifestyle Celebrities – Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Yogyakarta bersama dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Menjadi salah satu tempat wisata unggulan di kota Yogyakarta, pantai ini hampir selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah yang mengejar pemandangan pantai yang eksotis.

Seperti berbagai pantai di Gunungkidul dan sekitarnya, pantai ini menawarkan keindahan yang menakjubkan. Misalnya deretan tebing tinggi yang dihiasi pasir putih.

Penasaran sensasi dan keseruan apa saja yang bisa didapatkan di Pantai Wediombo? Yuk simak pembahasan berikut ini sampai habis!

Sekilas tentang Pantai Wediombo

1. Mengenal Pantai Wediombo

beachnesia.id

Foto: Pantainia.id

Pantai Wediombo adalah sebuah objek wisata alam di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Nama pantai ini berasal dari bahasa Jawa yaitu kata “wedi” yang berarti pasir dan “ombo” yang berarti luas. Jadi nama Pantai Wediombo bisa diartikan sebagai hamparan pasir yang luas.

Meskipun demikian, pantai ini didominasi oleh terumbu karang daripada pasir. Di area ini Anda akan menemukan bebatuan dari yang besar hingga yang kecil.

Bagian batu tidak hanya menciptakan pemandangan yang indah, tetapi juga eksotis. Formasi batuan tersebut bahkan tampak membentuk laguna atau kolam alami di tepi pantai. Sehingga membuatnya sangat menarik.

Meski sebagian besar dipenuhi bebatuan karang, tidak membatasi aktivitas seru yang bisa dinikmati di kawasan ini. Ada banyak aktivitas berbeda yang bisa dilakukan di pantai yang indah ini.

2. Lokasi Pantai Wediombo

visitjogja.jogjaprov.go.id

Foto: visitjogja.jogjaprov.go.id

Lokasi persis pantai ini berada di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai ini berada di paling ujung. Berangkat dari pusat kota Yogyakarta, Anda perlu menempuh perjalanan hingga 2,5 jam jika menggunakan jalur darat.

Pantai ini terkenal dekat dengan Pantai Siung yang berada di sebelah timur. Sedangkan Pantai Wdiombo bersebelahan dengan Pantai Siung yang berada di sebelah barat.

Jarak antara kedua pantai ini tidak terlalu jauh, sekitar 4 km. Namun, baik Pantai Siung maupun Pantai Wediombo cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu bisa mencapai 80 km.

3. Tiket Masuk Pantai Wediombo

Menawarkan pemandangan yang eksotis, pantai ini sepertinya memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau. Tarifnya Rp 5.000 per orang.

Tarif yang dikenakan berbeda untuk biaya parkir yaitu Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Namun perlu diketahui bahwa semua harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas wisata di pantai Wediombo

1. Nikmati panorama pantai

datawisata.com

Foto: datawisata.com

Hal ini tentunya menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berwisata ke kawasan pantai. Ditambah lagi, Pantai Wediombo menawarkan pemandangan yang memanjakan mata.

Kawasan ini cocok bagi Anda yang mencari suasana tenang menikmati pemandangan khas pantai sambil menikmati semilir angin dan deburan ombak yang akan membuat betah berlama-lama.

Anda tidak hanya bisa bersantai di pantai, tetapi Anda juga bisa menikmati pasir putih yang lembut tanpa alas kaki.

Salah satu pemandangan yang tidak boleh dilewatkan adalah momen saat matahari terbit dan terbenam, yang pastinya tak terlupakan. Momen ini juga menjadikan pantai ini sebagai spot foto yang estetis karena menambah jumlah bebatuan.

Namun, bagi yang ingin berfoto di sekitar bebatuan harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan ombak yang menerpa bebatuan membuat deburannya semakin kencang.

2. Berenang dan nikmati kesegaran pantai

njogja.co.id

Foto: njogja.co.id

Aktivitas selanjutnya adalah menikmati jernih dan segarnya air di Pantai Wediombo dengan berenang atau mandi di air kolam alami langsung dari pantai.

Selain itu, di pantai ini terdapat area yang terlihat seperti kolam, dengan air jernih yang dikelilingi deretan bebatuan.

Daerah tersebut merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Biasanya di titik ini mereka mencoba berenang atau sekedar berfoto untuk mengabadikan kecantikan mereka.

3. Cocok untuk berselancar

phinemo.com

Foto: phinemo.com

Selain untuk berenang, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang hobi berselancar. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan stabil, sehingga cocok untuk kegiatan selancar.

Di area ini Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa perlengkapan selancar sendiri karena di sana ada tempat di mana pengunjung bisa menyewa perlengkapan selancar. Karena harganya di kisaran Rp 100.000.

4. Tempat snorkeling

tourismsumut.net

Foto: Tourismsumut.net

Di tempat yang satu ini kamu tidak hanya bisa berenang dan berselancar, tapi juga snorkeling. Karena Pantai Wediombo merupakan bagian dari kawasan perlindungan perairan.

Karena itu, gugusan terumbu karang di kawasan ini terjaga dengan baik. Selain itu, ada banyak spesies ikan dan biota laut lainnya yang dapat ditemukan di perairan yang jernih. Itu membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk snorkeling.

Jadi bagaimana jika Anda ingin snorkeling tetapi tidak memiliki peralatan sendiri? Jangan khawatir, karena Pantai Wediombo menawarkan persewaan peralatan snorkeling, dengan harga mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 80.000.

5. Tempat perkemahan yang menyenangkan

Pantai Wediombo juga bisa menjadi tempat untuk kegiatan camping. Itu karena pantai ini memiliki suasana dan pemandangan yang membuat pengunjung betah untuk menginap.

Sehingga pantai ini menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk mendirikan tenda dan camping, untuk mengadakan acara api unggun bersama teman atau keluarga.

Fasilitas di Pantai Wediombo

Banyak fasilitas penunjang yang tersedia lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan saat menikmati liburan di Pantai Wediombo. Sebut saja seperti toilet dan kamar mandi, tempat parkir luas yang bisa menampung banyak kendaraan, atau tempat ibadah seperti mushola.

Kemudian, bagi pengunjung yang merasa lapar dan ingin mengenyangkan perut atau sekedar ingin mencicipi kelezatan kuliner di kawasan pantai ini, tersedia berbagai restoran yang menyajikan beragam menu yang lezat dan menggugah selera. Harganya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget.

Misalnya, Angkringan yang menawarkan nasi kucing dan masakan Jawa Tengah lainnya. Ada juga beberapa warung makan yang menawarkan menu dengan bahan dasar seafood.

Makanan laut yang tersedia juga terkenal dengan kesegarannya karena bahan dasarnya berasal langsung dari kawasan laut dekat Pantai Wediombo. Oleh karena itu, tempat ini juga bisa menjadi surga bagi Anda pecinta seafood.

Ada juga toko oleh-oleh bagi anda yang ingin membeli berbagai jenis oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah seharian penuh berlibur di pantai ini. (bb)

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button