Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik Sukabumi

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Juga di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, keberadaan jembatan gantung Situ Gunung kini menjadi ikon wisata baru di Sukabumi, hal ini tidak lepas dari viralnya jembatan gantung di media sosial. Memiliki panjang sekitar 240 meter dan luas 2 meter, jembatan gantung ini merupakan salah satu yang terpanjang di Asia.

Viralnya suspensi jembatan gantung ini bermula ketika seorang warganet (Internet Citizen) memposting foto saat berada di sana, karena keindahan pemandangan yang dibalut dengan background hutan hujan yang indah, dalam waktu singkat banyak warga yang penasaran berbondong-bondong mengunjungi jembatan gunung tersebut. Tidak kurang dari 1.500 turis pergi ke sana setiap hari.

Selain memberikan pemandangan yang instagramable bagi para pecinta foto, tempat wisata ini juga sangat recommended untuk melepas penat dan penat, suasana jembatan gantung disana terdapat gunung yang sejuk, asri dan menyejukkan ditambah lagi dengan faktor lainnya. daftar tempat yang akan Anda kunjungi jika Anda ingin menyegarkan diri di luar pekerjaan.

1. Jarak dan rute menuju Situ Gunung mudah dijangkau

Jalan gunung situKredit gambar: Google Maps Tommy Ajrul Na’im

Pertimbangan utama saat akan berlibur adalah jarak dan rute yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan, karena tujuan utama liburan adalah untuk menghilangkan rasa penat dan stres. Jika terlalu jauh atau jalannya sulit dijangkau, tidak menyegarkan pikiran malah malah menambah sakit kepala.

Berkunjung ke Jembatan Gantung Situ Gunung sendiri letaknya cukup dekat dengan Stasiun Cisaat, bagi wisatawan lokal yang membawa kendaraan pribadi tentu menjadi keuntungan tersendiri karena jalan-jalan di dekat stasiun harus dalam kondisi baik dan layak untuk dilampaui karena pemeliharaannya. yang masih dijaga oleh pemerintah terutama sebagai jalur wisata.

Bagi Anda yang datang dari Jakarta, Anda bisa naik kereta api ke stasiun Bogor, kemudian dilanjutkan ke stasiun Bogor Pegelan, kemudian ke stasiun Sukabumi, Jawa Barat. Namun sebelum sampai di stasiun Sukabumi harus turun dan ikuti halte ke stasiun Cisaat, dari sini bisa langsung naik angkot ke tempat tujuan.

2. Banyak spot kekinian dan instagramable

Sorotan Jembatan Gantung Situ GunungKredit gambar: Facebook Vivera Siregar

Seiring dengan perkembangan era media sosial yang semakin populer terutama di kalangan anak muda, banyak hal yang bisa kita lakukan di media sosial. Beberapa orang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, sementara yang lain menggunakannya sebagai platform untuk memamerkan apa yang mereka anggap berharga.

Salah satu hal yang sering diekspos di jejaring sosial adalah foto-foto selama perjalanan atau liburan, bahkan banyak anak muda yang menganggap liburan sebagai kebutuhan pokok selain makan, minum, dan berteduh. Alasannya beragam, ada yang ingin menghilangkan stres dan penat, ada juga yang hanya ingin menghasilkan foto terbaik untuk dibagikan di jejaring sosial.

3. Suasana asri dan pemandangan Gunung Situ yang eksotis

Lokasi Gunung SuasanaKredit gambar: Instagram saito_hajime85

Ciri khas wisata alam pegunungan adalah suasananya yang asri dan menenangkan. Selain itu, pemandangan alam yang menawan biasanya merupakan paket yang lengkap ketimbang wisata alam. Hal ini juga berlaku untuk tempat wisata Jembatan Gantung Gunung Situ. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dan mempesona.

Jembatan gantung tampak memanjang seolah memisahkan hutan hujan tropis yang lebat dan ketika Anda mulai menyeberangi jembatan gantung Anda akan merasakan kesejukan hutan hujan tropis. Ini akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan, apalagi jika kita berasal dari perkotaan, yang setiap hari harus melewati hiruk pikuk kendaraan untuk berangkat kerja.

4. Harga tiket masuk Jembatan Gantung Situ Gunung relatif murah

Harga Tiket Jembatan Gantung Situ GunungKredit gambar: Google Maps Mohamad Chaidir

Untuk pemandangan indah dan suasana asri serta menyejukkan yang akan kita rasakan, harga tiket masuk tempat wisata ini cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 35.000 di hari biasa dan Rp 50.000 di akhir pekan, harga tersebut sudah termasuk biaya lisensi. , Anda juga akan menerima sebotol air mineral.

Tiket tersebut juga sudah termasuk tiket masuk Air Terjun Curug Sawer, harga tiket yang kami sebutkan tadi bisa berubah sewaktu-waktu namun tidak akan terlalu banyak mengingat tempat wisata ini sudah dikelola oleh pemerintah, tentunya pemerintah tidak mau mengurangi nya ketenaran dengan sewenang-wenang meningkatkan harga laki-laki.

5. Atraksi lain yang tersedia, Curug Sawer

Air Terjun SawerKredit gambar: Google Maps Dimas Radhiedtya

Setelah sekedar menikmati indahnya pemandangan jembatan gantung yang terbentang di antara hutan hujan tropis serta suasana yang menyejukkan di tengah dedaunan yang hijau, saatnya Anda pulang, berbeda dengan saat hendak berangkat yang dipenuhi rasa penasaran, perjalanan pulang selalu lebih melelahkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat wisata Jembatan Gantung Gunung Situ terdapat destinasi wisata lain yang lokasinya sangat dekat dengan pintu keluar. Menariknya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk masuk ke tempat wisata Air Terjun Sawer karena jumlah uang yang kamu bayarkan di pintu masuk loket sudah termasuk di tempat wisata ini. .

6. Penjual makanan tersedia

Tersedia Penjual Makanan Jembatan Situ GunungKredit Gambar: dunia peepaholic Google Maps

Berada di tengah hutan belantara, tempat wisata alam ini tidak sepi bagi penjaja makanan, banyak terdapat penjaja makanan untuk mengisi perut yang berdeguk setelah jalan-jalan menikmati pemandangan yang indah. Berbagai jenis makanan bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini, baik jajanan maupun yang benar-benar mengenyangkan.

Jadi bagi anda yang tidak sempat membawa bekal dari rumah tidak perlu khawatir kelaparan, selama anda masih punya uang tidak perlu lapar saat berkunjung ke tempat wisata ini. Namun jangan heran jika harga makanan di sana sedikit lebih mahal daripada di kota, karena para pedagang juga membutuhkan biaya transportasi tambahan.

7. Keamanan pengunjung situs gunung terjamin

Pasang keamanan di lokasiKredit gambar: Google Maps Supian Suri

Banyak orang yang ragu untuk mengunjungi tempat wisata yang dianggap ekstrim karena khawatir akan keselamatannya, padahal lokasi jembatan gantung ini berada di atas pohon yang tingginya ratusan meter dari permukaan tanah. , Anda tidak perlu khawatir, karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihak agen telah menyediakan tali pengaman. .

Anda juga tidak perlu meragukan kekokohan dari jembatan itu sendiri, jembatan ini dibangun di atas pondasi yang kokoh dan menggunakan salah satu jenis kayu terbaik sebagai tumpuan, jembatan gantung ini menggunakan jenis kayu merbau Papua Nugini yang telah diuji kekuatannya, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Pihak pengelola juga menetapkan beberapa pembatasan terhadap pengunjung selain untuk alasan keamanan, larangan tersebut dilakukan agar fasilitas tidak cepat rusak. Beberapa pembatasan yang berlaku di tempat wisata antara lain: membatasi jumlah pengunjung yang ingin menyeberangi jembatan, tidak memanjat pagar dan melompatinya.

Inilah faktor pendukung yang membuat mengunjungi Jembatan Gantung Situ Gunung layak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda di akhir pekan atau saat Anda tidak bekerja. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini pasti akan membuat liburan semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button