Jembatan Gantung Rengganis, destinasi jembatan gantung terpanjang di ASEAN - WisataHits
Jawa Barat

Jembatan Gantung Rengganis, destinasi jembatan gantung terpanjang di ASEAN

TAGAR.id, Jakarta – Bandung memiliki begitu banyak tempat wisata menarik, termasuk Jembatan Gantung Rengganis yang merupakan jembatan terpanjang di ASEAN. Jembatan gantung ini terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Prefektur Bandung.

Jembatan Gantung Rengganis menghubungkan wisatawan dari pintu masuk Kawah Rengganis ke kawah. Sebelum adanya jembatan gantung.

Wisatawan yang ingin menuju Kawah Rengganis harus berjalan lebih jauh melalui jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar. Oleh karena itu, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan pengunjung dari tempat parkir menuju Kawah Rengganis.

Setelah sampai di titik akhir penyeberangan Jembatan Gantung Rengganis, wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai ke kawah.

Jembatan gantung dipilih karena merupakan infrastruktur yang menghubungkan dua titik tanpa merusak bentang alam.

Dibuka pada 3 Mei 2022, Jembatan Gantung Rengganis membentang sepanjang 370 meter dan tingginya 75 meter. Hal ini menunjukkan bahwa panjang Jembatan Gantung Rengganis melebihi jembatan gantung serupa di Sukabumi yaitu Jembatan Gantung Situ Gunung yang memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 100 meter.

Situs ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, saat melintasi jembatan gantung, wisatawan disuguhi hutan belantara yang menghijau dan kebun teh hijau dari kawasan kawah Rengganis.

Keamanan pengunjung terjamin karena Jembatan Gantung Rengganis menggunakan sling kawat baja yang didatangkan dari luar negeri dan telah melalui hasil uji coba dan penelitian dari pabrik.

Selama pembangunan, perancang dan pengelola juga berkonsultasi dengan Puslitbang Struktur Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sedangkan lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau ulin yang didatangkan langsung dari Kalimantan yang dikenal sangat kuat namun lentur. Kayu ulin jenis ini bahkan lebih kuat jika terkena hujan dan panas.

Selain itu, setiap pengunjung yang lewat dilengkapi dengan tali pengaman yang diikatkan pada gendongan baja. Manajemen juga membatasi kapasitas pengunjung yang berjalan melintasi jembatan menjadi 70 orang.

Harga tiketnya bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 100.000 tergantung dari pintu masuk dan jarak ke jembatan.

Dengan membeli tiket seharga Rp15.000 per orang, wisatawan hanya memiliki akses menuju Kawah Rengganis. Pintu masuknya berbeda dengan pintu masuk Jembatan Gantung Rengganis.

Tiket lainnya seharga Rp 70.000 per orang, wisatawan memiliki akses ke Kawah Rengganis dan Jembatan Gantung Rengganis.

Pengunjung masuk melalui pintu Kawah Rengganis dan berjalan cukup jauh menuju Jembatan Gantung Rengganis.

Sedangkan tiket paling mewah yakni tiket VIP seharga Rp100.000 per orang, wisatawan bisa naik tepat di dekat Jembatan Gantung Rengganis.

Dengan harga normal, masing-masing jenis tiket dibanderol Rp 25.000 hingga Rp 100.000 dan Rp 200.000 untuk kategori VIP. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

(Aldila Daradinanti)

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button