Jelajahi Museum Abdul Djalil di kota Magelang - WisataHits
Jawa Tengah

Jelajahi Museum Abdul Djalil di kota Magelang

Minggu 21/08/2022, 09:34 WIB

Reporter:
Lebrina Uneputty|

Editor:
Lebrina Uneputty

Jelajahi Museum Abdul Djalil di kota Magelang

Jelajahi Museum Abdul Djalil di kota Magelang – Instagram/@masiyok

MAGELANG, DISWAY.ID– Jalan-jalan ke Magelang, mengunjungi museum destinasi wisata sejarah di kota Magelang, Jawa Tengah.

Di Kota Magelang, Jawa Tengah, terdapat museum senjata bernama Museum Abdul Djalil. Lokasi tepatnya berada di kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang di Jalan Gatot Soebroto, Jurangombo Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Di Museum Abdul Djalil, pengunjung tidak hanya melihat dan belajar tentang dunia militer, tetapi juga tentang sejarah koleksi yang disimpan di museum. Yang menarik dan menarik perhatian pengunjung adalah koleksi senjata yang cukup lengkap disimpan di gudang senjata.

Ada aturan khusus yang harus dipatuhi pengunjung, yaitu dilarang keras membawa kamera dalam bentuk apapun, termasuk kamera di ponsel. Untuk alasan kepentingan nasional, wisatawan asing khusus dilarang memasuki ruang senjata.

BACA JUGA: Ada Batu Besar di Gunung Manglayang Terkait Kisah Kuda Terbang

Menurut staf museum, fotografi tidak diperbolehkan di ruang senjata karena khawatir dapat dipublikasikan dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Di ruang senjata ini terdapat hingga 400 jenis senjata, baik pistol maupun senapan dengan berbagai ukuran dan karakter, serta artileri. Senjata-senjata ini tidak hanya senjata yang biasa digunakan oleh tentara, tetapi juga senjata yang biasa digunakan oleh personel polisi.

Termasuk berbagai senjata yang digunakan anggota PKI dalam tragedi G 30 S/PKI. Juga di museum ini ada dua meriam emas.

Salah satu senjata emas itu adalah sumbangan Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno (mantan Wakil Presiden Republik Indonesia), senjata yang digunakan untuk menekan PKI. Sedangkan meriam emas kedua merupakan sumbangan dari Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu (mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat).

BACA JUGA: 6 Tempat Wisata Bandung Terbaru Yang Hits dan Instagramable, Cocok Untuk Dekorasi Feed Instagram

Pengunjung museum ini kebanyakan adalah anak-anak sekolah dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan lain-lain.

Selain gudang senjata, museum dua lantai dengan luas bangunan sekitar 980 meter persegi ini juga menampung sejumlah ruangan, termasuk auditorium yang menayangkan film pendek tentang sejarah berdirinya Akademi Militer Magelang.

Kemudian ruang depan Akademi Militer Nasional (AMN), ruang AMN, ruang AKABRI, ruang Akmil dan ruang taruna Batik, yang berisi foto-foto alumni berprestasi. Ditambahkan pula Cannon Garden yang terletak di kompleks luar gedung museum.

Ruangan lainnya, ruangan kadet tie-dye, menampilkan foto-foto alumni yang berprestasi baik di bidang militer maupun pemerintahan.

Sumber:
Magelang Ekspres

Source: disway.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button