Apakah Anda ingin menikmati aroma sejuk hutan yang indah dengan tangan Anda sendiri? Ini adalah tempat yang direkomendasikan - WisataHits
Yogyakarta

Apakah Anda ingin menikmati aroma sejuk hutan yang indah dengan tangan Anda sendiri? Ini adalah tempat yang direkomendasikan

Harianjogja.com, JOGJA — Dataran tinggi dengan hutan yang masih asri tersebar di beberapa wilayah di DIY. Tempat ini menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan untuk menghabiskan liburannya.

DIY memiliki bentang alam yang beragam mulai dari pantai laut dengan pasir hingga dataran tinggi berupa perbukitan dengan hutan yang masih asri.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang masih hijau, mengunjungi hutan wisata juga bisa diisi dengan sejumlah atraksi.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

Keberadaan hutan di Jogja kini semakin populer sebagai tempat wisata. Selain wisata edukatif, foto-foto yang disebar di media sosial juga mengundang banyak orang untuk mengunjungi hutan untuk “obat

Hutan Pinus Nglinggo

Hutan Pinus Nglinggo./Instagram offroadmenoreh

Desa Wisata Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama alam yang indah.

Salah satu yang dapat diuji adalah off-road dengan jeep melewati hutan pinus yang jalurnya berbatu, sempit dan ekstrim. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk dengan berkemah di tengah hutan pinus atau menggunakan jasa glamping.

Untuk berwisata ke hutan wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. murah kan?

Sedangkan untuk kegiatan offroad, Pengunjung dapat memilih dari berbagai paket yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 250.000 per paket.

Tahura Bunder

Pengunjung berfoto di Tahura Bunder./Instagram olen_smith

Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder terletak di Playen, Gunungkidul. Selain digunakan sebagai cagar alam, hutan ini juga diperuntukan untuk wisata keluarga.

Ada sejumlah wahana yang bisa dicoba pengunjung sambil menikmati ketenangan di tengah hutan. Mulai dari berkemah, jalur sepeda, naik skuter hingga menikmati pemandangan Sungai Oya.

Karena merupakan hutan yang didominasi tanaman kayu putih, maka ada juga proses pemurnian minyak kayu putih. Tahura ini juga merupakan lokasi pabrik minyak kayu putih bernama Sendangmole yang memiliki kapasitas mengolah sekitar 18 ton daun per hari.

Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang untuk memasuki kawasan Tahura ini.

Hutan Pinus Ngandong

Turis berkemah di hutan Ngandong./Instagram moko_ns

Baru-baru ini, hutan pinus yang terletak di lereng Gunung Merapi ini menjadi tujuan para wisatawan yang ingin piknik dengan suasana alam setelah beberapa potretnya dibagikan di media sosial. Hutan pinus Ngandong hanya berjarak sekitar 5,5 kilometer dari puncak gunung dan terletak tepatnya di Turi, Sleman.

Di sana, pengunjung bisa menggelar tikar piknik dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Tempat ini juga tidak jauh dari banyak kebun anggrek yang tumbuh di lereng Merapi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button