Sukses, ATF dan Travex 2023 terbukti mampu menghidupkan perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan di Yogyakarta - WisataHits
wisatahits

Sukses, ATF dan Travex 2023 terbukti mampu menghidupkan perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan di Yogyakarta

Sukses, ATF dan Travex 2023 terbukti mampu menghidupkan perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan di Yogyakarta

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan Asean Tourism Forum dan Travex (Travel Exchange) 2023 yang bertujuan mendorong pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (14/2/2023) mengatakan, Travex yang digelar pada 3-5 Februari 2023 digelar dalam format pertemuan B2B (Business to Business) antara Pembeli dan Penjual/Peserta Pameran di Hall B & C Jogja Expo Center, dihadiri oleh 115 pembeli dari 29 negara dan 348 penjual/pameran dari negara-negara ASEAN.

ATF dan Travex 2023 terbukti mampu menghidupkan perekonomian dan memperluas lapangan kerja di YogyakartaATF dan Travex 2023 terbukti mampu menghidupkan perekonomian dan memperluas lapangan kerja di Yogyakarta

Meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kegiatan tersebut, Kemenparekraf mencatat total potensi kesepakatan sebesar US$60 juta dari 134.609 paket kesepakatan yang berlangsung.

Sementara itu, potential deals untuk paket Indonesia mencapai nilai hingga US$15,8 juta dari 83.686 paket deal.

Kemudian dari penyelenggaraan Indonesia Tourism Expo, Culinary Festival dan Creative Economy Industry Expo atau B2C (Business to Consumer) pada tanggal 2-5 Feb 2023 yang diikuti oleh 205 peserta, tercatat lebih dari 6.000 pengunjung dan mampu menyelesaikan transaksi. sebesar Rp8.120.036.447.

Selanjutnya, Menparekraf Sandiaga menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat dampak pelaksanaan ATF 2023 terhadap perekonomian lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berupa dampak langsung senilai Rp55.511.188.447.

Dimana, total dampak langsung, tidak langsung dan ikutan mencapai Rp 5.606.630.033.147, dengan persentase dampak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Daerah DIY mencapai 3,76% (mengacu angka GDPR DIY tahun 2021).

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, saya ingin berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan.

Mari kita terus berjuang untuk kebangkitan perekonomian nasional serta menciptakan seluas-luasnya lapangan usaha dan lapangan kerja di sektor parekraf”,

kata Sandiaga.

Sementara itu, Managing Director ASEAN Tourism Forum 2023 dan Ketua Dewan Promosi Pariwisata Daerah DIY Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengatakan TRAVEX di ATF 2023 merupakan peluang emas dan strategis yang dimanfaatkan berbagai pihak untuk mempromosikan destinasi wisata Yogyakarta dan berbagai tempat lainnya. destinasi di nusantara selama pelaksanaannya.

Salah satu agenda utama ATF 2023 adalah TRAVEX, kata Bendara, merupakan pasar perdagangan tunggal yang menampilkan kontingen produk dan layanan terbesar untuk tujuan pariwisata dan perjalanan di dunia. , pembelian dan promosi. dari regional hingga internasional.

“Kami bersyukur kesempatan istimewa ini dapat dimanfaatkan dan menjadi tuan rumah ATF TRAVEX 2023 memberikan dampak positif bagi kita semua,”

ujar GKR Bendara.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button