Jelajahi Museum Radya Pusaka, museum tertua di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Jelajahi Museum Radya Pusaka, museum tertua di Indonesia

LANGIT7.ID, Solo – Museum Radya Pusaka didirikan oleh KRA Sosrodiningrat IV di Kepatihan Surakarta. Awalnya museum ini bernama Paheman Radyapusaka yang dibangun pada tanggal 28 Oktober 1890 pada masa Sinuhun PB IX.

Setelah itu museum dipindahkan ke Loji Kadipolo yang dibeli oleh PB IX pada awal tahun 1913 dari seorang warga negara Belanda bernama Johannes Busselaar. Kemudian resmi berganti nama menjadi Museum Radya Pustaka.

Museum Radya Pusaka dinilai menjadi salah satu destinasi edukasi yang disukai masyarakat, khususnya warga Solo. Museum ini berada di kawasan strategis yakni di Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Eksotisme Pantai Nungap, Destinasi Wisata Pantai Tanpa Pasir

Menurut visitjawatengah.jatengprov.go.id, Museum Radya Pusaka merupakan museum tertua di Indonesia, dimana bangunan museum ini juga menjadi bukti pengarsipan bagi masyarakat Solo. Selain itu, museum ini membahas tentang ilmu sastra dan budaya khususnya budaya Jawa dan ilmu pengetahuan Jawa di Indonesia.

Salah satu tujuan didirikannya museum ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum khususnya mahasiswa untuk belajar dan membaca buku. Baik berupa serat Jawa maupun buku-buku berbahasa Belanda yang terdiri dari 400 buku Jawa Kuna sebagai manuskrip tulisan tangan sebelum mesin tik ditemukan.

Beberapa teks tersebut memuat kekayaan budaya Jawa yang umumnya menceritakan tentang tatanan kehidupan dan cara berpikir masyarakat dalam menjalani kehidupan. Sejumlah karya sastra Babad dan Serat yang dianggap masterpiece ditulis dalam aksara Jawa.

Meski demikian, ada juga beberapa koleksi buku yang dicetak dalam transliterasi latin. Kemudian ada pula ribuan eksemplar buku-buku tua berhuruf Jawa dalam bentuk cap.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Prioritaskan Wisata Lokal, Tak Perlu Jauh-Jauh

Saat ini Museum Radya Pusaka dikelola oleh UPT Museum Dinas Kebudayaan Kota Solo Jawa Tengah untuk menjaga dan memelihara semua koleksi yang ada di museum ini. Selain itu, bangunan museum ini juga telah terdaftar sebagai bangunan cagar budaya.

Jika sobat Langit7 berwisata ke daerah Solo, jangan lupa untuk mengunjungi museum ini. Museum Radya Pusaka buka hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Namun pada hari Jumat, museum buka mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

(jadi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button