Jelajah Destinasi Wisata di Jombang, Pejabat Jatim putar roda perekonomian dan UMKM lewat pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Jelajah Destinasi Wisata di Jombang, Pejabat Jatim putar roda perekonomian dan UMKM lewat pariwisata

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – DPD Persatuan Wanita Pengusaha Indonesia (Perwira) Jawa Timur bidang pariwisata melakukan kunjungan wisata ke beberapa destinasi wisata di Jombang, Minggu (10/2/2022).

Tidak hanya wisata, sinergi dengan antar instansi dan antar organisasi masyarakat ini dijadikan sebagai bentuk promosi pariwisata untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan UMKM sekitar.

Dengan motto “Wisata Wanita Jatim”, perjalanan dimulai dari Kantor Kadin Jawa Timur menuju objek wisata Banyu Mili di kabupaten Wonosalam. Pengunjung diajak untuk merasakan budaya dan kuliner khas Desa Adat Segunung.

Begitu juga dengan kegiatan Wisata Duran Duren. Pengenalan destinasi ini dilengkapi dengan masakan lokal, musik dan makanan ringan. Terutama pameran UKM dari berbagai bidang di bawah naungan Perwira Jawa Timur.

“Community gathering ini merupakan gerakan yang baik untuk akses pariwisata. Rata-rata destinasi di Jawa Timur bagus dan cocok untuk keluarga. Alam yang indah, masakan yang terjangkau, seni dan koneksi jalan yang menarik. Daerah sangat cepat merespon waktu tunggu seperti itu,” kata Pj Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim Sinarto kepada Tribun Jatim, Minggu (10 Februari 2022).

Acara berlangsung meriah dengan Bazar UMKM. Sebagai wadah bagi perempuan pengusaha, kata pejabat Jatim, kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif adopsi, pembelajaran dan pengembangan untuk memajukan usaha pelaku ekonomi kreatif.

“Ini merupakan acara ketiga kami sejalan dengan program pemerintah yang akan menggenjot sektor pariwisata khususnya Wonosalam. Saya ingin semuanya bergerak dan berdampak positif bagi para pelaku ekonomi di Jatim,” kata Ketua Panitia Touring Wanita Jatim Siska Sumartono.

Selain penyerahan secara simbolis oleh Pj Kepala Disbudpar Jatim, Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim Idris Yahya juga hadir didampingi Farida Aryani, Dirut Jatim.

Silaturahmi yang dihadiri ratusan anggota dari berbagai daerah di Jawa Timur itu berbagi kendaraan roda empat. Lebih dari 40 kendaraan roda empat menjelajah Wonosalam Jombang, Jawa Timur bersama.

Setibanya di Duran Duren, Wakil Bupati Jombang Sumrambah juga menyampaikan apresiasi dan memperkenalkan kegiatan wisata utama kota Santri.

Salah satunya adalah kegiatan wisata di Jombang yang tidak bisa dipisahkan dari festival rakyat yaitu Kenduri Durian. Ia mengatakan, acara yang digelar setiap dua bulan sekali ini bisa menjadi alternatif wisata.

“Acara ini sangat berarti bagi Kabupaten Jombang dalam memajukan pariwisata di Wonosalam. Kami masih menata semuanya, baik wisata Wonosalam maupun wisata religi. Kami membawa semuanya bersama-sama,” katanya.

Pihaknya membeli produk UMKM dari berbagai daerah yang terlibat dalam acara Touring Wanita Jatim. Mulai dari kopi, tie-dye dan jajanan olahan dari pelaku industri kreatif keliling Duran Duren.

“Inilah wajah Jombang dengan manfaat alam yang luar biasa,” pungkasnya.

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button