Liburan akhir tahun, 5 tempat wisata ini bisa jadi pilihan - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan akhir tahun, 5 tempat wisata ini bisa jadi pilihan

TEMPO.CO, jakarta – Liburan akhir tahun sudah dekat. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk merencanakan perjalanan liburan yang bermanfaat bersama keluarga atau teman.

Tentu masih banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Namun, beberapa tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Berikut daftarnya:

Karimun Jawa

Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin melihat dunia bawah laut sambil snorkeling. Pengunjung dapat melihat keindahan bawah laut dengan berbagai jenis ikan yang indah dan terumbu karang yang indah.

Ada beberapa pulau favorit di Karimun Jawa yaitu Pulau Menjangan Besar yang merupakan penangkaran hiu. Ada juga Pulau Menjangan Kecil yang menawarkan tempat-tempat menarik untuk snorkeling dan fotografi di ayunan, seperti di Gili Trawangan di Lombok.

Ada juga Pulau Cemara Besar, pulau yang memiliki hamparan pasir putih yang luas saat air laut surut. Pulau yang tak kalah indahnya adalah Pulau Cemara Kecil, pulau yang populer bagi wisatawan untuk makan siang, dan Pulau Gosong Seloka, pulau yang hanya memiliki pasir putih. Dengan banyaknya pulau yang ada di Karimun Jawa, tentunya Anda bisa menambah koleksi foto liburan Anda dengan mengunjunginya.

Kawah Ijen

Kawah Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah ini terkenal dengan fenomenanya Api biru atau api biru. Saat mengunjungi Kawah Ijen, wisatawan dapat melihat api biru seperti kompor gas, tetapi api biru ini menyala di dalam kawah.

Ribuan wisatawan berkunjung ke Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Bondowoso, 7 Mei 2016. Selama libur panjang ini, ribuan wisatawan memadati tempat-tempat wisata tempat fenomena api biru yang langka bisa ditemukan. TEMPO/Frannoto

untuk dapat melihat Api biru tentu saja ada waktu tertentu untuk ini. Waktu terbaik untuk dapat melihat Api biru Yaitu pada pukul 02:00 WIB hingga 03:00 WIB.

Pengunjung juga bisa mengamati aktivitas para penambang di sana. Penambang biasanya turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang. Selain itu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit saat mendaki pagi hari. Momen yang sangat indah bisa melihat matahari terbit di kawah Ijen dan melihat pesona Gunung Raung, Gunung Suket dan Gunung Rante.

Dieng Pletau

Dieng merupakan tempat wisata yang menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk menikmati sejuknya daratan di atas awan. Pertama, ada Candi Arjuna yang menjadi icon wisata di Dieng. Tiket masuk candi ini hanya Rp 10.000 yang sudah satu paket dengan kawah Sikidang.

Kawah Sikidang, Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. FOTO/Andika Betha

Ada lima candi yang berjajar lurus di sekitar Candi Arjuna. Uniknya, festival budaya Dieng kerap digelar setiap tahun. Maka biasanya sangat ramai di malam tahun baru.

Pengunjung juga bisa melanjutkan ke Bukit Sikunir untuk melihatnya matahari terbit pemandangan indah Dataran Tinggi Dieng. Untuk menikmati Matahari terbit, Anda harus tiba di Bukit Sikunir sebelum matahari terbit agar tidak ketinggalan pertunjukannya matahari terbit.

Gunung Merbabu

Bagi yang suka mendaki, Gunung Merbabu adalah tempat yang sangat bagus untuk merayakan Tahun Baru. Luangkan momen indah bersama teman dan keluarga di puncak Merbabu untuk melihat keindahan di atas awan.

Pengunjung akan melihat hijaunya sabana di Gunung Merbabu yang indah untuk dilihat. Tentunya untuk mengunjungi Gunung Merbabu, usahakan terlebih dahulu untuk memeriksakan kesehatan agar tetap fit saat mendaki dan menikmati keindahan alam Indonesia yang asri dan sejuk.

Danau Beratan Bedugul, Bali

Bali adalah salah satu tempat paling menarik untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Bali memiliki banyak tempat wisata yang indah dan indah, salah satunya adalah Danau Beratan Bedugul. Sebuah danau di daerah pegunungan dengan suasana yang sejuk dan asri.

Keunikan Danau Beratan Bedugul adalah adanya sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu. Alasan lain mengapa wisatawan harus pergi ke Danau Beratan Bedugul yang menawarkan panorama eksotis. Di sini pengunjung merasakan betapa kuatnya adat dan tradisi yang masih ada, disandingkan dengan pesatnya perkembangan zaman, yang tidak bisa dipungkiri. Nama asli objek wisata ini adalah Danau Beratan, namun banyak pengunjung yang lebih mengenalnya dengan Danau Bedugul karena tempat ini berada di kawasan Bedugul.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata untuk liburan akhir tahun ini. Sebelum keberangkatan, pastikan semua pengaturan perjalanan sudah lengkap dan jaga kondisi fisik Anda.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: 5 tips mempersiapkan liburan akhir tahun bersama keluarga

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button