Ketua Dekranasda Arumi: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Jatim - WisataHits
Jawa Timur

Ketua Dekranasda Arumi: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Jatim

Senin, 17 Oktober 2022 | 21:05 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Surabaya, InfoPublik – Ketua Dekranasda Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian yang dapat menyelamatkan Jatim untuk bertahan dalam menghadapi badai Covid-19 -Agar tangguh pandemi.

Hal itu disampaikan Senin (17/10/2022) dalam acara workshop teknologi informasi dan komunikasi bagi UMKM yang didukung oleh Dekranasda Jatim di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim).

Salah satu materi terpenting yang akan kita pelajari hari ini adalah analisis data. Ini penting dalam proses branding dan pemasaran agar mereka tahu pasar dan bisa mempublikasikan lebih banyak dan lebih banyak mata.

“Tidak cukup hanya mengunggahnya ke media sosial dan platform pemasaran, kami membutuhkan hal-hal yang data-centric,” jelas Arumi.

Arumi menjelaskan selain analisis data, pendiri Open Source Community Foundation Arief Rama Syarif, sebagai nara sumber, juga akan menjelaskan proses bisnis transaksi, pemasaran, branding dan aplikasi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi bisnis para pelaku UMKM.

Jadi tuan dan nyonya, jangan takut untuk pamer, pamerkan produk Anda, pamerkan hasil kerja keras Anda. Awalnya tidak banyak suka dan komentar, tidak apa-apa.

“Jangan patah semangat, itu biasa. Hari ini ada kesempatan untuk belajar, banyak bertanya, mengambil semua ilmu yang bisa diterapkan,” kata Ketua Dekranasda Jatim itu.

Dalam kesempatan yang sama, Hudiyono menggarisbawahi persoalan desa wisata dan desa devisa, yang tidak lepas dari peran UMKM. “Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempererat sinergi antara Pemprov dengan Dekranasda Jatim,” ujarnya. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non-idc/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button