PT TWC Luncurkan Drama Musik Boneka Kayu Pepino - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

PT TWC Luncurkan Drama Musik Boneka Kayu Pepino – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – PT Taman Wisata Candi Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menggebrak pementasan drama musikal bertajuk Pepino Wooden Puppet di Gedung Trimurti, Theatre and Performance Unit, Ramayana, Prambanan pada Jumat malam.

“PT TWC telah bertransformasi menjadi Indonesia Heritage Management dan ikut serta dalam pengembangan seni pertunjukan ramah anak melalui pepino wooden wayang ini,” kata Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono dalam sambutan daring.

Menurutnya, PT TWC turut serta menghadirkan layanan pendidikan dan berkualitas sebagai sarana tumbuh kembang anak Indonesia.

“PT TWC sebagai pengelola destinasi wisata cagar budaya ikut serta dalam pengembangan atraksi seni budaya sebagai salah satu magnet pengunjung di daerah, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Serangkaian pagelaran seni budaya yang rutin diselenggarakan oleh PT TWC di destinasinya turut memeriahkan suasana wisata di kawasan tersebut.

“Ini merupakan nilai pengalaman bagi wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Ia mengatakan, pertumbuhan seni pertunjukan di Indonesia semakin berkembang. Ruang kreatif berbeda dengan cerita berbeda yang dihadirkan menghadirkan khazanah seni yang semakin beragam.

“Ini juga telah memberikan dorongan langsung ke dunia pariwisata. Atraksi seni yang dibalut dengan budaya tentunya menjadi sajian yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Edy mengatakan, salah satu penerima manfaat dari menonton seni pertunjukan adalah anak-anak. Kegiatan memperhatikan alur dan mengamati lakon yang dimainkan mempunyai efek edukatif yang positif. Anak-anak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang mereka alami secara langsung.

“Seni pertunjukan ramah anak, baik melalui cerita, aktor, busana, dibutuhkan sebagai bentuk pembelajaran langsung bagi mereka. Minimnya pertunjukan ramah anak harus menjadi perhatian berbagai pihak untuk mendorong pembangunan pendidikan yang berkualitas dan dapat diakses oleh semua orang,” ujarnya.

Ia mengatakan Pepino Wooden Dummy diprakarsai oleh Departemen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan Unit Ramayana Performing Theater sebagai wujud nyata implementasi CSV (Creating Shared Value) PT TWC.

Karya ini merupakan upaya kolaboratif untuk membantu memberikan pertunjukan berkualitas tinggi yang ramah anak dan mengembangkan bakat penari muda di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Sinergi kedua jurusan ini menghadirkan program yang menjadi wahana perkembangan dan pertumbuhan seniman muda di Prambanan. Hal ini memungkinkan kami menghadirkan karya-karya baru yang dapat mendefinisikan dan memvisualisasikan atraksi dan pertunjukan sesuai dengan kebutuhan anak-anak,” ujarnya.

Tim kreatif Wooden Doll Pepino, Momentya Irsha Emeralda mengatakan drama musikal ini dikembangkan sebagai bentuk pengembangan wisata ramah anak di Yogyakarta.

Hal ini menyebabkan kurangnya pertunjukan budaya yang dapat memberikan pembelajaran karakter secara langsung kepada anak-anak.

“Setahu kami, tidak ada pertunjukan seni budaya yang rutin untuk anak-anak di Yogyakarta. Hal ini memotivasi kami untuk menghadirkan dramaturgi musikal sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan wisata ramah anak di Yogyakarta,” ujarnya.

Selain itu, Boneka Kayu Pepino menjadi katalog baru yang segar dan melengkapi seni pertunjukan reguler di kawasan Ramayana Prambanan.

Sebelum meluncurkan produk ini, ada beberapa tahapan. Sebelumnya, tim produksi Pepino Wooden Dolls melakukan riset terhadap animo masyarakat terhadap pertunjukan seni ramah anak.

“Studi pasar kami menjelaskan bahwa masyarakat menginginkan pertunjukan reguler yang ramah anak. Setelah itu masuk ke tahap produksi bersama peserta Nyantrik di Prambanan dan sekumpulan penari yang terlibat dalam pementasan Roro Jonggrang. Setelah itu, kami melakukan pengujian internal dan juga pengujian publik terbatas sebelum meluncurkannya,” ujarnya.

Boneka Kayu Pepino menampilkan penampilan yang menarik, lucu, dan jenaka. Drama musikal ini mengajak anak-anak untuk bernyanyi, bersorak, dan mendalami karakter Pepino yang pernah mengingkari janjinya untuk menjadi anak yang baik hati.
PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko meluncurkan pertunjukan drama musik berjudul Pepino Wooden Puppet di Gedung Trimurti, Unit Teater dan Pertunjukan, Ramayana, Prambanan pada Jumat (25/11/22). ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button