Jalur Pendakian GUNUNG BUTAK Simaksi & Via Panderman - WisataHits
wisatahits

Jalur Pendakian GUNUNG BUTAK Simaksi & Via Panderman

Jalur Pendakian GUNUNG BUTAK Simaksi & Via Panderman

Harga tiket masuk Gunung Butak: Rp 15.000 – Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66185.

Gunung Butak merupakan stratomountain atau stratovolcano. Sangat populer sebagai tujuan pendakian di kalangan pemanjat tebing, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan ketinggian gunung ini mencapai 2.868 mdpl. Jalurnya cukup panjang, jauh dan memiliki banyak tanjakan. Sejauh ini jalur via Panderman cukup populer untuk memulai pendakian.

Lihatlah Gunung Butak

Harga tiket di base camp pendakian tidak terlalu mahal. Wisatawan yang ingin mendaki harus membawa barang-barang lengkap seperti fotokopi KTP dan surat keterangan sehat. Pergi tempat penampungan wisatawan dapat berjalan kaki atau menggunakan ojek.

Harga
Menunjukkan Rp 15.000
Ojek Rp 20.000
Sewa tenda/hari Rp 25.000

Baca: Harga Tiket Masuk MONT SEMERU dan 6 Spot Terbaik

Jam buka

Kawasan Gunung Butak merupakan alam terbuka. Jadi, wisatawan bisa mengunjungi tempat itu kapan saja. Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam untuk wisatawan. Namun jika ingin mendaki sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan karena jalurnya akan sulit.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Atraksi pendakian Gunung Butak

Gunung Butak memiliki pesona kawasan savana yang luas dan sejuk. Sabana populer sebagai tempat perkemahan. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis vegetasi termasuk edelweiss atau bunga abadi. Selain itu, masih banyak objek wisata lain yang mengundang wisatawan untuk datang ke sini.

Jalur Pendakian Gunung Butak via Panderman

Ada beberapa jalur pendakian yang populer di kalangan pendaki. Yang paling terkenal adalah via Panderman dan via Sirah Kencong. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui Panderman karena rutenya lebih mulus dan ramai. Panderman adalah tempat favorit saat mendaki.

Sedangkan jalur melalui Sirah Kencong lebih ekstrim dan memiliki tanjakan yang curam. Selain itu, jalurnya lebih sepi dan sulit menemukan sumber air.

Namun jika ingin mempersingkat waktu pendakian, Sirah Kencong bisa menjadi pilihan. Jika ingin melewati Sirah Kencong, wisatawan harus benar-benar memiliki tenaga yang pas.

Baca: Tiket, itinerary, dan aktivitas MONT ARJUNO

Dijuluki Gunung Putri Tidur

Pemandangan di sekitar Gunung Butak sangat menakjubkan. Terlihat seperti cat natural yang masih sangat natural. Jika dilihat bentuknya dari jauh, Gunung Butak justru terlihat seperti putri tidur. Karena lanskap pegunungan memanjang.

savana yang luas

Sabana di Gunung ButakPadang savana yang luas biasanya menjadi tempat berkemah bagi para pendaki gunung. Foto: google maps/Ali Musthofa

Selama pendakian melalui jalur Panderman, dari tempat penampungan menuju sabana memakan waktu sekitar 7-8 jam. Sedangkan pendakian dari savana ke puncak gunung membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Namun, cepat dan lambatnya waktu pendakian akan berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi.

Area savana yang luas seringkali menjadi pilihan berkemah sebelum menuju puncak. Di padang savana terdapat banyak mata air yang bisa digunakan untuk minum.

Sedangkan angin cukup kencang dan sejuk di kawasan savana. Sabana memiliki pemandangan yang keren dan Instagrammable. Oleh karena itu sayang untuk tidak mengambil foto di tempat ini.

Baca: Tiket GUNUNG WILIS, Jalur Pendakian dan Keindahannya

Keindahan bunga edelweis di sabana

Sabana yang indah ini juga memiliki vegetasi lain selain rerumputan. Salah satunya adalah bunga Edelweis yang terkenal sebagai bunga abadi.

Karena bunga Edelweis akan mekar dalam waktu yang lama, hingga 10 tahun. Bunga ini merupakan tanaman khas pegunungan di Indonesia.

Untuk menjaga keawetannya, pemerintah menetapkan larangan memetik bunga cantik ini. Diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018.

Peraturan tersebut menyatakan bahwa edelweis merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi. Sanksinya pun tidak main-main, mulai dari membayar denda hingga penjara.

puncak yang indah

Pemandangan dari puncak Gunung ButakPemandangan dari puncak Gunung Butak memberikan kesan berada di atas awan. Foto: google maps/Arjun Fahriza

Saat berada di puncak, lelah apapun akan terbayar seketika. Wisatawan juga akan merasa berada di atas awan. Akan lebih indah lagi jika wisatawan memiliki sunrise saat berada di puncak. Wisatawan bisa melihat pemandangan pedesaan di bawah, hingga pegunungan di sekitarnya.

Berdekatan dengan Gunung Kawi

Gunung ButakGunung yang berbatasan dengan Gunung Kawi. Foto: google maps/tony feby

Jika melihat peta, gunung ini letaknya bersebelahan dengan Gunung Kawi. Di Indonesia, Gunung Kawi merupakan gunung yang namanya sering muncul. Karena Gunung Kawi memiliki banyak cerita mistis dan sering menjadi tempat ziarah. Pemandangan indah Gunung Kawi akan terlihat saat wisatawan mendaki Gunung Butak.

Banyak pilihan lokasi persewaan tenda

Wisatawan yang tidak ingin terganggu bisa menyewa tenda di sekitar area pendakian. Ada kubu Panderman di Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Menyediakan berbagai perlengkapan camping dan tenda dengan harga terjangkau. Tersedia juga berbagai perlengkapan camping lainnya seperti lampu, kompor, sepatu dan lain-lain.

Atau sewa dari Basundara Outdoor yang masih di Kota Batu. Tentu saja harga dari setiap persewaan tersebut bersaing. Wisatawan dapat menyewa peralatan mendaki dan berkemah sesuai kebutuhan.

Kemudahan

Pendakian Gunung Butak via Panderman, wisatawan akan menemukan 4 pos. Toko sederhana bisa dilihat di pos 1 saja. Toilet juga tersedia untuk wisatawan. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan layanan ojek untuk mengantar mereka tempat penampungan.

Lokasi Gunung Butak

Wisata gunung ini berlokasi di Ngadirenggo/Htn, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari Kota Blitar ke Gunung Butak, perjalanan memakan waktu 60,9 km atau 2 jam. Kemudian jika berangkat dari kota Batu akan menempuh jarak 19,6 km atau sekitar 41 menit. Tempat ini pasti akan menjadi destinasi para pendaki pemula.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button