Jabar Gelar Festival di Makassar, Pameran Lukisan Ridwan Kamil Tawarkan Wisata Jabar - WisataHits
Jawa Tengah

Jabar Gelar Festival di Makassar, Pameran Lukisan Ridwan Kamil Tawarkan Wisata Jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Pemprov Jabar mendorong peningkatan kunjungan wisatawan lokal. Salah satu caranya adalah dengan menghadiri Makassar International Eight & Forum Festival (MIEFF).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, keikutsertaan Jabar dalam acara tersebut berfungsi untuk menarik wisatawan dari wilayah Indonesia Timur. Acara tersebut, kata Benny, akan berlangsung pada 7-11 September 2022.

Benny menjelaskan, untuk mencapai target 40 juta kunjungan wisatawan lokal di Jabar, potensi kunjungan wisatawan perlu ditingkatkan.

“Makassar merupakan kota dengan infrastruktur pendukung yang strategis di kawasan timur Indonesia, dapat dikatakan sebagai pusat pasar pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia Timur,” kata Benny, Selasa (9/6/2022).

Berbagai promosi dari Jawa Barat akan dipajang di Anjungan F8. Pengunjung F8 disuguhi pameran dan penjualan produk kreatif unggulan Jawa Barat, baik itu fashion, kriya, seni, budaya dan lain-lain.

Selain itu, juga akan ada penawaran khusus untuk paket wisata yang dijual dari Makassar ke kota-kota Jawa Barat. Kegiatan ini akan dibalut dengan presentasi yang menarik dengan menghadirkan seniman-seniman interaktif yang akan tampil disana.

“Di sana kita akan mempromosikan Jabar Tersenyum melalui kegiatan promosi langsung pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif Jabar. Anjungan Jabar dalam kegiatan F8 ini akan menjadi wadah promosi Jabar secara langsung, berinteraksi langsung dengan calon konsumen/wisatawan,” ujarnya.

Selain mempromosikan pariwisata, Benny mengatakan misi Jabar pada acara tersebut adalah mengajak pemerintah daerah untuk berkolaborasi di bidang pariwisata, budaya dan industri kreatif.

“Pemprov Jabar selalu berinisiatif untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di tingkat regional, nasional, dan global. Salah satunya menyediakan ruang publik untuk berekspresi dan penciptaan nilai ekonomi kreatif,” ujarnya.

Selain itu, Anjungan Jawa Barat akan diwarnai dengan lukisan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dikabarkan hadir di Anjungan Jawa Barat untuk membuka acara dan menjalin silaturahmi dengan calon wisatawan.

“Gubernur Jabar rencananya tidak hanya hadir dalam pembukaan acara F8 ini, tetapi juga berinteraksi langsung dengan pengunjung Anjungan Jabar. Workshop podcast dan industri kreatif akan dilakukan bekerja sama dengan pembicara dari Jawa Barat dan Makassar,” kata Benny.

Rencananya sebelas lukisan karya Ridwan Kamil akan dipamerkan di Anjungan Jawa Barat.

“Lukisan yang dibawakan adalah lukisan modern, objek, pemandangan alam dan figur manusia. Beberapa lukisan juga menampilkan abstraksi dan pengolahan idiom kaligrafi Islam. Secara umum, Kang Emil menyukai warna-warna cerah dengan saturasi tinggi untuk lukisan,” ujarnya.

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button