Promosikan Wisata Olahraga di Jabar, Ridwan Kamil: Dampak ekonominya bisa triliunan rupiah - WisataHits
Jawa Barat

Promosikan Wisata Olahraga di Jabar, Ridwan Kamil: Dampak ekonominya bisa triliunan rupiah

WJ hari ini, Bandung – Gubernur Jawa Barat mempromosikan event sport tourism di Jawa Barat. Karena dia melihat potensi dan dampak ekonomi yang cukup besar bagi sektor pariwisata.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan menggelar event olahraga akan mendongkrak transaksi hingga triliunan rupiah. Di sisi lain, Jawa Barat memiliki keindahan alam dan cuaca yang sejuk, sehingga memiliki potensi manfaat wisata olahraga.

“Jawa Barat memiliki alam yang cukup indah. Ini potensi besar untuk wisata olahraga,” kata Ridwan Kamil pada acara Pocari Sweat Run Indonesia 2022 di Gedung PN, Minggu (24/7/2022).

Dia mencontohkan, event sport tourism otomotif di Jabar bisa meraup omzet hingga Rp 1,5 triliun. Ia pun meyakini event olahraga nasional seperti ini juga bisa berdampak triliunan rupiah.

Dia mendorong acara olahraga seperti ini terus berlanjut. Acara seperti ini juga dimaksudkan untuk mendorong pergerakan pariwisata lokal.

Sementara itu, acara lari ini dihadiri oleh beberapa kepala daerah dan tokoh masyarakat, antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Najwa Shihab, Rasyid Rajasa dan lainnya.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pocari Sweat dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini menarik 5.000 peserta dari 167 kota dan 13.601 peserta yang berjalan secara virtual di 311 kota di seluruh Indonesia.

Rasyid Rajasa yang berlaga di kelas half marathon 21,1 km mengaku sangat menikmati acara lari tersebut.

“Saya senang bisa menjadi kompetitor dan mengapresiasi kegiatan Pocari Sweat Run 2022.” Ini menjadi bukti industri olahraga mulai tumbuh pasca pandemi khususnya di Kota Bandung. Olahraga tidak hanya mengarah pada kesehatan dan kinerja, tetapi juga memiliki dampak industri dan ekonomi yang sangat bermanfaat bagi semua orang yang terlibat,” kata politisi muda PAN itu.

Menurutnya, kegiatan ini berdampak positif bagi masyarakat Bandung, menciptakan lapangan kerja dan menarik wisatawan ke Bandung. Banyak hotel yang penuh dan belanja menjadi booming berkat acara olahraga seperti ini.

“Semoga acara ini dapat terus diadakan secara rutin dan menjadi pendorong revitalisasi industri olahraga di kota Bandung,” ujar Rasyid.

Direktur Pemasaran PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati mengakui acara tersebut tidak hanya berdampak positif bagi kesehatan tetapi juga berdampak ekonomi bagi daerah sekitarnya, khususnya Kota Bandung. Banyak hotel yang full booking karena banyak pelari yang membawa keluarganya ke Bandung.

“Bandung memiliki keunggulan alam yang ramah pelari. Suasananya sejuk. Kami berharap ini akan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia dan Kota Bandung,” ujar Puspita.***

Source: www.westjavatoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button