ITN Malang Buka Wisata Edukasi Pemanfaatan Energi Surya - Lentera Hari Ini - WisataHits
Jawa Timur

ITN Malang Buka Wisata Edukasi Pemanfaatan Energi Surya – Lentera Hari Ini

MALANG (Lenteratoday) – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang meresmikan wisata edukasi pembangkit listrik tenaga surya 0,5 megawatt untuk memaksimalkan pemanfaatan energi matahari dan memperkenalkan keterampilan teknis PLTS kepada siswa SMA dan sejawatnya.

“Indonesia adalah negara tropis namun potensi suryanya belum sepenuhnya tergali, terutama dalam hal teknologi yang banyak orang belum kuasai dengan baik. Banyak orang dapat menginstal atau menggunakannya tetapi tidak dapat memelihara atau memeliharanya dengan baik. Kami ingin mengedukasinya pelan-pelan, terutama untuk siswa SMA,” ujar Awan Uji Krismanto, ST, MT, Ph.D, Ketua LPPM ITN Malang saat ditemui di Pameran dan Workshop Teknologi PLTS ITN Malang, Sabtu (20/822). .

Sebelumnya, Rektor ITN Malang, Prof.DR.Ir. rapat. Abraham Lomi, MSEE, mengatakan banyaknya peserta workshop yang hadir dalam acara peluncuran menunjukkan antusiasme yang besar. Padahal pengumuman itu dilakukan sehari sebelum acara dimulai.

ITN Malang yang berstatus sebagai pemilik PLTS terbesar kedua di tingkat nasional setelah ITERA akan menyelenggarakan workshop dan paket pelatihan bagi siswa SMA atau sederajat untuk mengenalkan proses pemasangan, pemantauan dan perawatan PLTS dengan baik.

Awan Uji Krismanto menambahkan, ITN Malang saat ini sedang aktif membagikan EBT PLTS ini kepada masyarakat. Harapannya adalah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil di masa depan.

Teknologinya saat ini relatif mahal, namun dalam jangka panjang EBT akan kompetitif. Seperti yang kita ketahui bahwa harga bahan bakar berfluktuasi, ketersediaan bahan bakar di masa depan mungkin atau tidak dapat dijamin. Jika tenaga surya itu cukup tak ada habisnya, itu juga akan murah dalam jangka panjang.

“Saat ini teknologinya masih berkembang, namun kami optimis ke depan masyarakat akan mengetahui bahwa EBT adalah energi yang murah, hijau dan bersih,” pungkasnya.

Reporter: Santi Wahyu|Editor: Arifin BH

Source: lenteratoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button