Jembatan Pasupati, jembatan kebanggaan kota ikonik Bandung - WisataHits
wisatahits

Jembatan Pasupati, jembatan kebanggaan kota ikonik Bandung

Jembatan Pasupati, jembatan kebanggaan kota ikonik Bandung
Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Layang Pasupati No.66,lb. Siliwangi, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Rekor jembatan terpanjang di Indonesia masih dipegang oleh Jembatan Suramadu, struktur megah sepanjang 5,4 kilometer ini. Sedangkan di urutan kedua adalah jalan layang Pasupati di Kota Bandung, bangunan indah yang atraktif dan ikonik ini memiliki panjang 2,8 kilometer dan lebar 30-60 meter.

Bandung dijuluki Kota Kembang, istilah ini sangat tepat, karena pada saat itu kota ini dianggap sangat indah dengan banyak pohon dan bunga yang indah. Saat ini Kota Bandung sedang mempercantik diri dengan bangunan infrastrukturnya. Selain jembatan yang juga dikenal dengan nama flyover Pasupati, infrastruktur lain yang menjadi ikon kota Bandung adalah Gedung Sate.

Jembatan tersebut mulai beroperasi sejak Juni 2005 sebagai akses yang menghubungkan wilayah utara dan timur Kota Bandung, yakni Jalan Pasteur hingga Jalan Surapati. Perpaduan kedua nama jalan tersebut menjadi inspirasi untuk disebut Jalan Pasupati. Beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang Jembatan Pasupati adalah sebagai berikut!

Atraksi Jembatan Pasupati

Atraksi Jembatan PasupatiFoto oleh Arief Tn di Google Maps

Suatu tempat akan dikunjungi oleh wisatawan apabila daerah tersebut memiliki daya tarik yang membuat orang penasaran, seperti tempat rekreasi, wisata alam dan lain-lain. Begitu juga dengan Flyover Pasupati yang banyak dikunjungi wisatawan dari segala usia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa karena memiliki daya tarik tersendiri.

✦ Jembatan terpanjang kedua di Indonesia

Jawa Timur memiliki jembatan terpanjang di Indonesia yang disebut Jembatan Suramadu. Infrastruktur ini memiliki panjang 5.438 meter, lebar 30 meter dan merupakan salah satu ikon kota Surabaya. Kota Bandung di provinsi Jawa Barat juga memiliki jembatan terpanjang kedua di Indonesia yaitu Jembatan Pasupati. Jalan layang ini memiliki panjang 2,8 kilometer dan lebar 30 meter hingga 60 meter.

Jembatan ikonik ini dirancang sejak tahun 1920. Arsitek yang memprakarsai dan mendesainnya adalah Ir. Karsten. Saat itu, rencana dasar Kota Bandung dan jembatannya sudah ada dan tersimpan dengan aman, namun baru bisa dibuat dan dioperasionalkan pada Juni 2005. Jembatan indah nan gagah ini menjadi akses penghubung wilayah timur dan utara Bandung. kota. Sehingga roda perekonomian Kota Bandung dapat berputar dengan lancar.

✦ Sebagai ikon kota Bandung

Kota Bandung memiliki banyak infrastruktur ikonik, namun yang dibanggakan penduduk setempat adalah Gedung Sate dan Jembatan Pasupati. Flyover ini patut dibanggakan karena selain sebagai jembatan terpanjang kedua di Indonesia, bangunannya berdiri megah dan sangat indah. Kemegahan infrastruktur terlihat pada tiang-tiang tinggi bercat merah putih.

Tiang ini semakin kuat karena ditopang oleh 19 kabel baja atau kabel pria. Apalagi di malam hari, keindahan dan kemegahan jembatan ini semakin terlihat. Lampu warna-warni siap menemani pengendara sepeda sepanjang perjalanan dan memberikan keindahan tersendiri pada jembatan ini. Jalan layang tersebut sangat estetis sehingga menjadi daya tarik wisata untuk dikunjungi.

✦ Jembatan tahan gempa

Ada banyak berita tentang jembatan yang runtuh di Indonesia, besar dan kecil. Beberapa faktor penyebab runtuhnya jembatan tersebut adalah karena bencana alam seperti banjir dan gempa bumi. Disinilah unik dan menariknya Jembatan Pasupati, infrastruktur ini dirancang khusus untuk tahan gempa. Alat seismik tersebut bernama Lock Up Device yang berasal dari Perancis.

Cara kerja alat ini adalah saat terjadi gempa, alat pengunci akan bekerja secara otomatis menahan tekanan gempa. Ada 76 perangkat seismik yang dipasang di sepanjang jembatan yang siap menopangnya. Selain itu, peralatan yang melengkapi infrastruktur ini adalah kabel guyed dengan panjang kurang lebih 161 meter. Ini membuatnya dikenal tidak memiliki kaki, terutama di bagian yang membentang di Lembah Cikapundung.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Jembatan PasupatiFoto oleh Andrian Sani di Google Maps

Jembatan cantik ini terletak di Flyover Pasupati, Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempatnya berada di lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan oleh siapa saja. Bagi Anda yang penasaran dan ingin berjalan melewati gedung infrastruktur tersebut, silahkan ambil jalan standar Abdul Rahman Saleh. Ambil jalan lurus ke Jalan Pajajaran lalu menuju ke Jalan Champelas. Ikuti arah rute jalan, hingga menemukan lokasi jembatan.

Bagi wisatawan yang belum pernah ke kota Bandung, jangan khawatir karena lokasinya mudah diakses melalui peta Google. Rambu-rambu jalan juga tersedia di titik-titik strategis di jalan raya. Jika masih bingung bisa bertanya pada penduduk setempat, karena jalan yang dilalui merupakan daerah perkotaan sehingga banyak penduduk setempat. Sepanjang jalan menuju lokasi relatif baik, aman dan nyaman, karena tidak ada lubang besar disana.

Setiap orang selalu ingin dan bercita-cita untuk bisa menghabiskan liburan, sendirian, bersama teman atau keluarga. Terkadang begitu sulit untuk menyesuaikan waktu liburan dengan orang tersayang. Bila ada waktu, keadaan keuangan masih belum memungkinkan, karena belum gajian.

Bagi Anda yang sedang mengalami kondisi tersebut, kini telah hadir solusi yang dapat mengatasi masalah Anda. Siapkan kendaraan Anda dan pergi ke Jembatan Pasupati karena tidak ada biaya masuk, atau gratis. Begitu juga ketika ingin mengunjungi Taman Pasupati yang terletak di bawah jembatan juga gratis tanpa tiket masuk.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Jembatan PasupatiFoto oleh Agus Abi Kamal di Google Maps

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan tiba, yaitu bersantai di rumah, berolahraga, jalan-jalan, dll. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri, bersama teman atau keluarga. Liburan tidak datang setiap hari, sehingga kegiatan yang lebih berkesan perlu dilakukan. Berikut beberapa aktivitas menarik dan berkesan yang bisa Anda lakukan di Jembatan Pasupati!

1. Nikmati jajanan khas Bandung

Keanekaragaman kuliner kota Bandung bikin betah. Suasana kota yang bersahabat, sejuk dan asri, menambah keindahan kota kembang ini. Selama berada di Jalan Layang Pasupati, Anda juga bisa menikmati jajanan khas Bandung yang tersedia di sana. Beberapa jajanan tersebut adalah Baso Tahu Tulen, Seblak, Batagor, Rujak Cireng dan jajanan lainnya.

2. Latihan untuk kebugaran

Cara menjaga kebugaran tubuh yang benar adalah dengan berolahraga. Oleh karena itu, jika liburan tiba dan ingin ke Jembatan Pasupati, fasilitas olahraga juga tersedia di sana. Tempat olahraganya ada di bawah jembatan, namanya Taman Pasupati atau populer disebut Taman Jomblo.

Kegiatan olah raga biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari, karena saat ini cuaca tidak terlalu panas dan cuacanya sejuk dan sejuk. Joging dan jalan santai adalah olahraga yang biasa diikuti pengunjung. Namun, Anda dapat menyesuaikan latihan sesuai keinginan.

3. Piknik santai di Jembatan Pasupati

Bagi yang suka piknik dengan semangat urban, jembatan ini sangat cocok untuk dikunjungi. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan infrastruktur yang megah, kokoh dan indah. Apalagi saat malam tiba, warna-warni lampu kota berkedip silih berganti dan sorot lampu kendaraan menandakan bahwa roda perekonomian sedang berputar dan bekerja dengan baik. Ditambah dengan lampu taman, semakin menambah keindahannya.

4. Pergi keluar dengan teman-teman

Saat liburan tiba, hal menarik yang dilakukan para milenial adalah berkumpul bersama teman-teman. Anda bisa melakukannya di Jembatan Pasupati, karena di pinggir jembatan terdapat tempat duduk bersantai. Banyak yang nongkrong di sana dengan santai menatap pemandangan dari dek.

Selain itu, rumah penduduk dan gedung-gedung bertingkat menghadirkan keindahan tersendiri. Jangan lupa untuk mengambil foto kenang-kenangan dari waktu ke waktu. Banyak sekali spot foto yang cantik dan menarik di sana dan siap menghiasi media sosial Anda.

5. Ada Taman Skate Internasional

Skating sangat menarik karena membutuhkan keterampilan dan konsentrasi untuk melakukannya. Tempat untuk melakukan atraksi ini sangat jarang. Buat kamu yang suka main skateboard, ada Skate Park di Taman Pasupati. Lokasinya internasional sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga dan terkendali.

Pasupati Park Skate Park memiliki tiga tingkatan. Level pertama ada di atas, di mana skatepark memiliki level reguler. Sedangkan skatepark tingkat kedua dan ketiga berskala internasional. Nah buat kamu yang penasaran ingin bermain skateboard di Taman Pasupati, segera buat rencana untuk memainkannya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Jembatan PasupatiFoto oleh Arief Tn di Google Maps

Sebagai ikon kota Bandung, Jembatan Pasupati menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dan wisatawan. Infrastruktur jembatan yang megah, kokoh, dan indah ini tidak pernah sepi pengunjung. Milenial, pasangan muda dan keluarga kecil selalu menyemarakkan tempat ini. Mereka menghabiskan waktu di sana dengan nongkrong, berolahraga, jalan-jalan dan ngemil masakan khas Bandung.

Apalagi saat Taman Pasupati dibuka pada 4 Januari 2014, tempat ini semakin ramai dikunjungi warga kota Bandung dan wisatawan luar kota. Sebelum diresmikan, lokasi di bawah jembatan itu gelap, sepi, terabaikan dan tampak terabaikan.

Namun saat ini semakin diminati dan dikunjungi terutama di Taman Pasupati. Pengunjung merasa lebih betah di sini hingga lupa waktu karena tempat tersebut memiliki fasilitas yang memadai dan sangat diminati wisatawan. Adapun beberapa fasilitas yang terdapat di sana yaitu tersedia Wi-Fi gratis. Jika Anda seorang pecinta game online dan ingin bermain dengan teman, ini adalah tempat untuk Anda.

Fasilitas lainnya adalah toilet umum. Saat bepergian atau berlibur, kita sering bertanya-tanya apakah ada tempat makan dan toilet? Hal ini sangat wajar, karena kedua hal tersebut merupakan kebutuhan vital saat berlibur. Bagi anda yang ingin berkunjung, kebutuhan pokok anda terutama toilet disediakan dengan baik, rapi dan tertata rapi. Selama ini, keberadaannya semakin meluas di setiap wilayah dan titik strategis.

Keindahan dan keindahan kota Bandung tidak akan membosankan dan membosankan untuk dibahas. Tata letak kota yang rapi, lingkungan yang bersih, dan bangunan yang megah memberikan kesan tersendiri. Apalagi Jembatan Pasupati yang merupakan icon nomor dua di Bandung setelah Gedung Sate ini membuat setiap orang yang melihatnya begitu kagum, bangga dan bahagia. Ditambah dengan masyarakatnya yang ramah terhadap turis, selalu membuat orang yang pernah kesana ingin kembali lagi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button