Itinerary 2 Hari 1 Malam di Solo dan Sekitarnya, Ada Tour Baru - WisataHits
Jawa Tengah

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Solo dan Sekitarnya, Ada Tour Baru

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Solo dan Sekitarnya, Ada Tour Baru

KOMPAS.com – Surakarta atau Solo merupakan kota budaya dan pariwisata yang memiliki banyak pesona bagi wisatawan. Anda bisa menikmati wisata budaya, menjelajah wisata alam dan mencicipi kuliner khas Solo.

Jika wisatawan memiliki waktu untuk liburan dua hari satu malam di Solo, mereka bisa mengunjungi sejumlah destinasi menarik.

Selain itu, wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata di kota-kota sekitar Solo yang jaraknya tidak terlalu jauh, seperti Sukoharjo dan Boyolali.

Baca Juga: Seharian Saja Berburu Foto Instagramable, Bisa Kemana Saja?

Baca Juga: Keraton Solo Damai, Museum Terbuka untuk Wisata?

Itinerary selama dua hari satu malam di Solo dan sekitarnya

Ini rekomendasinya rute dua hari satu malam di dalam dan sekitar Solo, sebagaimana disusun Kompas.com.

Itinerary hari pertama

1. Sarapan dengan nasi liwet Bu Waris

Ilustrasi nasi liwet khas Solo.SHUTTERSTOCK/ TUPAITERBANG Ilustrasi nasi liwet khas Solo.

Untuk memulai petualangan di Kota Solo, wisatawan bisa mencicipi kuliner khas nasi liwet Bu Waris. Lokasinya ada di Jalan Yos Sudarso, Jayengan, Serengan, Solo.

Satu porsi nasi liwet harganya cukup ramah di kantong yaitu Rp 10.000. Ini termasuk telur utuh dan lauk khas Nasi Liwet lainnya.

Baca Juga : Cara Bayar Tiket KRL Solo-Jogja dan Detail Harganya

2. Keraton Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat di kota Surakarta, Jawa TengahKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keraton Surakarta Hadiningrat di kota Surakarta, Jawa Tengah

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo merupakan wisata ikonik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Solo. Lokasinya hanya berjarak sekitar 800 meter dari Nasi liwet Bu Waris.

Keraton Surakarta dibangun oleh Pakubuwono II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat kerusuhan pecinan pada tahun 1743. Hingga saat ini, Keraton Surakarta berfungsi sebagai tempat tinggal Sunan dan rumah tangga kerajaan.

Pengunjung dapat menjelajahi kawasan Keraton Surakarta sambil belajar tentang sejarah dan budaya Jawa. Ada sejumlah koleksi benda bersejarah seperti kereta emas, tandu, patung, senjata antik dan lain-lain untuk dilihat pengunjung.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Kota Solo untuk Dibawa Anak Saat Libur Sekolah

3. Candi Mangkunegaran

Keraton Mangkunegaran di kota Surakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Istana Prasetya Mangkunegaran di kota Surakarta.

Perlu diketahui bahwa kota Solo memiliki dua keraton. Di sebelah Keraton Solo, wisatawan bisa menemukan Candi Mangkunegaran.

Jarak tempuh dari Keraton Surakarta kurang lebih 3,2 kilometer (km) atau dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu 10 menit. Tepatnya di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Solo.

Nama Pura Mangkunegaran menjadi viral karena resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di sini akhir tahun lalu.

Wisatawan dapat mengunjungi Balai Ageng Pura Mangkunegaran yang merupakan balai keraton terbesar di Indonesia. Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan latihan tari tradisional yang sangat indah.

Ada juga koleksi gamelan, museum, dan perpustakaan yang bisa dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: 8 Wisata Dekat Candi Mangkunegaran Solo, Keraton hingga Pasar Bersejarah

4. Makan siang di jalan Vien

Jalan solo WinaDERMAGA. Jalan Vien Solo Jalan Vien

Selat adalah salah satu makanan khas Kota Solo yang sayang untuk dilewatkan. Selat adalah hidangan yang terdiri dari telur rebus, daging cincang, kentang goreng, dan berbagai macam sayuran, kemudian di atasnya diberi saus berbumbu gurih dan manis.

Salah satu tempat yang paling populer untuk menikmati Selat Solo adalah Selat Vien yang memiliki cabang berbeda. Namun, pusatnya terletak di Jalan Hasanudin D/E No. 99, Punggawan, Banjarsari, Kota Solo.

Jarak menuju Candi Mangkunegaran sekitar 1,6 km dengan waktu tempuh lima menit berkendara.

Baca Juga: Kebun Binatang Jurug Kota Solo Dibuka Kembali Akhir Januari 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button