Insani Herbal Park: Harga Tiket, Wahana, Fasilitas, Atraksi & Lainnya - WisataHits
wisatahits

Insani Herbal Park: Harga Tiket, Wahana, Fasilitas, Atraksi & Lainnya

Kebun herbal manusia – Obat herbal memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Pasalnya selain murah, jamu sudah dikenal sejak nenek moyang kita dan dengan bahan alami turun temurun yang ampuh mengobati hampir semua penyakit.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali tumbuhan obat yang dikenal sebagai apotik hidup. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah hingga akhirnya kini ada tempat yang menjadi areal budidaya masyarakat yaitu kebun herbal Insani.

Selain sebagai tempat menanam tanaman obat, kita juga bisa belajar tentang jamu. Ingin tahu lebih banyak tentang taman unik ini? Temukan penjelasan berikut!

Gerbang Kebun Jamu Insani via KompasianacomGerbang Kebun Jamu Insani via Kompasiana.com

Lokasi dan cara menuju ke Insani Herb Garden

The Insani Herb Garden didirikan oleh Bapak Ir. Mahendra yang konsep dasarnya adalah menggabungkan herb garden dengan kawasan wisata keluarga. Taman yang terletak di Jl. Kp. Kondang, kawasan Sawangan, tepatnya di kota Depok, merupakan destinasi wisata yang juga sering dikunjungi perjalanan pendidikan Siswa.

Jika Anda datang dari arah Wates, Anda bisa melewati Jl Abdul Wahab hingga mencapai Jalan Raya Muchtar. Dari sana, Anda akan menemukan kantor kecamatan Sawangan. Setelah itu belok kiri saat menemukan tanda Alfamart di area pengasinan. Ikuti saja jalan tersebut hingga mencapai Gang Wadas, namun jangan terlalu jauh menuju Perum Bumi Sawangan Indah.

Setelah melewati area pengasinan, Anda bisa menuju Jalan Duren Seribu dan terus lurus hingga ada Lapangan Pusaka. Sesampainya di sana, Anda akan langsung menemukan spanduk bertuliskan Herbal Garden yang berjarak sekitar 150m. Cukup rumit ya?

Nah… kalau nggak mau pusing, ada baiknya ikuti saja petunjuk Google Maps agar sampai ke tujuan dengan petunjuk arah yang terjamin.

Biaya masuk ke Insani Herbal Garden

Untuk weekdays, baik weekdays maupun weekends, baik untuk anak-anak maupun dewasa, standar harga tiketnya adalah Rp 20.000. Namun ada paket untuk rombongan, mulai dari paket sekolah, acara keluarga, hingga sekedar iseng pertemuan keluarga yang tentunya tiketnya akan lebih murah.

Anda juga dapat melakukan reservasi tiket online di website Herbal Garden. Taman ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore saja. Jadi tidak berencana untuk berkunjung pada malam hari karena tentunya pihak pengelola taman tidak mengizinkan.

Kunjungi juga: 29 Tempat Kencan Paling Seru Di Depok

Wahana di Kebun Herbal Insani

Meski bertema pendidikan, Insani Herbal Park juga menawarkan taman bermain untuk anak-anak yang berkunjung. Taman bermain dikelilingi oleh rumput, yang memudahkan orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka saat mereka beristirahat.

Bagi yang memilih perjalanan terorganisir, biasanya petugas menawarkan lebih banyak permainan, seperti lomba bakiak, tarik tambang antar kelompok dan permainan menarik lainnya. Memang jika ingin belajar memanah juga tersedia tempat dan peralatannya. Bagi yang ingin berlatih secara rutin, Anda bisa membayar Rp 150.000 per bulan untuk menyewa pelatih dari Insani Archery Club.

Aktivitas Panahan di Insani Herbal Park via WismanusantaraherbalcomKegiatan Panahan di Insani Herbal Park via Wismanusantaraherbal.com

Selain itu, anak-anak dan orang dewasa juga bisa bermain air di kebun herbal. Untuk anak-anak, telah disediakan kolam khusus untuk mendayung. Tiang-tiangnya dilengkapi dengan pancuran yang memungkinkan bermain di pancuran. Anak-anak pasti sangat senang.

Taman Wisata Herbal Insani melalui MoodsteridTaman Wisata Herbal Insani via Moodster.id

Kolam renang khusus dewasa juga disiapkan. Namun, ini berarti kolam renangnya terbagi dua di sana dan Anda tidak bisa salah masuk karena bisa ditegur petugas karena berkaitan dengan keselamatan pengunjung. Jadi harap berhati-hati!

Wisata bahari bukan hanya sekedar kolam renang. Selain berenang, ada juga kolam ikan dan rakit. Kolam ikan merupakan kolam yang diisi dengan berbagai macam ikan yang menarik dan dapat dijadikan pakan oleh pengunjung, sedangkan saung rakit merupakan kolam dengan gubuk bambu di atasnya.

Jangan pernah mencoba turun untuk mengambil ikan di kolam ikan karena tentu saja dilarang. Tetapi jika Anda memilih perjalanan yang terorganisir, Anda dapat mengaksesnya untuk memancing gratis. Kolam ikan ini terletak di sebelah kolam dewasa.

Bagi yang ingin berperahu, Insani Herbal Park juga memiliki fasilitas. Anda bisa berkeliling danau dengan perahu bambu sambil menikmati suasana yang asri dan nyaman. Atau jika ingin lebih menantang, cobalah naik rakit bambu yang hanya berkapasitas 6 orang.

Rakit ini menguji kohesi dan kerjasama karena hanya bisa berguling jika semua penumpang mengayuh pedal secara bersamaan. Biasanya rakit ini akan disertakan dalam perjalanan terorganisir yang tentunya bisa Anda manfaatkan jika memilih paket.

Wisata Kebun Jamu Insani Depok via WisataherbalcomWisata Kebun Jamu Insani Depok via Wisataherbal.com

Jika Anda hanya ingin berjalan-jalan menikmati tempat-tempat menarik, di sekitar jalan juga terdapat hiasan yang dipenuhi dengan segala macam pernak-pernik payung dan hiasan tanjung. Belum lagi, Anda juga bisa berfoto di atas rakit bambu untuk berfoto bersama properti tenda.

Para pecinta hewan juga bisa berlibur di kebun herbal. Hal ini dikarenakan terdapat taman yang penuh dengan kelinci-kelinci lucu dan juga berbagai wahana keluar yang menantang. Selain itu, di taman juga dibangun sangkar besar untuk penangkaran LOve Bketiga yang pastinya menjadi pemandangan favorit bagi para pecinta burung.

Ada juga taman penyu. Meski desainnya cukup lengkap, bagian kendaraan ini sayangnya kurang begitu diminati wisatawan. Padahal kura-kura di dalamnya sangat lucu, aktif dan juga bisa dijadikan bahan edukasi untuk anak-anak.

Budidaya tanaman obat di taman ini dijamin terpercaya karena dikelola oleh Human Herbal Company sendiri. Jadi jika Anda ingin membeli tanaman obat, jangan khawatir… ada tanaman yang khusus dijual untuk wisatawan.

Selain membeli tanaman obat, kita juga bisa belajar cara membudidayakan tanaman tersebut nantinya untuk dipraktikkan di rumah. kita juga bisa belajar tentang tumbuhan dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Tak heran jika taman ini menempati hati warganya sendiri. Karena disana pengetahuan kita tentang tanaman obat akan bertambah seketika. Ada Arboretum yang kebetulan merupakan nama pohon dan tanaman yang diminati wisatawan.

Karena menerima paket rombongan, maka tidak heran jika banyak orang berkumpul di Pendopo di dalam Taman. Tentu saja, mereka menunggu giliran untuk mendapatkan perlengkapan tur. Biasanya, perjalanan yang diselenggarakan berisi perlengkapan yang terdiri dari:

  • Kunjungan ke kebun, mulai dari pengenalan tanaman obat hingga manfaat dan cara pengobatannya
  • Latihan kultivasi
  • Praktek membuat rebusan obat
  • Berlatih membuat jahe merah secara instan

Juga tidak boleh dilewatkan: 36 Tempat Kuliner di Depok Yang Wajib Kamu Coba

Fasilitas Taman Herbal Insani

Ada banyak fasilitas pendukung di luar sana. Komitmen pengelola pariwisata untuk mengutamakan kenyamanan dan kepuasan pengunjung sangat dipegang teguh. Selain mushola, toilet, pusat informasi pemandu wisata, dan juga tempat parkir, di Taman Herbal Insani terdapat tempat wisata kuliner.

Bagi yang sudah tidak tahan lapar dan sudah bersiap dari rumah, Anda bisa menikmati makan siang berupa piknik di gubuk bambu. Rasakan betapa indahnya berbagi makanan dengan keluarga dan teman-teman Anda dan abadikan momen tak terlupakan ini.

Ada 4 gazebo atau kabin di sana. Satu buah berada di dekat area pintu masuk sementara 3 buah lainnya berada di dekat lapangan bermain.Cari gubuk kosong karena hampir tidak pernah sepi untuk digunakan.

****

Demikian ulasan tentang Human Herbal Garden. Taman ramah ini tentunya sangat cocok untuk liburan sekolah bagi keluarga dan anak sekolah.

Selain untuk wisata, taman ini sebenarnya juga berguna untuk mengenalkan masyarakat tentang penggunaan Living Pharmacy atau tanaman obat dengan konsep yang menarik dan tidak membosankan. Bisa bermanfaat!

Juga jangan lewatkan: Wisata Keluarga Depok Wiladatika Park

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button