Dipanggil! Pemandangan Kota Tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang Seperti Malioboro Jadi Obyek Wisata Populer - Sijori Kepulauan Riau - WisataHits
Yogyakarta

Dipanggil! Pemandangan Kota Tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang Seperti Malioboro Jadi Obyek Wisata Populer – Sijori Kepulauan Riau

Dipanggil!  Pemandangan Kota Tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang Seperti Malioboro Jadi Obyek Wisata Populer – Sijori Kepulauan Riau

Masyarakat ramai mengunjungi Jalan Merdeka Tanjung Pinang. (Foto: Is)

TANJUNG PINANG – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad berhasil mengubah tampilan kota tua di Jalan Merdeka Tanjung Pinang, seperti Malioboro di Yogyakarta, menjadi seindah, estetis dan berkesan historis serta layak menjadi tujuan wisata bagi Masyarakat Tanjung Pinang. .

Upaya Pemprov Kepri untuk merevitalisasi kawasan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang pada 2022 kini membuahkan hasil. Kota tua kini jauh lebih memesona, mempesona, dan Instagrammable.

Menurut Gubernur Ansar, perbaikan dan perindahan kawasan kota lama Jalan Merdeka Tanjung Pinang sudah menjadi program strategis sejak pelantikannya.

“Alhamdulillah, meski belum sempurna karena kita lakukan secara bertahap. Namun, dengan hasil yang kami raih sejauh ini, cukup membuat orang senang. Tempat untuk mengambil foto dan bersantai. Dan memang sudah saatnya kita memperbaiki Tanjung Pinang. Juga, ini adalah ibu kota provinsi Kepulauan Riau. Siapa lagi yang mau memulai kalau bukan kita,” kata Gubernur Ansar kemarin.

Dengan indahnya kota tua Jalan Merdeka, Tanjung Pinang, diharapkan tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi di kota Tanjung Pinang dan mendongkrak pariwisata ibu kota provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Nantinya, tidak hanya kawasan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang, perlahan dan bertahap spot-spot lain di kota Tanjung Pinang akan dipercantik.

Hal ini mengingat sudah saatnya kota Tanjung Pinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau berbenah dan memperindahnya dari segi pembangunan.

Tak hanya itu, sesuai janji Gubernur Ansar Ahmad akan melanjutkan proyek revitalisasi kota tua pada 2023.

Mulai dari Jalan Tengku Umar hingga pertigaan KFC, Gereja Ayam, hingga dekat Masjid Raya Tanjung Pinang.

Putra, salah satu pengunjung yang ditemuinya di Jalan Merdeka dan terlihat sedang berfoto di Jalan Merdeka Kota Tua Tanjung Pinang, mengaku tidak percaya dengan penampakan Jalan Merdeka Kota Tua Tanjung Pinang saat itu.

“Awalnya saya tidak percaya, seperti kota-kota besar lainnya, tampilannya dibuat eksotik, jadi cocok untuk berfoto. Yang belum tahu mungkin mengira ini di Yogyakarta,” kata Putra.

Selain berswafoto di kota tua Tanjung Pinang, Putra dan rekan-rekannya juga terlihat duduk santai di salah satu bangku kaki lima yang disediakan.

“Pokoknya Jalan Merdeka sekarang bagus, yang dulunya hanya kawasan pasar biasa, kini menjadi kawasan yang istimewa dan menawan,” kata Putra.

Sementara itu, Lisa, siswi salah satu sekolah di Tanjung Pinang, mengaku senang bisa mendapatkan banyak spot foto yang bagus dan instagramable di Kota Tua, Jalan Merdeka, Tanjung Pinang saat itu.

“Iya banyak spot foto yang keren, aku mau posting foto di Instagram,” jawab Lisa malu-malu.

Mengambil kesempatan ini, Lisa dan teman-temannya juga berharap kedepannya akan semakin banyak tempat wisata dan spot foto yang bagus untuk semua orang.

Selain pengunjung, revitalisasi kawasan kota lama Jalan Merdeka Tanjung Pinang juga membawa berkah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan tersebut.

Eli, salah seorang pedagang di sekitar kawasan kota lama Jalan Merdeka Tanjung Pinang mengaku mendapat berkah dari desain kawasan kota lama Tanjung Pinang.

“Alhamdulillah ada sedikit perubahan, kadang orang membeli minuman untuk duduk di bangku ini,” kata Eli.

Dengan adanya kebijakan Pemprov Kepri untuk merevitalisasi kawasan kota lama Jalan Merdeka Tanjung Pinang, Eli sangat bersyukur karena semakin cantik dan menawan bisa sedikit mendongkrak perekonomiannya.

Mengamati di tempat, terlihat banyak orang yang menggunakan kawasan kota tua di sepanjang Jalan Merdeka tidak hanya untuk berbelanja tetapi juga sebagai tempat bersantai sambil bersantai dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman.

Banyak orang berjalan melewati kawasan kota lama, Jalan Merdeka, Tanjung Pinang sambil menikmati suasana sejarah yang tercipta dan merasakan berbagai fasilitas yang ada.

Apalagi saat siang berganti malam. Lampu warna-warni menghiasinya dengan indah dan membuat kesan kota tua semakin mempesona. Goresan puri pun tampak terukir rapi di sudut dinding ruko di Jalan Merdeka, menambah pesona tersendiri. ***

(merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button