5 julukan unik untuk Blora, daerah penghasil jati terbesar di dunia: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

5 julukan unik untuk Blora, daerah penghasil jati terbesar di dunia: Okezone Travel

5 julukan unik untuk Blora, daerah penghasil jati terbesar di dunia: Okezone Travel

ADA 5 julukan menarik untuk Blora. Kabupaten Jawa Tengah ini dikenal sebagai penghasil jati terbaik di Indonesia bahkan dunia, sehingga dikenal juga sebagai kota seribu pohon jati. Namun, ini bukan satu-satunya sebutan bagi Blora. Setidaknya ada lima julukan unik untuk daerah ini.

Latar belakang nama Blora berasal dari kata “belor” yang berarti lumpur. Sementara itu, kata Blora secara bahasa berasal dari kata “wai” yang berarti “air” dan “lorah” yang berarti “tanah rendah”.

Orang Jawa menyebutnya Wailorah atau Bailorah, artinya dataran rendah dalam arti lumpur.

BACA JUGA:Asyiknya memetik jeruk di Blora

Kata Wailorah atau Bailora berkembang menjadi nama Blora. Selain latar belakang nama Blora yang menarik, kota Blora juga memiliki beragam julukan unik.

Nah, berikut 5 julukan menarik untuk Kabupaten Blora.

1. Kota seribu pohon jati

Blora memiliki banyak pohon jati yang indah dan terbentang di sepanjang jalan kota. Oleh karena itu, Blora sering disebut sebagai “kota seribu pohon jati”. Orang Blora menggunakan kayu jati untuk membuat mebel seperti kursi, meja, dan tempat tidur.

Bahkan pada masa Kerajaan Mataram, Blora menjadi pusat pemerintahan kerajaan. Ini terjadi karena Blora terkenal dengan hutan jatinya.

BACA JUGA:Mengapa Madiun disebut sebagai kota kharismatik? Inilah ceritanya

2. Kota Barongan

Blora dijuluki “Kota Barongan” karena terkait dengan tradisi tarian Barongan yang sangat populer. Tari Barongan adalah tarian tradisional yang menggambarkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Tarian ini sangat penting bagi masyarakat Blora.

Tradisi tari Barongan yang kuat dan populer membuat Kota Blora dikenal sebagai “Kota Barongan”. Tarian ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Blora.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

3. Kota minyak

Karena industri minyak yang besar dan berkembang, Blora mendapat julukan “Kota Minyak”. Julukan ini menunjukkan betapa pentingnya industri minyak bagi perekonomian Blora.

Minyak juga menjadi salah satu daya tarik bagi para pengusaha dan investor yang ingin berinvestasi di bidang ini. Pemerintah Indonesia sendiri mengelola perminyakan di Blora melalui BUMN, BUMD dan masyarakat Blora sendiri.

4. Kota Mustika

Julukan Blora yang paling terkenal adalah “Kota Mustika”. Kata “Mustika” adalah singkatan dari Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Berkelanjutan dan Aman. Bahasa gaul Kota Mustika sering terlihat pada gapura di perbatasan jalan-jalan kota. Tak heran banyak orang menyebut Bora sebagai Kota Mustika.

ilustrasi

5. Negeri Blora Kota

Blora mendapat julukan “Kota Sate” karena banyaknya warung makan yang menyajikan sate sebagai hidangan utama. Sate merupakan makanan populer yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia dan khususnya di Blora.

Tidak sulit menemukan kuliner sate di Blora. Sate Blora memiliki ciri khas saus kacang yang nikmat. Julukan Kota Sate dapat membantu menarik wisatawan untuk datang ke Blora dan mencoba sate.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button