Inilah sejumlah desa wisata di Jogja yang cocok sebagai tempat penyembuhan - WisataHits
Yogyakarta

Inilah sejumlah desa wisata di Jogja yang cocok sebagai tempat penyembuhan

Harianjogja.com, JOGJA—Saat ini sedang menjadi trend piknik di kalangan anak muda Yogyakarta dengan istilah obat. Orang-orang muda biasanya merencanakan perjalanan wisata ke suatu tempat untuk bersantai atau melepaskan diri dari kehidupan sehari-hari.

Di antara berbagai rekomendasi tempat wisata, mengunjungi desa wisata juga bisa dijadikan sarana obat. Pengunjung dapat menata tikar piknik, berkemahbahkan mengikuti sejumlah atraksi yang ditawarkan.

Berikut beberapa rekomendasi desa wisata di Jogja yang cocok dijadikan spot: obat!

Desa wisata Potrobayan

Desa wisata ini digandrungi anak muda asal Yogyakarta. Potret anak-anak muda yang sedang bersantai di rerumputan di tepian Sungai Opak bertebaran di media sosial.

Tempat yang terletak di Desa Wisata Potrobayan, Pundong, Bantul ini memudahkan wisatawan lagi atau piknik sore sambil menikmati pemandangan sungai, atau menghabiskan malam dengan berkemah. Pengunjung juga diperbolehkan membawa tikar dan perlengkapan piknik sendiri.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Informasi dari Instagram @potrobayan, bagi wisatawan yang datang berobat atau dekat hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. Sementara itu, uang pemeliharaan dikumpulkan secara sukarela. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di camp, biaya maintenance sebesar Rp 10.000.

Desa Wisata Tinalah

Terletak di Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, desa wisata ini berada di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh. Tempat ini cocok sebagai tempat penyembuhan untuk menghilangkan penat dan mengembalikan kesegaran di tengah kesibukan.

Di sini pengunjung dapat berkemah di tempat perkemahan yang tersedia di tepi sawah yang biasa digunakan untuk menyeberangi sungai. Bangun pagi dengan pemandangan Pegunungan Menoreh bisa menjadi pengalaman yang tiada tara.

Desa wisata yang masuk dalam 50 besar desa wisata menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif baru-baru ini memperkenalkan program eduwisata baru, yaitu Perkemahan Astro. Pengunjung berkemah dapat diundang untuk mempelajari lebih lanjut tentang tata surya dan benda langit.

Desa Wisata Tepus

Di Desa Wisata Tepus, Gunungkidul, ada satu tempat yang masih jarang dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Mbeling. Destinasi ini masih asing bahkan di telinga masyarakat karena tidak seperti pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya.

Tidak ada area pasir pantai di Pantai Mbeling, bahkan wisatawan tidak bisa bermain air. Namun, pengunjung dapat mengunjunginya dan melihat laut lepas dari tebing yang tinggi. Tempat ini juga cocok untuk penyembuhan dan relaksasi.

Pantai ini biasanya hanya sering dikunjungi oleh para pemancing atau warga sekitar. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, berhati-hatilah karena kawasan ini belum memiliki banyak fasilitas seperti rel pembatas tebing dan akses terbatas hanya untuk kendaraan bermotor.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button