5 Tempat Wisata di Sekitar Candi Prambanan yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun, Apa Saja? - WisataHits
Yogyakarta

5 Tempat Wisata di Sekitar Candi Prambanan yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun, Apa Saja?

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Pada bulan Desember, liburan akhir tahun sudah dekat. Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu, salah satunya dengan jalan-jalan. Jika Anda berencana mengunjungi kawasan Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ada banyak tempat wisata yang bisa Anda temui.

Berikut rekomendasi tempat wisata di sekitar Kapanewon Prambanan untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun, dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/6/2022).

  1. Tebing Breksi

Pertama ada Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl), tempat wisata ini bisa digunakan untuk melihat pemandangan kota Yogyakarta.

Tebing Breksi. (Foto: Shutterstock)

Menurut situs resmi Tebing Breksi, tempat ini memiliki beberapa tempat foto yang menarik seperti patung naga dan relief wayang, bahkan Anda bisa berfoto dengan burung hantu. Ada juga persewaan jip wisata dengan jadwal operasional pukul 08.00-17.00 WIB. Tarifnya berkisar antara Rp 310.000 hingga Rp 550.000.

Harga tiket masuk Tebing Breksi adalah Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara. Jam buka setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB. Dari Candi Prambanan, Anda bisa menempuh jarak 3,5 kilometer (km) dengan kendaraan bermotor. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 8 menit.

  1. Bukit Obelix

Senja di Obelix Hills. (Foto: Instagram @obelixhills)

Berikutnya adalah Obelix Hills yang terletak di Klumprit 1 & 2, Wukirharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Jarak tempat ini dengan Prambanan adalah 6,1 km dan dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu 17 menit. Tempat ini buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, biaya masuknya Rp 20.000. Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, jam buka adalah pukul 07.00-21.00 WIB dengan harga tiket Rp 25.000. Obelix Hills merupakan tempat yang cocok dikunjungi untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot keren.

  1. kuil saudara

Selanjutnya ada Candi Abang yang terletak di Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, DIY. Kuil ini dimakamkan di atas bukit. Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), candi ini memiliki tinggi 6 meter dan diameter 40 meter.

(Foto: Kompas.com)

Nama Candi Abang berasal dari bata merah yang digunakan untuk membangun candi. Merah berarti saudara dalam bahasa Jawa. Material batu bata menjadi keunikan tersendiri pada candi ini mengingat candi-candi di Yogyakarta umumnya menggunakan batu andesit sebagai materialnya.

Begitu sampai di lokasi candi, pengunjung akan melihat gundukan hijau seperti rumah Teletubbies. Hal ini dikarenakan bangunan candi berada di atas gundukan hijau. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Untuk mencapainya dari Prambanan Anda harus menempuh jarak 4,4 kilometer dengan waktu sekitar 11 menit.

  1. Gunung Bintang

Bukit Bintang, Yogyakarta. (Foto: Shutterstock)

Bukit Bintang merupakan salah satu wisata yang ada di Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Lokasinya berada di sebelah jalan utama Yogyakarta-Gunungkidul. Di bukit ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kerlip lampu kota Yogyakarta di malam hari. Pemandangan ini terlihat seperti bintang yang menginspirasi nama Bukit Bintang. Ada juga berbagai pilihan kuliner yang bisa dicoba saat lapar, seperti roti bakar, pisang bakar, dan jagung bakar. Jarak antara Candi Prambanan dengan tempat ini adalah 8 km. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 18 menit untuk mencapai Bukit Bintang.

  1. Dia memiliki pemandangan langit

Dia memiliki pemandangan langit. (Foto: Shutterstock)

Terakhir ada HeHa Sky View di 2 Jalan Dlingo-Patuk, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari atas, juga tersedia berbagai sajian kuliner di restoran dan warung makan. Menurut laporan dari situs HeHa Sky View, ada spot foto yang bisa digunakan dengan membayar harga yang telah ditentukan sebagai berikut. Sky Glass: Rp 30.000 per orang Sky Balloon: Rp 20.000 per orang Sky Swing: Rp 10.000 per orang HeHa Plane: Rp 20.000 per orang Macrame: Rp 10.000 per orang. Tempat ini buka Senin sampai Jumat dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam WIB dan Sabtu sampai Minggu dan hari libur nasional dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam WIB. Biaya masuknya adalah Rp 20.000. Untuk mencapai HeHa Sky View dari Prambanan, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor sekitar 23 menit menempuh jarak 9,4 kilometer.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button