Menurut Dispar DIY, tingkat kunjungan wisatawan di DIY berangsur pulih - WisataHits
Yogyakarta

Menurut Dispar DIY, tingkat kunjungan wisatawan di DIY berangsur pulih

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Dinas Pariwisata (Dispar) Yogyakarta mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan ke DIY berangsur pulih di tengah tren penurunan peningkatan kasus positif Covid-19 di DIY.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharja mengatakan meski DIY ramai dikunjungi wisatawan, tidak berdampak besar terhadap peningkatan kasus positif di wilayah itu.

“Setiap ada event yang melibatkan banyak orang dan wisatawan, tidak akan ada peningkatan Covid-19 yang signifikan,” kata Singgih, Rabu (12/10/2022).

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kebal terhadap virus Corona karena program vaksinasi terus digalakkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Dispar DIY Ajak Event Organizer Gelar Kegiatan Indoor

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat dan wisatawan kita sudah kebal dan atau kita bisa melawan atau memitigasi prosesnya,” katanya.

Saat ini tingkat kunjungan wisatawan mendekati kondisi normal atau waktu sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Singgih juga memprediksi tren kunjungan dan aktivitas pariwisata DIY akan kembali normal pada akhir tahun.

“Berdasarkan data yang kami terima dari berbagai sumber, khususnya BPS, hingga triwulan III kondisinya sudah mencapai 85 persen dibandingkan sebelum pandemi. Jadi hampir sembuh, tinggal 15 persen lagi,” ujarnya.

Begitu pula dengan jumlah kunjungan wisman.

Baca Juga: Aktivitas Turis Asing Mulai Terlihat, Dispar DIY Arahkan Turis Beli Produk UMKM

Kondisi juga mendekati normal seiring dibukanya rute penerbangan internasional akibat pandemi Covid-19 yang semakin terkendali.

Berdasarkan data BPS, kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta selama Januari-Agustus 2022 sebanyak 2.113 orang.

Dalam waktu dekat, Bandara Internasional Yogyakarta juga akan menambah rute penerbangan internasional dari beberapa negara seperti Singapura dan Thailand.

“Besok tanggal 15 penerbangan Scoot pertama akan dioperasikan dari Singapura ke Yogya. Frekuensi penerbangan dari Kuala Lumpur juga akan ditingkatkan. Lalu kemarin Thai Smile, anak perusahaan Thai Airways yang juga berminat membuka penerbangan,” jelasnya. (tribunjogja.com)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button