Inilah Keindahan dan Keunikan Banda Neira, Surga di Indonesia Timur yang Diincar UNESCO - WisataHits
Jawa Timur

Inilah Keindahan dan Keunikan Banda Neira, Surga di Indonesia Timur yang Diincar UNESCO

Pariwisata, BANGBARA.COM – Surga di Indonesia bagian timur mulai menarik perhatian dunia, terutama dari UNESCO. Wisata tersebut adalah Banda Neira yang terletak di Kepulauan Banda di Provinsi Maluku.

Badan Dunia UNESCO bahkan menyebut Banda Neira sebagai Situs Warisan Dunia yang potensial. Surga di Indonesia bagian timur ini kaya akan sejarah dan kekayaan biota laut.

Sebelum perhatian UNESCO, tur yang tertera pada uang kertas 1.000 rupee itu ternyata merupakan satu-satunya kawasan penghasil pala di dunia.

Baca Juga : Bacaan Doa Untuk Kesempurnaan Cahaya Diri, Lengkap dan Terjemahnya

Dikutip Bangbara dari kemenparekraf.go.id, Banda Neira pernah menjadi satu-satunya daerah penghasil pala di dunia. Sekitar 500 tahun yang lalu, segenggam pala bernilai segenggam emas.

Berdasarkan hal tersebut, tempat ini dulunya merupakan tempat pertama di Nusantara yang dikuasai Belanda sebelum ke Batavia dan Jawa.

Bahkan keberadaan Banda Naira pernah menjadi daerah yang diperebutkan oleh pihak Sekutu yaitu Inggris, Belanda dan penduduk setempat untuk mempertahankan daerah tersebut.

Pada puncaknya pada tahun 1609 terjadi perang antara penduduk lokal yang didukung oleh Inggris melawan Belanda. Sayangnya, perang antara keduanya tidak berhenti.

Baca Juga: Hindari Sifat Orang Tersebut! 5 karakteristik umum manipulator yang harus diwaspadai

Banda Neira (Foto: kemenparekraf.go.id)

Akhirnya, Pulau Run di Banda Neira ditukar dengan Nieuw Amsterdam (sekarang: Manhattan, New York) untuk monopoli pala.

Source: www.bangbara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button