Menjelajahi Banda Neira, Surganya Indonesia Timur - WisataHits
Jawa Barat

Menjelajahi Banda Neira, Surganya Indonesia Timur

Liputan6.com, Maluku – Banda Neira yang terletak di Maluku tengah ini memiliki kekayaan alam yang memanjakan mata. Banda Neira tampaknya menjadi surga bagi pecinta alam dan penggemar sejarah.

Tak hanya terkenal dengan kualitas buah palanya yang bagus, Banda Neira juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik. Sebut saja Benteng Belgica, rumah pengasingan Bung Hatta hingga berbagai peninggalan benteng kolonial.

Bagi pecinta wisata bahari, keindahan biota bawah laut wisata Maluku juga menawarkan pesona keindahan yang tiada habisnya. Bahkan, jika sedang beruntung, pengunjung bisa bertemu ikan paus di kumpulan lumba-lumba.

Banda Neira menawarkan 30 situs menyelam yang tersebar di setiap inci pulau. Namun, di antara sekian banyak situs menyelam, ada satu situs yang menarik karena proses pembentukannya yang tidak biasa, yaitu Lava Flow.

Aliran lahar terletak di bagian utara Gunung Api Banda. Aliran lava yang dihasilkan dari letusan 1988 menyebabkan pertumbuhan karang dan menghidupkan kehidupan laut di perairan sekitarnya. Salah satu makhluk laut yang harus ditemui saat scuba diving adalah lionfish.

Selain itu, ada juga Istana Mini Neira di desa Dwiwarna di Pulau Banda Neira di pulau ini. Istana ini didirikan pada tahun 1622.

Nama “Mini” dikaitkan dengan bangunan ini karena bentuknya menyerupai bangunan Istana Negara di Bogor, namun dalam versi yang lebih kecil. Di masa lalu, istana ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan pemerintah Belanda dan menjadi kediaman resmi gubernur dan residen Banda yang berkuasa saat itu.

Lalu ada Rumah Budaya Banda Neira yang terletak sekitar 25 meter dari pelabuhan Pelni Banda Neira. Rumah Budaya Banda Neira menyimpan koleksi berbagai benda peninggalan Belanda mulai dari berbagai jenis meriam hingga beberapa lukisan yang menggambarkan keadaan kota Banda saat itu.

Sayangnya, Banda Neira belum menjadi pariwisata nasional. Terkait hal itu, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku memperjuangkan Banda Neira menjadi destinasi wisata nasional prioritas.

Pengarang: Resla Aknaita Chako

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button