Ini dia oleh-oleh khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan - WisataHits
Yogyakarta

Ini dia oleh-oleh khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan

YOGYAKARTA | clicksumut.com – Daerah Istimewa Yogyakarta, juga dikenal sebagai Jogja, adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Jogja menawarkan wisata yang lengkap mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata seni hingga wisata alam. Jika anda ingin berwisata ke Jogja maka anda harus mengetahui oleh-oleh khas Jogja yang tidak boleh anda lewatkan.

Oleh-oleh khas Jogja bisa dibilang sangat beragam, ada yang berupa makanan, minuman, pernak-pernik, kerajinan tangan bahkan produk fashion. Malioboro bisa dibilang tempat yang menawarkan berbagai jenis oleh-oleh. Anda juga bisa membeli barang-barang tradisional Jogja di Pasar Beringharjo.

BACA JUGA: Terkesan dengan keindahan alam, AHY Overlanding Indonesia, Sumatera Utara mengajak Anda untuk mempromosikan Danau Toba

Agar tidak bingung saat memilih oleh-oleh khas Jogja, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

Deretan oleh-oleh khas Jogja yang tidak bisa diabaikan

1. Bakpia
Bakpia telah lama menjadi bagian dari pariwisata Yogyakarta. Vendor tersebut berada di berbagai sudut kota Yogyakarta. Dahulu, sebelum para pedagang pindah ke Malioboro, para pedagang bakpia ala Jogja bisa kita jumpai berjajar dagangannya di pelataran Jalan Malioboro.

Bakpia adalah kue dengan isian yang berbeda. Bakpia Pathok adalah salah satu varian yang paling populer. Kini muncul jenis bakpia baru, salah satunya bakpia kukus. Karena berisi kue kering, bakpia aman digunakan sebagai oleh-oleh dari jauh.

2. Gudeg
Gudeg bisa dibilang kuliner wajib saat berkunjung ke Jogja. Namun, kini Gudeg juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kini tersedia gudeg kering atau gudeg kaleng yang memiliki daya simpan lebih lama.

3. Yangko Jogja
Mungkin lebih banyak orang yang mengenal jajanan khas Jogja yaitu bakpia, meskipun ada satu yang tidak kalah populer yaitu Yangko Jogja. Jika Anda akrab dengan kue mochi, yangko jogja kurang lebih seperti itu, kecuali sering berbentuk kotak. Yangko terbuat dari tepung ketan yang dibungkus dengan tepung gula. Biasanya diisi dengan kacang yangko, sangat cocok untuk oleh-oleh atau camilan saat bepergian.

4. Wedang Uwuh
Jogja, atau lebih tepatnya Kabupaten Gunung Kidul, adalah rumah bagi Wedang Uwuh. Minuman tradisional yang dibuat dari ramuan kering ini sangat populer dan didambakan selama pandemi karena dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saking populernya, kini banyak vendor di Jogja yang dengan mudahnya mengemas wedang uwuh. Anda cukup menyeduhnya dengan air panas sebelum meminumnya. Kemasan kecil wedang uwuh menjadikannya salah satu pilihan utama untuk oleh-oleh yang cukup praktis namun kaya manfaat.

5. Aksesori dan kerajinan unik
Selain makanan dan minuman, Jogja juga menjadi tempat para pembuat berbagai aksesoris dan kerajinan tangan yang unik. Anda bisa menemukannya di berbagai pasar atau sentra tradisional seperti Sentra Kerajinan Perak Kotagede, Sentra Tembikar Kasongan dan lain-lain.

BACA JUGA: Mendag: Acara sampingan G20 mempromosikan keragaman budaya dan potensi investasi dan pariwisata

6. Batik Jogja
Kurang pas rasanya jalan-jalan ke Jogja tapi nggak beli tie-dye. Produk tie dye khas Jogja ini telah diproduksi dalam berbagai model, mulai dari pakaian formal hingga pakaian santai, hingga tas dan dompet. Batik Jogja memiliki ciri khas tersendiri dari batik lainnya, sehingga sangat layak untuk dikoleksi.

Kamu bisa membeli tie dye dari Jogja melalui Blibli. Online shopping mall terbesar di Indonesia sedang mengadakan promo Jogja, jadi dijamin kamu akan mendapatkan signature jogja tie-dye dengan diskon dan promosi yang menarik. Blibli sedang mengadakan promosi Jogja dengan diskon hingga 95% mulai tanggal 25 Oktober 2022 hingga 30 Oktober 2022. Membeli batik dari Blibli dijamin kualitasnya. Selain itu, pengemasan pengirimannya dijamin aman dan Anda mendapatkan gratis ongkos kirim.

Itulah 6 rekomendasi oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu pertimbangkan saat berwisata ke kota pelajar. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button