15 Pantai Riau Terbaik Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

15 Pantai Riau Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

15 Pantai Riau Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Berikut daftar rekomendasi pantai terindah di provinsi ini Riau. Objek wisata bahari yang kaya pesona, populer dan terpopuler cocok untuk tujuan liburan Anda selanjutnya.

Wisata bahari menjadi pilihan liburan yang tak pernah sepi peminat. Bicara soal pantai, setiap daerah di Indonesia masih memiliki wisata pantainya masing-masing sehingga layak untuk dijelajahi. Tak terkecuali Provinsi Riau yang juga memiliki sejumlah pantai dengan pemandangan alam yang indah tak kalah dengan Bali.

Ingin tahu apa saja wisata bahari yang ada di Riau? Berikut sederet wisata pantai populer di Riau yang layak dikunjungi saat liburan.

1. Pantai Selat Baru

Pantai Selat BaruKredit gambar: Google Maps Paijan

Salah satu tempat wisata di Riau yang patut dijelajahi adalah Pantai Selat Baru yang terletak di kawasan desa Selat Baru. Wisata bahari ini merupakan salah satu daya tarik wisata unggulan di kawasan ini, jangan heran jika anda datang ke sini, anda bisa bertemu dengan banyak pengunjung lainnya. Apalagi saat akhir pekan atau musim liburan tiba, jumlah pengunjung akan semakin banyak dan memenuhi kawasan pantai Selat Baru.

Suasana yang dihadirkan pantai ini memang sangat menarik. Mulai dari ombaknya yang tidak begitu besar sehingga cukup aman untuk berenang, hingga pasir putihnya yang begitu lembut untuk bermain istana pasir. Selain itu, Anda juga bisa menemukan sejumlah warung makan yang siap memanjakan perut saat lapar. Aneka seafood dan jajanan lainnya yang cukup lengkap bisa kamu temukan di sini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Selat Baru, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis, Riau.

2. Pantai Bulan Purnama

Pantai Bulan PurnamaKredit gambar: Google Maps Iwan Ridwan

Jika Bali memiliki pantai Purnama yang terkenal di Gianyar, Riau juga memiliki pantai Purnama yang berada di kawasan Dumai. Namun bedanya di sini Anda tidak bisa turun ke bibir pantai untuk menikmati pasirnya. Pasalnya, kawasan bibir Pantai Purnama masih berupa pasir berlumpur. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi minat pengunjung yang datang ke wisata bahari ini.

Salah satu daya tarik Pantai Purnama adalah keindahannya yang memukau. Tak heran jika pantai ini dianggap sebagai salah satu pantai terbaik di Indonesia. Anda bisa menikmati pemandangan laut biru yang begitu indah sambil duduk santai di beberapa cabana yang telah disediakan. Selain itu, di area pantai juga banyak penjual es krim kelapa yang bisa dinikmati saat hari panas.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

3. Pantai Utara Rupat

Pantai Utara RupatKredit gambar: Google Maps Atika Muliadari

Keindahan Pantai Rupat Utara tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya, jadi sayang sekali jika tidak berkunjung ke sini. Belum banyak orang yang mengetahui destinasi wisata ini, sehingga kawasan ini masih sepi dan asri. Suasananya yang tenang bisa membuat Anda merasa seperti pemilik pantai cantik ini. Menikmati ketenangan di pantai yang jauh dari hiruk pikuk kota pasti akan membuat pikiran Anda lebih segar.

Pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Rupat Utara, pasti langsung jatuh hati, karena panorama alamnya begitu mempesona. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah sore hari. Menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu indah dan anggun di tepi pantai, akan memberikan suasana eksotik dan romantis yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Teluk Rhu, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis, Riau.

4. Pantai Kelinci

Pantai KelinciKredit gambar: Google Maps Yul Achyar

Memiliki pasir pantai yang putih mulus dan ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Lapin layak untuk dijelajahi. Meski masih tergolong objek wisata baru, pamor Pantai Lapin langsung menyedot perhatian publik. Di akhir pekan, pantai di kawasan Bengkalis tak pernah sepi. Bahkan, pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara.

Hal ini membuktikan bahwa wisata bahari ini memiliki keindahan yang tidak main-main. Di sini Anda juga dapat menyewa perahu milik lokal untuk berlayar di sekitar pantai dan menikmati angin laut yang menyegarkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lapin adalah pada sore hari menjelang senja, karena pemandangan matahari terbenam di sini begitu menawan dan sangat indah.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Tanjungpunak, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis, Riau.

5. Rentang samping

Sisi pantaiKredit gambar: Google Maps alva rahma

Memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 7 km, dengan gurun putih bersih membuat pantai Sisi begitu populer dan wajib untuk dikunjungi. Pantai yang berada di kawasan Serasan ini menawarkan pemandangan bawah laut yang penuh dengan terumbu karang yang indah, sehingga sangat cocok untuk snorkeling disini.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Genting, Kec. Serasan, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

6. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu KasahKredit gambar: Google Maps Yafet Yanri Sirupang

Wisata bahari di Kepulauan Riau yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Pantai Batu Kasah. Di pinggir pantai terdapat deretan pohon kelapa yang berjejer tumbuh subur, serta batu-batu granit besar yang tersebar di beberapa tempat. Batu granit ini menjadi salah satu daya tarik Pantai Batu Kasah dan sering dijadikan objek foto oleh pengunjung.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Cemaga Tengah, Kec. Bunguran Selatan, Kab. Natuna, Kepulauan Riau.

7. Pantai Padang Melang

Pantai Padang MelangKredit gambar: Google Maps Aries Andjar

Pantai Padang Melang memiliki garis pantai terpanjang di provinsi Kepulauan Riau, dengan pasir putihnya yang begitu halus dan bersih. Ini adalah salah satu tempat wisata, terutama untuk keluarga dengan anak-anak. Karena anak-anak bisa bermain dan berlari bebas di pantai yang luas, apalagi banyak ikan-ikan kecil yang berenang dengan indahnya yang pasti disukai anak-anak Anda.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Letung, Kec. Jemaja, Kab. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

8. Pantai Pelawan

Pantai PelawanKredit gambar: Google Maps Gunawan Azhar

Pantai Pelawan yang berada di kawasan Pangke, Meral ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang membuat pantai menjadi lebih sejuk dan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup memadai, sehingga pengunjung betah berlama-lama di sana. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih, flushing room, beberapa gazebo yang tersebar di sekitar area pantai, hingga lokasi hostel yang tidak jauh.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pangke, Kec. Meral, Kab. Karimun, Kepulauan Riau.

9. Pantai Sekilak

Pantai SekilakKredit Gambar: Google Maps Kapten Jack

Wisata laut selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Sekilak. Ini menawarkan pemandangan yang sangat alami, dengan panorama tebing-tebing bukit yang teduh. Selain tebing, terdapat juga hutan bakau yang di dalamnya terdapat banyak jenis tumbuhan bakau. Hutan bakau yang hijau membuat kawasan pantai semakin teduh dan sejuk.

Harga tiket: Rp9.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Batu Besar, Kec. Nongsa, kota Batam, Kepulauan Riau.

10. Pantai Mirota

Pantai MirotaKredit gambar: Google Maps D2RW

Pantai Mirota memiliki air laut yang begitu jernih dan bersih bahkan pemandangan bawah lautnya pun dapat terlihat jelas dari permukaan air. Anda bisa berenang atau bermain air di sekitar pantai sambil mengagumi surga bawah laut yang terlihat begitu mempesona. Selain itu, Pantai Mirota juga memiliki beragam pepohonan yang memenuhi pantainya sehingga membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk, sejuk dan rindang.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sijantung, Kec. Galang, kota Batam, kepulauan Riau.

11. Pantai Lagoi

Pantai LagoiKredit gambar: Google Maps renhatd T bolon

Pantai Lagoi merupakan wisata bahari dengan paket lengkap, karena disini Anda tidak hanya akan menemukan pasir putih dan laut biru yang indah. Namun Anda juga bisa menemukan wisata hutan bakau dan Sungai Sebong yang mengalir langsung ke laut, di sini Anda juga bisa menikmati resor pantai dengan fasilitas lengkap, untuk menginap dan bersantai bersama keluarga, pasangan atau antar teman.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

12. Pantai Batu Rindang

pantai batu rindangKredit gambar: Google Maps Romi Hermanwan

Di pantai Batu Berdaun Anda akan menemukan pemandangan yang tidak biasa, karena pantai ini terletak di antara beberapa danau kecil dengan air berwarna hijau. Selain itu, di sekitar pantai juga banyak dijumpai pohon kelapa dan pohon cemara yang membuat kawasan pantai Batu Berdaun semakin sejuk.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lembaran batu, Kec. Singkep, Kab. Lingga, Kepulauan Riau.

13. Pantai Trikora

Pantai TrikoraKredit gambar: Google Maps M. Hadytama

Pantai Trikora berada di wilayah Kawal dan merupakan salah satu tempat wisata bahari yang wajib anda kunjungi saat liburan di Riau. Pantai ini memiliki beberapa tempat menarik yang bisa Anda jelajahi, seperti tempat perlindungan mangrove dan desa nelayan. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa resort mewah dengan fasilitas lengkap yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menginap.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

14. Pantai Melayu

Pantai MelayuKredit Gambar: Google Maps M Itang Rusady

Pantai Melayu memiliki air laut yang biru jernih dengan ombak yang relatif tenang, sehingga bisa dijadikan tempat berenang dan berbagai aktivitas olahraga air lainnya. Pantainya juga cukup luas, sehingga Anda bisa bermain berbagai permainan seperti sepak bola, voli pantai, layang-layang dan masih banyak lagi.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, kota Batam, kepulauan Riau.

15. Pantai Nongsa

Pantai NongsaKredit gambar: Google Maps Sean Miller

Pantai Nongsa cukup dekat dengan Pantai Singapura bagian selatan. Dengan demikian, dari pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan gemerlap lampu gedung-gedung megah kota megapolitan Singapura di malam hari. Pemandangan matahari terbenam juga begitu indah dan mempesona sehingga dapat memberikan perasaan yang sangat romantis dengan panorama ungu yang begitu mempesona.

Harga tiket: Rp9.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, kota Batam, Kepulauan Riau.

Riau yang terkenal dengan perkebunan kelapa sawit dan tambang minyaknya ternyata juga memiliki deretan pantai yang begitu menawan. Bahkan keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai Bali dan pantai lainnya. Beberapa pantai ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lebar, yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas pantai dengan nyaman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button