Ini adalah progres Tol Ciawi-Sukabumi yang akan selesai akhir tahun 2022, setiap 2 sisi - WisataHits
Jawa Barat

Ini adalah progres Tol Ciawi-Sukabumi yang akan selesai akhir tahun 2022, setiap 2 sisi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi terus berlanjut. Mengingat dari total 4 seksi tersebut hanya seksi 1 yang sudah beroperasi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km saat ini sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Menurutnya, saat ini pembangunan sedang berlangsung. Dimana pekerjaan yang dilakukan adalah Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km.

“Progres konstruksi sudah 81,24 persen dan konstruksi dijadwalkan selesai Desember 2022,” katanya, dikutip dari situs BPJT, Kamis (1/9/2022).

Kemudian, setelah Seksi 2 selesai dibangun dan beroperasi, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 km.

Baca Juga: Intip Sejumlah Tempat Wisata yang Bisa Diakses Melalui Tol Ciawi-Sukabumi

Jalan tol ini tidak hanya memberikan kelancaran akses kendaraan tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkembangan bisnis di wilayah Jawa Barat, khususnya wilayah Bogor serta wilayah Sukabumi.

Tol Ciawi-Sukabumi juga dirancang untuk mempersingkat waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi.

Misalnya, mengakses Pelabuhan Ratu bisa memakan waktu sekitar 1 jam. Kemudian dari wilayah Jakarta menuju Pelabuhan Ratu hanya membutuhkan waktu 2,5 jam.

Dengan ini, menjadi lebih cepat dalam memberikan dukungan kelancaran mobilitas orang yang bepergian dengan mobil ke tempat-tempat wisata dan kendaraan logistik yang tersebar di Jawa Barat.

Selain itu, tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota yang menuju ke Ciawi.

Menghemat 1 jam hingga 2 jam, dan sekarang hanya sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan.

Baca Juga: Sudah 5 Bulan Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Pondok Aren-Serpong, Catat Jamnya

Kehadiran jalan tol Ciawi-Sukabumi juga mendukung koneksi ke banyak destinasi wisata yang terkenal akan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat.

Seperti pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan masih banyak wisata lainnya.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Tol Trans Jawa Barat dengan nilai investasi Rp 11,71 triliun.

Nantinya tol ini memiliki 6 pertigaan (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button