10 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi yang Menampilkan Keanekaragaman Budaya - WisataHits
Jawa Barat

10 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi yang Menampilkan Keanekaragaman Budaya

menjawab – Tempat wisata di Medan sangat indah, banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi untuk menemani liburan. Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara, Medan merupakan pusat pemerintahan yang terbagi menjadi 21 kecamatan dan memiliki luas wilayah 26.510 hektar.

Medan juga dikenal sebagai kota yang memiliki beragam tempat wisata indah yang bisa dikunjungi. Berbagai objek wisata dapat ditemukan di sana, dari yang terbaru, populer saat ini, hingga yang sudah ada sejak lama.

Di kota Medan, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis tempat wisata. Mulai dari wisata alam, perbukitan, taman bunga, bangunan kontemporer, bangunan bersejarah, masjid dan masih banyak tempat lainnya. Selain itu, Kota Medan juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak perbedaan namun tetap hidup berdampingan.

Hal ini dikarenakan Medan memiliki berbagai jenis etnis mulai dari etnis Batak, Jawa, Melayu, Tionghoa dan lainnya. Kota Medan juga merupakan salah satu kota dataran rendah dan sebagai pertemuan dua sungai yaitu Sungai Babura dan Sungai Deli.

Lalu apa saja tempat wisata di Medan? Mulai dari VIVA, berikut 10 tempat wisata di Medan yang menawarkan nuansa asri dan wajib untuk Anda.

1. Masjid Agung Al-Mashun

img_title

Masjid Agung Al-Mashun. (Foto: Instagram @almashun.archives)

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Raya Al-Mashun. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alam (1873-1942). Peletakan batu pertama pada 21 Agustus 1906.

Pembangunan masjid ini memakan waktu hingga tiga tahun dan selesai pada 10 September 1909. Masjid Raya Al-Mashun memiliki luas sekitar 1 hektar dan terdiri dari satu bangunan utama dan tiga bangunan tambahan.

Bangunan pendukung masjid ini terdiri dari dua unit pemandian dan sebuah menara di sisi barat laut. Masjid ini tentunya memiliki pondasi yang besar dan kokoh dengan ketinggian hingga 2,3 m dari permukaan tanah.

Denah masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki lima kubah. Lantai masjid juga dilapisi granit dengan kombinasi warna kuning, hijau, coklat dan biru. Masjid Agung Al-Mashun juga dikenali dari arsitekturnya dan detail serta dekorasi yang sangat indah.

Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa berfoto dan beribadah di objek wisata yang satu ini. Bangunan Masjid Agung Al-Mashun merupakan karya arsitek Belanda TH van Erp, memadukan gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Eropa.

2. Kuil Shri Mariamman

img_title

Kuil Shri Mariamman. (Foto: VIVA)

Tempat wisata terdekat di Medan adalah Klenteng Shri Mariamman, lokasi tempat ini berada di persimpangan Jalan Teuku Umar dan Jalan Zainul Arifin Medan. Menurut Biro Pariwisata Medan, candi ini merupakan candi Hindu tertua di Medan yang dibangun pada tahun 1884.

Umat ​​Hindu datang ke sana untuk berdoa. Dalam beberapa kesempatan pura juga digunakan untuk upacara keagamaan Hindu seperti merayakan Deepavali dan merayakan panen padi.

Kuil dengan dekorasi dan warna yang menarik dihiasi dengan banyak patung. Keberadaan berbagai bentuk arca di Candi Mariamman semakin menambah dan menyempurnakan keindahannya.

3. Danau Toba

img_title

Danau Toba. (Foto: VIVA)

Danau Toba adalah tempat wisata di Medan yang memiliki ketinggian sekitar satu kilometer di atas permukaan laut yang menghadap ke rangkaian gunung berapi. Luas danau terluas di Indonesia adalah 1.145 kilometer persegi.

Secara administratif, Danau Toba terletak di tujuh kabupaten di Sumatera Utara. Untuk masuk ke danau ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya masih sangat terjangkau.

4. Biara Gunung Timur

img_title

Kuil Gunung Timur. (Foto: Instagram @viharagunungtimurmedan)

Terletak di Jalan Hang Tuah 16 di Medan, vihara Gunung Timur ini menghadap ke Sungai Babra yang dipercaya membawa keberuntungan bagi vihara. Sisi tempat wisata di Medan sangat luas dan megah. Di puncak candi ada dua ekor naga dan di belakangnya ada dua penjaga ikan naga.

Di antara pajangannya adalah Sun Mustika yang didukung oleh bangunan tertutup berlantai dua. Tepat di bawah bangunan ada lima ikan berenang dan dua relief. Banyak ornamen juga menghiasi bangunan tersebut.

Di pintu masuk Anda akan menemukan dua patung singa batu putih yang menjaga pintu masuk candi. Vihara Gunung Timur Medan juga memiliki gendang atau gendang yang dimainkan pada saat upacara. Keindahan candi Timurid kuno ini dapat menarik wisatawan. Unsur religi memberikan suasana tenang dan damai pada destinasi wisata di Medan ini.

5. Gedung London Sumatra

img_title

Gedung London Sumatera. (Foto: VIVA)

Tempat wisata di Medan selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Gedung London Sumatra, tempat yang satu ini digunakan sebagai kantor Perusahaan Perkebunan London Sumatra, Konsulat Inggris dan juga Perpustakaan British Council.

Bangunan ini merupakan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda dan masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Didominasi oleh warna putih yang indah, gedung Sumatra di London menjadi latar belakang yang sangat bagus untuk fotografi. Tempat wisata ini terletak di Jalan Jend. Ahmed Jani No. 2, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

6. Dunia terbalik

img_title

dunia terbalik. (Foto: VIVA)

Tempat wisata di Medan yang satu ini sangat spesial bagi yang suka berswafoto atau selfie. Tempat ini memiliki berbagai spot foto unik berbentuk dunia terbalik. Setiap ruangan terlihat terbalik, mulai dari ruang makan, dapur, kamar mandi dan lain-lain yang semuanya terbalik.

Jika Anda mencoba mengambil foto pada titik ini, foto akan terbalik. Sebenarnya ini bukan satu-satunya tempat di Indonesia, karena Bandung dan Yogyakarta juga memiliki tempat wisata selfie dengan konsep yang bertolak belakang. Namun, ketika Anda berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk mengunjungi dunia jungkir balik ini.

7. Rumah Tjong A Fie

img_title

Rumah Tjong A Fie. (Foto: VIVA)

Meski sudah tua, bangunan Tjong A Fie masih bersih dan rapi. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sekitar rumah dengan pemandu yang membantu untuk menjelaskan lebih lanjut tentang karakter Tjong A Fie.

Sebuah objek wisata di Medan, bangunan tempat tinggal Tjong A Fie dibangun pada akhir abad 19-awal abad ke-20 dan masih kokoh hingga sekarang. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, No. 105, Kesawan, Medan.

Menurut informasi yang dipublikasikan di VIVA oleh Pusat Arkeologi Medan, gerbang Zonga Fei memiliki gaya arsitektur dengan ciri-ciri Cina, dan atapnya dihiasi dengan dua patung singa di kiri dan kanan gerbang. Tjong A Fie adalah seorang pengusaha Cina dari Meixian, Guangdong.

Bersama kakak laki-laki mereka Tjong Yong Hian, mereka memainkan peran penting dalam merawat para pekerja di sebuah perkebunan besar di Medan. Tjong A Fie Mansion berusia sekitar 125 tahun dan meliputi area seluas 2.200 meter persegi.

Gedung ini terdiri dari dua lantai dan memiliki 35 kamar. Keindahan tempat wisata ini bisa dilihat dari dekorasi lampion dan porselen, serta tiang-tiang yang megah. Berkunjung ke tempat wisata ini serasa kembali ke masa lalu.

8. Air Terjun Sibolangit

img_title

Air Terjun Sibolangit. (Foto: VIVA)

Berikutnya adalah Air Terjun Sibolangit di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Deli Serdang. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Medan untuk mengunjungi air terjun yang sejuk ini.

Tempat wisata di Medan ini juga memiliki danau dengan air dua warna, biru untuk air dingin dan putih untuk air hangat.

9. Taman Le Hu

img_title

Taman Le Hu. (Foto: Instagram @thelehugarden)

Di pinggiran Medan, Indonesia, pengunjung dapat melakukan perjalanan ke Taman Le Hu. Tempat wisata alam ini terletak di Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Deli Tua Barat. Selama kunjungan Anda, hindari terburu-buru di jalanan dan luangkan waktu untuk merenung di bawah pepohonan.

Ada bunga teratai di sekitar air mancur yang sangat indah dan bisa Anda abadikan untuk dibagikan ke media sosial Anda. Selain itu, fitur air di sana memiliki tempat yang nyaman yang cocok untuk mengambil foto.

Jika ingin melihat ikan gendut, pengunjung juga bisa mengunjungi kolam kecil berhiaskan bebatuan yang ditata agar kolam terlihat lebih bagus.

10. Istana Maimun

img_title

Istana Maimun. (Foto: VIVA)

Tempat wisata di Medan selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Istana Maimun, tempat ini juga dikenal dengan nama Istana Putri Hijau peninggalan Istana Kerajaan Deli. Bangunan keraton didominasi warna kuning yang menjadi ciri khas kerajaan Melayu.

Keraton ini selesai dibangun pada tanggal 25 Agustus 1888 pada masa pemerintahan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Sejak tahun 1946 Istana Maimen telah ditempati oleh ahli waris Deli Karya. Istana Maimun terletak tak jauh dari Jalan Brigjen Katamso di Desa Sukaraga, Kecamatan Maimun, Medan.

Itulah rekomendasi 10 tempat wisata di Medan yang bisa kamu kunjungi saat berada di atau pergi ke Medan.

Source: www.antvklik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button