Ini 5 Hal Unik yang Bisa Dinikmati di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Ini 5 Hal Unik yang Bisa Dinikmati di Yogyakarta

Bertahun-tahun yang lalu, salon rambut keliling mungkin sudah ada sebelum salon atau barbershop menjamur. Namun, potong rambut mobile masih bisa ditemukan di Yogyakarta.

Jika Anda ingin bernostalgia dan mencoba sensasi mencukur rambut oleh tukang cukur tradisional ini, kunjungi saja pasar tradisional atau di sekitar Alun-alun Utara Yogyakarta. Dengan sepeda Ontel, kursi, dan tas alat cukur, tukang cukur tradisional ini berkeliling mencari orang yang membutuhkan jasanya.

Mereka sering menunggu pelanggan di bawah pohon yang rindang.

5. Saksikan prosesi adat jogja

Yogyakarta kaya akan budaya dan kearifan lokal. Meski Jogja perlahan berkembang menjadi kota yang cukup maju, masyarakat Jogja tetap mempertahankan budaya dan kearifan lokal yang sudah ada sejak lama.

Ada banyak budaya dan kearifan lokal yang masih dapat dibuktikan hingga saat ini, mulai dari Merti Dusun dan sedekah atau pelabuhan laut, prosesi adat Nyadran, upacara keagamaan seperti Melasti, upacara keagamaan Hindu dan sebagainya. Jika sulit menyesuaikan waktu kunjungan dengan waktu kegiatan berlangsung, pengunjung dapat langsung mengunjungi Keraton Yogyakarta.

Pengunjung dapat melihat aktivitas menarik Abdi Dalem seperti prosesi menyiapkan hidangan untuk Sri Sultan. Prosesi ini berlangsung setiap hari pada pukul 06:00 dan 11:00.

Jika loket masuk keraton belum dibuka pada pagi hari, pengunjung dapat melihat prosesi pada pukul 11.00 WIB. Para abdi dalem perempuan, dengan pakaian khas mereka, meninggalkan kompleks istana menuju Dapur Istana (Gedhong Patehan).

Hidangan disiapkan dalam bentuk teh yang diseduh, teh yang disaring, kopi, dan air. Pengunjung bisa melihat aktivitas ini namun hanya di kawasan Gedhong Patehan.

(Resla Aknaita Chak)

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button