Saatnya menikmati surga tersembunyi di kawasan sekitar Danau Tirta Kamojang - WisataHits
Jawa Barat

Saatnya menikmati surga tersembunyi di kawasan sekitar Danau Tirta Kamojang

Liputan6.com, Bandung – Jika kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Darajat, Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki kawasan wisata Darajat Pass yang terkenal, maka PLTP Kamojang di Ibun, Kabupaten Bandung memiliki arena “Tirta Anyar Kamojang” yang sangat diminati pengunjung saat ini.

Meski tergolong baru dibanding kawasan Darajat yang tercantum pertama, kehadiran kawasan wisata air hangat di kawasan Kamojang ini seolah menjadi oasis kelegaan bagi pengunjung untuk menikmati sajian alam yang sejuk, tenang dan penuh kehangatan.

Adi salah satu petugas jaga kawasan “Tirta Anyar Kamojang” mengatakan, kawasan Tirta Kamojang sebenarnya sempat bersinar sebelum akhirnya “ditutup” akibat merebaknya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

“Awal tahun 2017 sampai 2019 sangat ramai, terutama pada akhir pekan Sabtu-Minggu, tetapi selama Covid-19 kami harus tutup karena anjuran pemerintah,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Awalnya kawasan tersebut merupakan kawasan balap motocross, namun seiring berjalannya waktu keberadaan genangan air dengan drainase yang cukup besar diyakini memiliki potensi menarik untuk dialihfungsikan menjadi kawasan wisata air baru bagi warga.

“Sekarang ada permainan kolam bola, flying fox, permainan perahu, dan kolam air panas untuk terapi dan relaksasi di samping danau,” ujarnya bangga.

Bagi pengunjung yang datang, bangunan besar berbentuk kapal akan langsung menyambut. Kapal beton “Dewa Surya” tampak gagah seolah membelah hijaunya Danau Tirta Anyar Kamojang.

“Suasananya sangat bagus, sejuk, jauh dari kebisingan kota,” kata Atang Sulaeman, pengunjung asal Garut.

Bersama puluhan pemondok Garut, Atang tampak menikmati apa yang ditawarkan kawasan wisata Tirta Kamojang, mulai dari perahu air, upaya merebahkan diri di paviliun, hingga nuansa jembatan gantung yang terhubung dengan geladak kapal.

“Duh endah kacida (cantik luar biasa),” ucapnya dengan logat Sunda.

Tak hanya itu, beberapa pengunjung yang sangat menikmati suasana air terlihat menjajal perahu-perahu kecil yang tersedia di tepi danau.

**Liputan6.com dan BAZNAS bahu-membahu membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah kepada korban gempa Cianjur dengan berdonasi ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button