Indonesia adalah negara di lautan yang dihiasi dengan pulau-pulau dengan potensi yang sangat besar - www.koranpelita.com - WisataHits
Jawa Barat

Indonesia adalah negara di lautan yang dihiasi dengan pulau-pulau dengan potensi yang sangat besar – www.koranpelita.com



Jakarta, koranpelita.com

“Bicara tentang potensi maritim, yang terpenting adalah generasi muda di Indonesia atau generasi muda yang perlu menyadari bahwa negara kita adalah negara di lautan yang dipenuhi pulau-pulau dengan potensi yang sangat besar. Laut punya potensi besar, kalau kita punya teknologi yang bagus, anak-anak pintar, kita juga bisa menghasilkan minyak dan hasil laut dari laut,” kata Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), dalam pertemuan dengan Ekspedisi Maritim. bertempat tinggal di Pangandaran, Jawa Barat. Minggu (9/10) lalu.

Ibu Susi mengatakan bahwa setidaknya dengan pola dan perilaku yang berkaitan dengan cinta, perlindungan dan perawatan laut, masyarakat dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti kantong plastik atau minuman tanpa botol plastik, tetapi dapat disiasati dengan menggunakan gelas berisi galon air dibawa pulang. .

“Sering pergi ke pantai untuk membersihkan pantai sambil menikmati suasana melihat laut, akan membuka wacana dan wawasan dimana kita tahu udara dan air laut lebih sehat. Mari kita mulai mencintai laut karena 79% wilayah Indonesia adalah laut dan dari sana kita bisa kaya, sehat dan maju jika kita menjaga dan mengelolanya dengan baik,” kata Ibu Susi.

Menyikapi kegiatan Ekspedisi Maritim, pihaknya menilai program ini sangat bagus, terutama bagi anak muda yang saat ini kurang mengenal laut, karena sampai saat ini jarang ada program yang mendorong, mengiklankan dan mengajak masyarakat untuk melihat. laut, meskipun Indonesia adalah negara bagian Indonesia, adalah negara laut yang dihiasi pulau-pulau dan disatukan oleh laut.

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya Pangandaran sebagai salah satu tujuan ekspedisi maritim ini, sehingga salah satu manfaat ekspedisi maritim adalah untuk meningkatkan promosi kota Pangandaran itu sendiri dan mempromosikan Kegiatan Kampung Bahari Nusantara (KBN) seperti UMKM, pembuangan sampah dari laut, promosi nelayan lokal oleh Babinpotmar Posal Pangandaran dan pemanfaatan rumah pintar TNI AL untuk anak-anak pesisir.

“Diharapkan kedatangan tim Ekspedisi Maritim ini mampu mengikutsertakan masyarakat untuk terus berkarya meningkatkan kualitas hidup. Selain tujuan utama Ekspedisi Maritim untuk mengumpulkan data, meneliti dan mempublikasikan kejayaan bahari yang pernah ada, sehingga ke depan kejayaan Indonesia sebagai negara maritim dibangun kembali, Kota Pangandaran khususnya menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar,” kata Kolonel Renny.(ay)

Source: koranpelita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button