Teras Cihampelas, Kota Bandung lagi bersih-bersih - WisataHits
Jawa Barat

Teras Cihampelas, Kota Bandung lagi bersih-bersih

SAYANG Destinasi wisata Teras Cihampelas memang sudah lama sepi. Untuk itu, Pemkot Bandung akan menata kembali pedestrian street yang membentang di sepanjang Jalan Cihampelas. Beberapa fasilitas akan ditingkatkan, mulai dari fasilitas Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga perbaikan toilet.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan beberapa kemajuan reaktivitas Teras Cihampelas di masing-masing sektor.

Baca juga:

Kontroversi HUT Bandung

makananTeras Cihampelas dikelola oleh Pemerintah Kota Bandung. (Humas Bandung)

“Saat ini Satgas PKL sudah terinventarisasi dengan baik, yakni Kadiskopukm. Sudah ada kepastian jumlah PKL akan optimal menempati ruang yang kami sediakan,” jelas Ema.

Keseriusan Pemkot Bandung (Pemkot) dalam memperbaiki Teras Cihampelas terlihat dari beberapa perkembangan. Termasuk jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) toilet di teras Cihampelas.

Ia menjelaskan, sektor yang menunjukkan kemajuan adalah PDAM. Perusahaan daerah ini mengaktifkan kembali toilet atau saluran air bersih di teras Cihampelas yang sempat bermasalah.

“Ini juga salah satu keluhan dari PKL yang kita bahas bersama. Masalah air bersih dan MCK di Teras Cihampelas sudah ditangani PDAM,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung juga telah memberikan penguatan untuk penerangan.

“Ini adalah upaya kami untuk mengurangi ancaman keamanan di malam hari. Sehingga kunjungan tetap memungkinkan dan aman,” ujarnya.

Di sektor lain, Dinas Sumber Daya Air dan Jalan Raya (DSDABM) Kota Bandung melakukan pembenahan blok kaca.

blok kaca Kami mempersempitnya sehingga pengunjung selalu memiliki lebih banyak ruang untuk duduk,” jelasnya.

Selain itu, Dinas Perumahan, Permukiman, Pertanahan dan Ruang Terbuka Hijau (DPKP3) juga telah membenahi aspek taman. Sehingga dapat menambah daya tarik dan keindahan Teras Cihampelas.

“Bappelitbang juga memiliki CSR dengan PT. Mayora berhasil. Kolaborasi kami selesai untuk menutup kanopi sesuai dengan desain yang ada, ”katanya.

Baca juga:

Bandung Alkateri Lotek telah dinikmati selama dua generasi

bandungLebih memperhatikan pedagang kaki lima di Cihampelas. (Unsplash/kartika paramita)

“Ini cara kami memenuhi keinginan para PKL di sana, agar tidak terlalu panas dan hujan,” kata Ema.

Sementara itu, Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) menyediakan gerobak dan lahan bagi para pedagang untuk berjualan di sana.

Ema mengimbau jika Teras Cihampelas sudah diresmikan kembali, kegiatan diskusi atau sosialisasi dalam rangka OPD bisa dilakukan di sana.

“Karena, bagaimanapun, kehidupan mereka terhubung dengan kita. Karena itu, nanti kegiatan diskusi OPD bisa dilakukan di Teras Cihampelas, bukan di hotel,” tuntutnya.

Namun, tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kemampuan para panelis agar tetap kondusif. Ema berharap upaya tersebut dapat merevitalisasi perekonomian para pelaku ekonomi di sana.

“Makan dan minum, belanja di sana. Supaya mereka hidup nantinya. Itu bisa memberikan kepercayaan kepada pedagang kaki lima yang merasa terabaikan,” ujarnya.

Ia memprediksi jika hal ini terjadi secara rutin dalam setahun, akan ada gerakan positif dan pro-bisnis untuk mendukung pengusaha mikro.

“Ketika Teras Cihampelas selesai, kami juga menunggu upaya beberapa pihak daerah untuk memperbaiki PKL dan pasar yang masih memadati Kota Bandung hingga saat ini,” katanya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca juga:

Museum Sri Baduga, Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya Sunda

Source: merahputih.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button