Indah dan Bersejarah, Ini 7 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

Indah dan Bersejarah, Ini 7 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

menjawab – Hampir setiap kota di Indonesia memiliki destinasi wisata yang unik dan khas, tak terkecuali Semarang. Banyak sekali tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi saat musim liburan.

Semarang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata kota, kuliner, religi, alam, sejarah hingga budaya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung lagi saat berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini.

Meski begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Semarang. Sebagian besar tempat wisata di kota ini memiliki harga tiket yang cukup terjangkau.

Tak hanya itu, para pecinta ANTV. Anda juga dapat menikmati keindahan dan suasana kota Semarang hanya dengan berjalan-jalan di sekitar kota tua.

Lalu bagaimana jika ingin pergi ke tempat wisata yang lebih beragam dan canggih? Atau malah jauh dari kota?

Jangan khawatir karena ANTV Klik telah menyiapkan 7 tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Kota Lumpia, mulai dari wisata sejarah hingga alam yang indah. Inilah artikelnya!

1. Lawang Sewu

img_title

Lawang Sewu. (Foto: Okezone Travel)

Lawang Sewu bisa disebut ikon kota Semarang. Oleh karena itu, jika Anda datang ke kota ini tanpa mengunjungi Lawang Sewu, maka akan kurang.

Lawang Sewu adalah bangunan megah dengan desain dan arsitektur Eropa. Padahal, gedung ini adalah bekas kantor Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda, Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Belasan tahun lalu, Lawang Sewu masih terbengkalai dan dianggap angker. Bahkan ada film horor berdasarkan tempat ini! Namun, Lawang Sewu telah berubah menjadi museum. Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Semarang.

Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah. Tempat ini buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB pada hari biasa dan pukul 08:00 hingga 20:00 WIB pada hari libur atau akhir pekan.

Biaya masuk Lawang Sewu sangat bervariasi. Dewasa membayar tiket Rp 20.000, anak-anak membayar Rp 10.000 dan turis asing membayar Rp 30.000.

2. Air Terjun Benowo

img_title

Air Terjun Benowo. (Foto: Perjalanan Kompas)

Curug Benowo merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di kota Semarang. Curug Benowo terletak di Gunung Ungaran yang memiliki beberapa air terjun dan air terjun lainnya. Aliran air di tempat ini jernih, ANTV lovers!

Karena berada di pegunungan, perjalanan menuju Curug Benowo cukup ekstrim dan menantang. Jalan setapak yang akan dilalui hanya selebar 40 cm, bahkan bersebelahan dengan ngarai.

Curug Benowo dibuka untuk umum mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Anda juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000.

3. Umbul Sidomukti

img_title

Umbul Sidomukti. (Foto: Tribun Travel)

Ingin berenang sambil menikmati keindahan alam Semarang? Maka Anda harus mengunjungi Umbul Sidomukti!

Alun-alun utama di Umbul Sidomukti adalah 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda. Lokasinya persis di seberang lembah pegunungan hijau yang asri. Anda dijamin betah berlama-lama di sini.

Selain kolam renang, Umbul Sidomukti memiliki wahana lain seperti: keluar, Paralayang, ATV, Peternakan Kecil, Goa Tirta dan lain-lain. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas kafetaria, tempat perkemahandan vila.

Umbul Sidomukti terletak di area dengan ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut. Wisatawan dapat melihat keindahan pesona kawasan Ambarawa dan sembilan puncak gunung diantaranya Merbabu, Andong, Muria, Telomoyo, Gunung Ungaran dan Gunung Lawu.

Tiket masuk Umbul Sidomukti berbeda untuk setiap wahana dan berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Biaya masuk kolam renang adalah Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada akhir pekan.

Umbul Sidomukti dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

4. Kuil Sam Poo Kong

img_title

Kuil Sam Poo Kong. (Foto: nativeindonesia.com)

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat wisata religi sejarah di Semarang. Selain Lawang Sewu, tempat wisata di Semarang lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Klenteng Sam Poo Kong.

Menampilkan desain dan arsitektur klasik, Kuil Sam Poo Kong terkait erat dengan Kekaisaran Tiongkok. Di sini, pengunjung belajar tentang sejarah perkembangan Islam yang disebarkan oleh Laksamana Zheng He (Cheng Ho) selama kunjungannya ke Indonesia pada abad ke-14.

Selain berkesempatan menambah pengetahuan sejarah, pengunjung di sini juga bisa berfoto dengan latar belakang bangunan klenteng yang megah dan mewah. Mereka juga menyewa pakaian tradisional Tiongkok!

Harga tiket masuk Kuil Sam Poo bervariasi berdasarkan usia dan hari kunjungan. Harga tiketnya juga berbeda jika ingin memasuki area sholat.

Harga tiket untuk anak-anak dan orang dewasa lokal mulai dari Rp 5.000-10.000, dan untuk anak-anak dan dewasa asing Rp 7.000-15.000.

5. Kota Lama Semarang

img_title

Kota lama Semarang. (Foto: Alinea.ID)

Kota Lama adalah sebuah kawasan perkotaan di Jalan, Letjen Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara. Wilayah ini juga dikenal sebagai di luar atau Belanda kecil.

Seperti namanya, kota abad ke-17 ini didominasi oleh bangunan berarsitektur Eropa, mulai dari ukuran pintu dan jendela hingga bentuk atapnya, yang berbeda dengan kebanyakan bangunan di Indonesia.

Di Kota Lama, pengunjung akan menemukan kafe, restoran, dan toko suvenir. Sepanjang jalan, pengunjung bisa mencoba jajanan tradisional.

Kota Lama merupakan area terbuka, sehingga wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini bisa dikunjungi kapan saja.

6. Ngarai Coklat

img_title

Ngarai Coklat. (Foto: Perjalanan Bosnia)

Semarang memiliki destinasi wisata yang menyerupai ikon di Amerika Serikat. Kalau AS punya Grand Canyon, Semarang punya Brown Canyon!

Brown Canyon dibentuk oleh penggalian pertambangan selama lebih dari 10 tahun. Seiring berjalannya waktu, tebing tersebut terbentuk karena penyesuaian alam serta proses penggalian yang dilakukan.

Tentu saja Anda bisa mengabadikan keindahan Brown Canyon dengan foto atau video. Posisi yang paling cocok untuk berfoto adalah di antara bebatuan yang menjulang tinggi dan besar. Banyak orang menggunakan tempat ini sebagai lokasi film sebelum pernikahan.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan pengunjung saat datang ke Brown Canyon. Karena belum diresmikan sebagai tempat wisata, maka tidak ada fasilitas lengkap di tempat ini. Daerah ini juga cukup kering dan berdebu jadi pastikan Anda memakai masker, kacamata atau payung.

Brown Canyon terletak di Rowosari, Tembalang, Semarang. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini juga tidak memiliki jam buka, namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari agar Anda dapat menyaksikan matahari terbenam.

7. Candi Gedong Songo

img_title

Candi Gedong Songo. (Foto: Celebrities.id)

Semarang juga memiliki tempat wisata sejarah dan budaya Candi Gedong Songo. Selain Lawang Sewu dan Klenteng Sam Poo Kong, Klenteng Gedong Songo merupakan satu lagi tempat wisata di Semarang yang sayang untuk dilewatkan.

Candi Gedong Songo adalah sebuah kompleks candi Hindu di Bandungan, Kabupaten Semarang. Kompleks candi ini memiliki 5 gedong atau candi yang tersebar di beberapa titik.

Cukup mendaki untuk mencapai bagian mana pun dari candi ini, jadi pastikan Anda mengenakan sepatu yang nyaman. Selama perjalanan ini Anda juga akan disuguhi panorama yang memanjakan mata.

Fasilitas Candi Gedong Songo cukup memadai, mulai dari resto, toilet hingga mushola. Tempat ini juga menawarkan hot tub.

Candi Gedong Songo dibuka untuk umum mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB setiap hari. Biaya masuknya terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000-15.000.

Source: www.antvklik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button