6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang, kota sejuta bunga, merupakan salah satu tempat yang paling populer dikunjungi wisatawan mancanegara maupun lokal.

Darimana? Kota yang sarat akan informasi sejarah sekaligus kuliner unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Magelang.

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Paling Legendaris di Magelang, Sangat Ikonik!

1. Candi Borobudur

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya BorobudurIlustrasi oleh Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, candi ini menyimpan kisah sejarah dari zaman kerajaan yang masih populer di kalangan wisatawan.

Lokasi Candi Borobudur berjarak sekitar 15 km dari kota Magelang dan 40 km dari kota Yogyakarta.

Meski relief dinding dan bangunan candi sudah tidak seperti dulu lagi akibat letusan gunung berapi, namun tempat ini tetap menimbulkan rasa penasaran banyak orang.

Saat ini akses menuju Candi Borobudur sangat mudah, transportasi massal juga tersedia untuk menuju tempat ini.

Harga tiket saat ini adalah Rp 50.000/orang dan anda sudah bisa melihat kemegahan Candi Borobudur dan menikmati pemandangan dari atas candi. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

2. Nepal di Jawa

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya Borobudurhttp://traveloka.com

Tempat ini merupakan desa wisata di lereng Gunung Sumbing, Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena rumah warga yang dilihat dari atas desa ini dicat warna.

Di sana kita bisa menikmati pemandangan pegunungan dan pedesaan yang indah. Jika Anda puas dengan kondisi cuaca yang dingin dan sejuk, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau kolega.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, terdapat warung makan dan kafe untuk dicicipi sambil menikmati pemandangan, harga relatif murah dan sangat terjangkau.

Tarif masuk saat ini hanya Rp 10.000/orang namun Anda harus berhati-hati menuju ke sana karena jalannya sangat menanjak mengingat tempat ini berada di puncak.

Selain itu tidak banyak angkutan umum yang menuju ke tempat ini, namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memesan ojek on line atau luring siap untuk diantar.

3. Desa Wisata Gunungspring

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya Borobudurdokumen pribadi / Mukhammad Veriyanto

Magelang tidak hanya menawarkan pesona alam yang indah, tetapi juga memiliki tempat wisata religi yang setiap hari dikunjungi oleh wisatawan lokal, tempat ini sangat fenomenal di kalangan pelajar.

Berada di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang yaitu wisata religi dan edukasi di Gunungpring. Berikut makam para wali, diantaranya makam terkenal KH Dalhar dan Kyai Raden Santri.

Banyak wisatawan yang datang sering menggunakan bus rombongan karena tempat ini merupakan salah satu tujuan saat ada ziarah ke makam para wali.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Makam tersebut berada di bagian paling atas dan para peziarah biasanya menaiki tangga untuk menuju ke tempat ini.

Selain ziarah, tempat ini juga digunakan sebagai tempat pendidikan, berbagai acara sering diadakan pada hari besar umat Islam, seperti pengajian dan kegiatan keagamaan.

Layaknya tempat ziarah makam para wali pada umumnya, berbagai cinderamata dan oleh-oleh khas hasil kerajinan masyarakat setempat tersaji di sini, mulai dari kaligrafi, tasbih kayu dan parfum.

Tempatnya cukup bersih dan nyaman. Berbagai fasilitas pun disediakan, seperti toilet umum, tempat ibadah hingga shelter.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Akses menuju tempat ini sangat mudah, baik dengan sepeda motor maupun mobil.

4. Taman Kyai Langgeng

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya Borobudurdokumen pribadi / Mukhammad Veriyanto

Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata yang menjadi primadona bagi warga setempat. Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, disinilah tempat yang tepat untuk mengajak keluarga bersenang-senang dan bermain.

Lokasinya berada di Desa Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, tidak jauh dari pusat perbelanjaan di Kota Magelang dan tentunya sangat mudah diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Tempat wisata Kyai Langgeng memiliki banyak wahana seru, seperti komidi putar, kincir ria, becak air, kebun binatang mini, 4 dimensi dan juga kolam renang. Tidak hanya wahana permainan, tempat ini juga bisa dijelajahi dengan mobil terbuka dan kereta mini karena taman wisata ini sangat luas.

Biaya masuk per orang adalah Rp 30.000 dan Anda sudah bisa menikmati berbagai permainan di dalamnya. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dan sangat ramai pada saat liburan

5. Gereja Ayam

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya Borobudurhttp:// Budaya.blog.unisbank.ac.id

Gereja Ayam merupakan tempat ibadah dan saat ini menjadi tempat wisata di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Banyak pengunjung yang datang setiap hari Minggu untuk menikmati pemandangan alam melalui lantai 3 ini. Melalui lantai 3 ini Anda bisa melihat keindahan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.

Tiket masuk per orang saat ini Rp 20.000, buka mulai pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB. Untuk transportasi anda bisa menyewa jeep untuk menuju tempat ini atau menyewa ojek karena akses jalannya cukup ekstrim dan tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan pribadi memiliki tempat parkir yang disediakan di bawah ini. Anda juga bisa berjalan kaki ke tempat ini, namun jaraknya cukup jauh.

Kalau ke Candi Borobudur jangan lupa mampir ke tempat ini karena letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur dan harga tiket masuknya relatif murah.

6. Alun-alun Magelang

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi, Tak Hanya Borobudurdoc.staff

Alun-alun Magelang berada di tengah kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai kuliner mulai dari nasi goreng, bakso, mie ayam, pangsit, batagor, es krim campur dan lainnya.

Hal-hal kuliner terjadi di utara alun-alun. Selain kuliner, ada juga tempat bermain anak seperti perosotan dan mobil mainan untuk dipinjam. 1 mobil disewakan Rp 10.000/ 5 putaran.

Pada malam hari alun-alun ini biasanya ramai pengunjung sekedar bersantai dan menikmati jajanan.

Fasilitas di tempat ini juga sangat lengkap, masjid terletak di sebelah barat alun-alun dan tempat parkir yang luas. Jika ingin berbelanja, Anda bisa berjalan kaki karena tempat ini dikelilingi mal dan toko pakaian.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hotel di Magelang, Liburan Mewah yang Nyaman Selama Menginap

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button