Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di Bantul

Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di Bantul

Bantul, IDN Times – Liburan panjang Tahun Baru Imlek 2023 plus liburan bersama telah tiba. Namun, Badan Pengelola Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul mengatakan, momen tersebut belum secara signifikan meningkatkan okupansi hotel berbintang di Bumi Projotamansari.

1. Tingkat hunian hotel turun dibanding Nataru

Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di BantulKendaraan mengantri di Jembatan Kretek. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua BPC PHRI Bantul Yohanes Hendra Dwi Utomo mengatakan, berdasarkan laporan operator hotel bintang lima di Bantul, tingkat okupansi di Bantul hanya mencapai 60-70 persen selama liburan Imlek 2023. Jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) beberapa pekan lalu.

Libur akhir pekan dan libur Imlek hanya berkisar 60 hingga 70 persen untuk okupansi para bintang di Bantul, katanya, Sabtu (21/1/2022).

Baca Juga: Awal Februari, Polres Bantul Lakukan Operasi Pengamanan Progo

2. Kawasan Pecinan di Malioboro diserbu wisatawan

Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di BantulIDN Times/Tunggul Kumoro

Yang pasti, kata Hendra, sejumlah destinasi wisata bakal ramai dikunjungi wisatawan saat Imlek 2023 nanti. Wisatawan hanya akan mampir dan kemudian kembali ke daerah masing-masing.

“Wisatawan datang ke Bantul, misalnya ke Pantai Parangtritis dan objek lainnya, kemudian ke Malioboro pada sore hari dan langsung kembali ke daerah masing-masing. Jadi Bukan Ada yang menginap di hotel,” ujarnya.

Ramainya kunjungan wisatawan, kata Hendra, terkonfirmasi di kawasan Malioboro. Karena di sekitar Malioboro terdapat kampung pecinan yang pasti menjadi tuan rumah acara-acara yang berkaitan dengan perayaan imlek.

“Tentunya warga Tionghoa di Yogyakarta akan menggelar perayaan Imlek yang cukup meriah pascapandemi yang akan menarik minat wisatawan,” ujarnya.

3. Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan

Imlek, okupansi hotel berbintang baru 70 persen di BantulObyek wisata baru Pantai Bantul (daruwaskita)

Di Bantul sendiri, Hendra mengatakan Pantai Parangtritis merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Namun rombongan keluarga lebih banyak daripada anak sekolah karena bukan libur panjang sekolah.

“Pastinya Pantai Parangtritis yang paling banyak dikunjungi, disusul objek wisata lain yang tidak dikelola Dinas Pariwisata Bantul, seperti wisata alam di Dlingo hingga Little Tokyo Hotel and Resto di Kapanewon Dlingo,” ujarnya.

Baca Juga: Inilah Event Wisata di Bantul yang Diselenggarakan Pemkab 2023

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button