Iluni Pertama FKUI Kalbar Gelar Pemeriksaan dan Konsultasi Jantung - WisataHits
Jawa Timur

Iluni Pertama FKUI Kalbar Gelar Pemeriksaan dan Konsultasi Jantung

PONTIANAK – Pengurus Ikatan Alumni (Iluni) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Komisariat Kalbar menggelar kegiatan bakti sosial di Kantor Desa Saigon, Pontianak Timur, Sabtu (15/10). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pelantikan Komisariat Iluni FKUI Kalbar periode 2022 – 2025.

Tunjangan sosial terdiri dari pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan jantung dan pemeriksaan dan penyuluhan EKG. Sejumlah warga desa Saigon turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kepala Perwakilan Desa Saigon Burhan mengucapkan terima kasih kepada Iluni FKUI Kalbar yang telah memberikan bakti sosial kepada warga Desa Saigon. Pemeriksaan kesehatan dan konsultasi jantung penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan organ penting tersebut.

“Kita tahu bahwa penyakit jantung menyumbang jumlah kematian tertinggi di Indonesia,” katanya.

Wawan Mulyawan, Ketua Umum Iluni FKUI berharap kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat. Ia juga berharap Komisariat Iluni FKUI Kalbar dapat memberikan kontribusi yang baik untuk provinsi ini.

“Kegiatan seperti ini mulai diharapkan di Kalbar,” ujarnya.

Wawan menambahkan, pelantikan Iluni FKUI berlangsung di komisariat Banyumas Raya dan Sumbar. Selain itu, dilakukan di Komisariat Kalbar.

Pelantikan Pengurus Iluni Komisariat FKUI Kalbar periode 2022 – 2025 akan berlangsung pada Minggu (16/10). Peresmian akan dikompilasi dengan mini-simposium tentang topik Pelayanan jantung di Kalimantan Barat.

Selain bakti sosial, juga berlangsung di hari yang sama pendakian yang menyenangkan diadakan di Tepi Sungai Kapuas, tarian lokal dan peluncuran balon. Selain itu, ada juga aktivitas wisata menyusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan perahu.

Sebelumnya Hermanto, Ketua Komisariat FKUI Kalbar Iluni yang akan dilantik mengatakan, latar belakang dibentuknya kepengurusan ini adalah untuk mengetahui dan mendata Iluni dari FKUI di Kalbar. Sejauh ini, ia mengungkapkan, sekitar 90 dokter Iluni tersebar di pelosok Kalbar. “Bahkan lebih dari 100 dokter Iluni,” katanya.

Tujuan lainnya adalah mereka ingin membuat jaringan antara Iluni FKUI pusat dan daerah. “Peresmian ini merupakan yang ketiga dari sekian banyak kepala daerah yang dibentuk di Indonesia. Peran Iluni FKUI Kalbar perlu lebih nyata kepada masyarakat, dalam hal ini pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (sti)

Source: pontianakpost.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button