4 tempat wisata bromo ini cocok untuk "berburu matahari terbit". - WisataHits
Jawa Timur

4 tempat wisata bromo ini cocok untuk “berburu matahari terbit”.

KOMPAS.com – Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur (Jawa Timur). Keindahan alam Gunung Bromo memang memanjakan mata para pelancong.

Salah satu tempat wisata bromo adalah pengunjung bisa mengejar sunrise atau sunset matahari terbit.

Empat lokasi dalam artikel ini berisi lokasi yang cocok untuk mengejar sunrise di Bromo.

Tempat wisata bromo mana yang cocok untuk berburu? matahari terbit? Berikut adalah daftarnya.

Baca juga: Rekam! 5 Tempat di Bromo Ini Baru Bisa Dikunjungi Setelah Booking Online

1. Mendaki

Keseruan wisatawan menyaksikan matahari terbit di kawasan Bromo Tengger, Puncak Pananjakan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada dini hari menjelang matahari terbit, Sabtu (21/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Keseruan wisatawan menyaksikan matahari terbit di Kawasan Bromo Tengger, Puncak Pananjakan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada dini hari menjelang matahari terbit, Sabtu (21/4/2018).

Pananjakan adalah salah satu spot paling populer bagi para pemburu matahari terbit.

Lokasi ini dapat diakses melalui pintu masuk Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru di Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk bisa melihat matahari terbit di Pananjakan, pengunjung perlu menyiapkan perlengkapan penghangat tubuh seperti jaket, selendang dan lain-lain.

Alasan mengapa banyak wisatawan menyebut tempat ini memiliki angin kencang.

Baca juga: Rekam! 6 spot ini sangat cocok untuk kamu nikmati sunrise di bromo

2. Mentigen

Wisatawan menikmati pemandangan mengejar matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.  Bukit Mentigen adalah tempat alternatif untuk melihat matahari terbit di sebelah Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati pemandangan mengejar matahari terbit dari Bukit Mentigen, Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Bukit Mentigen adalah tempat alternatif untuk melihat matahari terbit di sebelah Bukit Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bukit Mentigen juga merupakan tempat populer untuk menyaksikan matahari terbit.

Pengunjung dapat mengakses Mentigen melalui Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Untuk menuju puncak Mentigen, pengunjung bisa berjalan kaki atau naik ojek.

Di puncak Mentigen sebelum matahari terbit, pengunjung disuguhi panorama alam yang mempesona.

Baca juga: Bukit Mentigen, Tempat Melihat Sunrise di Gunung Bromo Tanpa Mengemudi di Hardtop

3. Bukit Cinta

Keindahan matahari terbit bisa dilihat dari tempat wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017).  Bukit Cinta merupakan alternatif sunrise di kawasan wisata Gunung Bromo.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Keindahan matahari terbit bisa dilihat dari tempat wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta merupakan alternatif sunrise di kawasan wisata Gunung Bromo.

Berada di ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut, Bukit Cinta merupakan salah satu tempat wisata Bromo yang cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Jika Anda ingin berburu matahari terbit di Bukit Cinta, pengunjung bisa datang dari Pasuruan.

Di tempat ini, pengunjung dapat mengamati Kaldera Tengger yang anggun.

Pengunjung tidak hanya bisa merasakan indahnya matahari terbit tapi juga melihat keindahan puncak gunung tertinggi di pulau Jawa, Mahameru.

Baca juga: Gunung Teletubbies Bromo, Pesona Permadani Hijau yang Menyejukkan Mata

4. Bukit Kingkong

Sunrise dari Bukit Kingkong untuk melihat puncak Gunung Bromo, Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.MonkeyPhoto/Shutterstock Sunrise dari Bukit Kingkong untuk melihat puncak Gunung Bromo, kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Titik selanjutnya adalah Bukit Kingkong. Sebenarnya tempat ini bernama Bukit Kedaluh. Namun, orang menyebutnya Bukit Kingkong karena bentuk bukitnya yang konon mirip Kingkong.

Kedahuh berasal dari bahasa Sansekerta dan berarti harapan untuk kesuburan wilayah Tengger.

Di Bukit Kingkong, pengunjung bisa melihat pemandangan yang sama dengan Bukit Cinta.

Bukit Kingkong ini bisa dikunjungi wisatawan melalui Jalur Pasuruan.

Itulah empat tempat wisata Bromo yang bagus untuk hunting sunrise.

Sebelum menuju ke tempat ini, calon pengunjung harus terlebih dahulu memesan tiket masuk wisata Gunung Bromo melalui website bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Saat Ini Via Probolinggo

Sumber: Kompas.com (Penulis: Anggara Wikan Prasetya, Nur Rohmi Aida | Penerbit: Anggara Wikan Prasetya, I Made Ashdiana, Wahyu Adityo Prodjo)

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: surabaya.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button