Menyambut Tahun Baru Islam, Picking the Sea bertempat di Pantai Lon, Malang Sampang - WisataHits
Jawa Timur

Menyambut Tahun Baru Islam, Picking the Sea bertempat di Pantai Lon, Malang Sampang

SAMPANG | ARTICLE.ID – Menyambut perayaan tahun baru Islam, para nelayan di kawasan pantai utara, tepat di wisata pantai Lon Malang, menggelar tradisi mancing laut di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Minggu (31/7). 2022).

Pengelola wisata pantai Lon Malang aktif melakukan kegiatan petik laut yang sangat meriah dengan segala macam makanan khas Madura seperti dekorasi perahu nelayan dan tarian.

Hal ini menjadi hiburan yang menarik bagi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, khususnya Kelurahan Tamberu Agung Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan dan Kelurahan Sokobanah Kabupaten Sampang.

Memetik laut merupakan warisan leluhur dan bentuk rasa syukur masyarakat terhadap laut yang telah menjadi tempat mencari makan selama setahun. Setiap tahun nelayan setempat melakukan acara tradisional Petik Laut.

Sama halnya dengan perayaan tradisional petik laut lainnya seperti Desa Tamberu Timur dan Tambru Agung Batu Marmar, namun mereka bekerjasama dengan Desa Bira Tengah dan bergerak ke tengah laut dengan menggunakan perahu. dan dilengkapi dengan alat musik khas Madura.

Ketua Panitia Petik Laut mengatakan, pihaknya telah merencanakan kegiatan ini selama kurang lebih 1 bulan, mengingat Perayaan Petik Laut di Bula Suro tidak hanya di tengah Bira, tetapi juga para tetangga Dasa turut hadir dalam perayaan tersebut. ” dia berkata.

Menurutnya, tradisi ini dilestarikan untuk memohon kepada Tuhan agar para nelayan diberi keselamatan dan banyak makanan selama mereka bekerja di laut.

Sementara itu, pengunjung Pantai Lon Malang, Sulimah mengaku sangat senang melihat kegiatan petik laut ini, selain sebagai tanda syukur kita juga bisa dihibur, semoga tradisi ini tetap ada setiap tahunnya.

Camat Sokobanah Abdul Fatah bersama Kapolsek Sokobanah Iptu Ivan Oktavian juga mengapresiasi kegiatan pemetikan laut yang berlangsung di pantai Lon Malang.

“Walaupun hanya satu hari, acara ini sangat menarik dan positif, sehingga banyak yang antusias menyaksikan mancing laut ini,” pungkas Abdul Fatah.

(Nama keluarga)

Source: artik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button