Karnaval Jalanan Pesta Rakyat Labuan Bajo Berhasil Mengguncang Perekonomian Rakyat - WisataHits
wisatahits

Karnaval Jalanan Pesta Rakyat Labuan Bajo Berhasil Mengguncang Perekonomian Rakyat

Karnaval Jalanan Pesta Rakyat Labuan Bajo Berhasil Mengguncang Perekonomian Rakyat

Piknikdong.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebut “Pesta Karnaval Rakyat Jalan Labuan Bajo” di Lapangan Wae Kesambi berhasil memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat kawasan Manggarai Barat pada umumnya, khususnya Labuan Bajo.

Direktur Temu, Insentif, Konvensi, dan Pameran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Masruroh dalam pertemuannya di Lapangan Wae Kesambi, Minggu (7/5/2023) menjelaskan dirinya menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 2023 yang akan digelar. di Labuan Bajo dari tanggal 9-11 Mei 2023, masyarakat sekitar harus merasakan dampak positif dari acara tersebut.

Karnaval Jalanan Pesta Rakyat Labuan Bajo Berhasil Mengguncang Perekonomian RakyatPesta rakyat karnaval jalanan Labuan Bajo sukses mendongkrak perekonomian masyarakat, foto: Kemenparekraf

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkolaborasi memperkenalkan Pesta Rakyat sebagai salah satu side event KTT ASEAN sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Dari sini terlihat bahwa Partai Rakyat berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyaknya masyarakat yang terlibat dalam kegiatan, UMKM memasarkan produknya, dan pendapatan mereka meningkat,”

dia berkata.

Peluang usaha dan kesempatan kerja bagi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya dibuka melalui acara ini.

“Sejak awal, kami ingin menginisiasi acara yang mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dan menghibur wisatawan.

Melalui kegiatan ini, kami juga ingin masyarakat merasa “memiliki” KTT Asean yang diselenggarakan di Labuan Bajo,”

kata Iyung, panggilan akrabnya.

Iyung mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak hanya ingin memberikan kontribusi yang besar bagi kesuksesan KTT ASEAN, tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dengan menargetkan sekitar 4.000 hingga 5.000 pengunjung yang datang ke side event ini.

Untuk itu, Iyung optimistis acara ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya.

Iyung pun mengapresiasi antusiasme masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya yang terlibat dalam Pesta Rakyat ini.

Mulai dari pengelolaan sampah, parkir, hingga pelibatan UMKM dan seniman yang memeriahkan acara ini.

“Itu semua dilakukan dengan baik oleh orang-orang dan komunitas,”

dia berkata.

Iyung juga menilai produk UMKM yang dihadirkan pada acara ini sangat berkualitas dan dikemas dengan menarik.

“Memang kualitasnya layak jual tidak hanya di pasar NTT tapi juga nasional,”

kata Iyung.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menambahkan, antusias pelaku UMKM yang memasarkan produknya dalam kegiatan ini sangat tinggi.

Ia mengungkapkan ada 67 pelaku UMKM yang terlibat dalam Pesta Rakyat ini.

“Kami melihat antusiasme seluruh lapisan masyarakat sangat tinggi dan mungkin ini bisa menjadi barometer bagi kami dalam melaksanakan event-event, diantaranya harus ada ruang yang lebih luas karena sudah banyak aktor yang siap mempresentasikan karyanya di hadapan publik. masyarakat,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button