Air Terjun Bogor Luhur - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Bogor Luhur

Air Terjun Bogor Luhur

Air Terjun Sublim menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata berupa air terjun yang bisa ditemukan dan dikunjungi saat berwisata atau di kota Bogor.

Air terjun ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya, sehingga menjadi salah satu destinasi favorit warga Bogor maupun wisatawan dari kota atau daerah lain.

riam-lulur-bogor

Keindahan dan keunikan air terjun ini membuat lokasinya pada akhir pekan dan saat musim liburan panjang biasanya selalu ramai oleh pengunjung.

Buat kamu yang punya program liburan ke air terjun ini, berikut kami sajikan reviewnya Air terjun yang indah untuk membantu membuat perjalanan Anda lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Mohon dibaca pelan-pelan dan sampai akhir.

Air Terjun Bogor Luhur

Bogor memang kaya akan obyek wisata alam. Struktur wilayahnya yang tinggi dan berada di atas barisan pegunungan, membuat kota berjuluk kota hujan ini akhirnya dihuni oleh berbagai bentuk wisata alam yang muncul secara alami.

Salah satu tempat wisata alam yang ada di Bogor dan jumlahnya cukup tinggi adalah air terjun atau curug.

Selain yang kita bahas hari ini yaitu Curug Luhur, masih ada air terjun lain di kota ini seperti Curug Bidadari, Curug Leuwi Hejo, Curug Nangka, Curug Naga, Curug Cipamingkis dan Curug Barong yang juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata.

air terjun-luhur-bogor-jawa barat

Saat membahas Air Terjun Luhur, kita bisa menganggapnya biasa saja seperti air terjun lainnya. Yang ada tentunya hanya tujuan dari air terjun tersebut dan beberapa fasilitas standar yang biasa terdapat di lokasi wisata air terjun.

Tapi tunggu. Air Terjun Bogor yang Indah ternyata beda. Di lokasinya tidak hanya terdapat air terjun tetapi juga berbagai macam wahana yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk menarik pengunjung datang ke air terjun ini.

Selain itu, di lokasi Air Terjun Luhur juga terdapat beberapa kolam dan air terjun mini yang memungkinkan pengunjung memiliki pilihan aktivitas yang lebih beragam yang tentunya tidak dapat dilakukan di air terjun lainnya.

Daya Tarik Air Terjun Sublim

Air terjun luhur menawarkan daya tarik yang tidak hanya terdapat di sektor air terjun. Bahkan sejak pertama kali menginjakkan kaki di area parkir hingga lokasi air terjun, wisatawan juga akan terpesona dengan keindahan alam yang mengelilingi air terjun ini.

agung-atraksi-curug

Misalnya, berjalan beberapa meter dari tempat parkir ke area air terjun, pengunjung akan menemukan banyak tempat indah dan menarik sebagai spot foto di tengah perjalanan.

Selain itu, pemandangan di sepanjang jalan menuju kawasan air terjun juga akan menawarkan kedamaian dan ketenangan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Kemudian, sesampainya di lokasi air terjun, pengunjung akan dibuat terpukau dengan bentuk air terjun yang terlihat gagah di antara lempengan tebing dan berbagai tanaman hijau.

Di bawah ini Anda akan melihat beberapa kolam alami dan berbagai jenis wahana yang menunggu untuk dijelajahi.

Air terjun agung ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter. Itulah asal muasal namanya sehingga disebut Curug Luhur.

waterboom-curug-luhur

Curug yang dalam bahasa Jawa berarti air terjun, dan luhur yang berarti tinggi kemudian disatukan sehingga kedua kata ini digunakan sebagai nama untuk Curug Luhur.

Selain objek air terjun, kawasan air terjun juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana air seperti yang biasa terdapat di taman air.

Wahana air di sini antara lain kolam renang khusus anak, seluncuran, dan beberapa wahana lainnya.

Jadi jika Anda datang bersama anak-anak, sudah pasti mereka juga akan sangat menghargai kehadiran mereka di air terjun ini. Anda senang, anak-anak senang.

Aktivitas menarik di Curug Luhur

Mengingat banyaknya wahana di luar tujuan air terjun itu sendiri, berlibur di Curug Luhur pasti akan memberikan banyak pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Nah, dari sekian banyak aktivitas yang berpotensi untuk dilakukan di air terjun ini, 3 aktivitas berikut sepertinya tidak akan terlewatkan:

1. Bersantai dan menikmati keindahan Curug Luhur

santai-di-curug-agung

Keindahan Curug Luhur dan suasana sejuk tempat ini tentunya sangat nyaman sebagai tempat bersantai.

Bagi Anda yang penat dengan banyak pekerjaan, menikmati beberapa jam waktu Anda di air terjun ini sepertinya bisa menghilangkan kebingungan dari pikiran Anda.

Agar lebih khusyuk, Anda juga bisa bersantai di bebatuan di sekitar air terjun sambil menikmati deburan air yang jatuh di permukaan air di bawah sambil menikmati snack dan kopi.

2. Jelajahi wahana permainan

taman air-mini-curug-luhur

Kegiatan selanjutnya yang akan sangat menarik apalagi jika Anda datang bersama anak-anak adalah bermain di taman bermain.

Seperti yang kami tulis di atas, di air terjun ini terdapat berbagai jenis wahana yang pasti akan membuat si kecil semakin betah berada di tempat ini.

Wahana yang cukup menarik untuk dicoba adalah perosotan. Dari atas perosotan yang cukup tinggi, Anda bisa merasakan sensasi meluncur menggunakan ban berkecepatan tinggi hingga mencapai muara atau muka kolam renang.

3. Berburu Foto

spot-foto-curug-agung

Saat ini wisata masih identik dengan kegiatan hunting foto. Apalagi sejak maraknya media sosial, orang seolah memiliki tempat khusus untuk menunjukkan eksistensinya kepada orang lain.

Nah, jika kamu adalah orang yang suka berfoto, maka di sekitar kawasan Curug Luhur juga banyak terdapat tempat-tempat indah sebagai lokasi pemotretan.

Anda bisa menemukan tempat-tempat tersebut di kawasan air terjun kembar berupa air terjun mini di sekitar lokasi utama air terjun, taman bermain atau wahana, dan tentunya di sekitar kawasan air terjun Luhur nya-sama.

Alamat Curug Luhur

alamat-curug-agung

Lokasi Curug Luhur sangat mudah dijangkau. Air terjun ini merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang berada di kaki Gunung Salak.

Adapun alamat lengkapnya, Curug Luhur berlokasi di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, BogorJawa barat.

Jika Anda pernah ke Kaskade malaikat atau Kebun Raya Bogor, jarak dari air terjun Luhur ini ke lokasi Kebun Raya sekitar 22 kilometer.

Sedangkan jika Anda mengaksesnya dari pusat kota Bogor, jarak yang akan Anda tempuh sekitar 18 kilometer.

Jalan Menuju Curug Luhur

Lalu mengenai rute menuju Curug Luhur, ada banyak pilihan.

Misalnya bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa mengakses lokasi air terjun ini dengan jalan jakarta – cikaret melalui kolam botanic garden kemudian dilanjutkan ke ciapus.

Nah dari ciapus, kamu tinggal melintasi beberapa desa untuk sampai ke lokasi air terjun.

jalan-ke-jatuh-agung

Sama bagi anda yang datang dari arah Bogor. Untuk menuju lokasi Curug Luhur, rutenya dari Bogor Mall menuju ciapus.

Setelah itu sama halnya dengan jalur dari Jakarta, setelah sampai di Ciapus cukup melewati beberapa desa sebelum sampai di Curug Luhur.

Selain dua rute di atas, untuk mencari rute terbaik dan tercepat menuju Curug Luhur, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel Android Anda. Bahkan di aplikasi Google Maps, Anda juga bisa melihat dengan jelas peta lokasi Curug Luhur.

Jam Buka Curug Luhur

Air Terjun Sublim buka setiap hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi hingga siang hari, karena pada saat itu lokasi air terjun tidak terlalu ramai, jadi anda bisa langsung explore semua yang ada.

Sedangkan jika Anda datang pada sore hari, dikhawatirkan suasana liburan Anda akan terganggu dengan banyaknya pengunjung yang memadati tempat tersebut.

Harga tiket masuk Air Terjun Luhur

tiket masuk-agung-curug

Air terjun agung ini masih dikelola oleh pihak swasta. Hal ini membuat tiket masuk Curug Luhur terkesan sedikit mahal dibandingkan dengan harga tiket masuk air terjun lain di Bogor.

Apalagi ketersediaan wahana tambahan berupa mini waterpark juga menjadi alasan pengelola mematok harga tiket yang lebih tinggi.

Untuk memasuki Curug Luhur, pengunjung harus bersiap-siap untuk membeli tiket masuk yang dibandrol dengan harga Rp 40.000 per orang.

Selain itu, ada juga biaya parkir sebesar Rp 8.000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp 20.000 untuk pengguna mobil.

Tabel Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor 2019

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 40.000
Parkir motor Rp 8.000
Tempat parkir mobil Rp20.000

Fasilitas Air Terjun Luhur

Sebagai salah satu tempat wisata utama di kota Bogor, Curug Luhur dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan dan menghadirkan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya.

Fasilitas umum air terjun ini antara lain:

  • Tempat parkir
  • loker
  • Belvedere
  • Toilet
  • warung makan
  • Kamar mandi
  • Tempat beribadah
  • Akomodasi

Untuk penginapan bisa anda temukan di sekitar lokasi yang tidak jauh dari lokasi air terjun dengan harga sewa yang bervariasi dan fasilitas yang memadai.

agung-foto-foto

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Bogor

Berlibur ke wisata alam memang efektif menghilangkan kebosanan atau stres akibat banyaknya masalah kehidupan. Nah, bagi Anda yang berada di Bogor atau Jawa Barat bagian lain, pilihan destinasi yang paling cocok untuk Anda dan keluarga adalah Ke Air Terjun Bogor Luhur ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button