Himpunan Desa Wisata Indonesia Tuan Rumah Jawa-Sumatera Overland 2022 Tahap 2 – Mediakita lagi - WisataHits
Jawa Timur

Himpunan Desa Wisata Indonesia Tuan Rumah Jawa-Sumatera Overland 2022 Tahap 2 – Mediakita lagi

JAKARTA, mediakita.co- ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia) kembali menggelar trip bertajuk “ASIDEWI Jawa-Sumatra Overland 2022 Phase 2”. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Program Tanggung Jawab Sosial atau Selainwi Tanggung jawab sosial.

Kegiatan wisata Sidewi akan mengunjungi beberapa desa wisata di pulau Jawa dan Sumatera. Perjalanan dimulai dari tanggal 6 hingga 28 Agustus 2022 di sebelah timur pulau Jawa yaitu di Kabupaten Probolinggo dan berakhir di Kabupaten Lampung Barat di pulau Sumatera.

Kegiatan tersebut meliputi pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) di setiap desa yang dikunjungi. Tim Selainwi juga melakukan kegiatan formal dengan dinas kepemudaan, olah raga dan pariwisata seperti di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilakukan bersama pelaku dari desa/desa wisata se-Kota Probolinggo.

Sementara itu, Tim Selainwi melakukan “Sekolah Mengemudi Pariwisata” di Provinsi Lampung. Kegiatan ini melibatkan pelaku desa wisata dengan dinas kepemudaan, olah raga dan pariwisata di beberapa desa di Lampung Barat, kegiatan dilakukan selama 3 hari penuh di masing-masing desa.

jasa desain murah

Materi pelatihan SDM desa wisata dalam kegiatan ini antara lain:

1. Pemetaan potensi sumber daya desa secara partisipatif;

2. Penguatan kelembagaan desa wisata;

3. Pemahaman dan penerapan mantra Sapta;

4. Pramuka dan Ceritakan cerita desa wisata;

5. Pengembangan keluarga angkat;

6. digitalisasi desa, merek dan pemasaran desa liburan;

7. pembinaan navigasi darat dan hutan pegunungan;

9. Simulasi penanggulangan bencana;

10. Penyusunan paket desa wisata.

Perjalanan ASIDEWI kali ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali para pelaku desa wisata agar dapat kembali beraktivitas pariwisata yang bergejolak pascapandemi Covid-19 sebagai mesin pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan Sekolah Mengemudi Pariwisata yang diselenggarakan oleh ASIDEWI bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada pengelola desa wisata serta masyarakat desa agar dapat mengembangkan potensi desanya sebagai penggerak ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan melalui sektor pariwisata, budaya dan industri kreatif.

“Kami sangat mengapresiasi Disporapar Kabupaten. Lampung Barat yang memfasilitasi kegiatan sekolah penggerak pariwisata yang dilaksanakan di beberapa desa di Lampung Barat agar seluruh perwakilan kelompok masyarakat desa dapat berpartisipasi penuh dalam kegiatan tersebut,” ujar Andi Yuwono, Ketua ASIDEWI.

Tim Selainwi juga diundang sebagai contact person ke salah satu forum ternama di Jakarta pusat konvensi di header “Forum ACARA PARIWISATA DAN BISNIS INDONESIA” diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Adapun beberapa desa yang dikunjungi dalam perjalanan ASIDEWI di Jawa antara lain Banyuwangi (ekowisata Bedul, Djawatan, Songgon, Tamansari, Watudodol), Lumajang (Pronojiwo, Oro-oro Ombo, ), Jember (Ajung), Situbondo (Kampung Blekok), Probolinggo ( Kampung Seni Jati, Pantai Permata Pilang) Sidoarjo (Desa Budaya Wage), Jombang (Desa Budaya Tambakberas), Madiun (Desa Budaya Dongkrek), Pekalongan (Desa Batik Petukangan), Tangerang (Desa Kreatif Balaraja).

ASIDEWI mengunjungi desa-desa di pulau Sumatera, kota Bandar Lampung, Lampung Barat (desa Valgay, kecamatan Balik Bukit untuk mendaki puncak Gunung Pesagi pada 2.192 mdpl, puncak tertinggi di provinsi Lampung), desa Sukaraja dan Desa Mutar Alam, Way Tenong Kecamatan), Desa Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Desa Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya untuk melakukan arung jeram di Sungai Way Besay dengan rangkaian jeram yang menantang.

Di tahap 2 sampingwi Jawa Sumatera Overland Kali ini, tim berkolaborasi dengan pihak seperti DJALADRI INDONESIA, Navigator Indonesia, I-Deru dan Akademi Sinau Bareng, serta Forum Pokdarwis Lampung Barat dan Dinas Pariwisata dan instansi terkait.

Oleh: Arief Syaefudin

Source: mediakita.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button