Harus dicoba! 6 Kuliner Legendaris Jogja termurah dan terenak - WisataHits
Jawa Barat

Harus dicoba! 6 Kuliner Legendaris Jogja termurah dan terenak

Yogyakarta atau Jogja, salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi di Indonesia setelah Bali. Kekayaan alam dan kuliner tradisional menjadi daya tarik utama kota yang satu ini. Apalagi dengan kekayaan warisan budaya di Jogja yang membuat Jogja wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jalan-jalan ke Jogja belum lengkap rasanya tanpa mencicipi berbagai kuliner khas Jogja yang melegenda yang akan menggiurkan lidah Anda. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah bisa mencicipi makanan khas Jogja yang khas. Penasaran kuliner Jogja mana yang tidak boleh Anda lewatkan? Her World sudah punya beberapa rekomendasi jajanan legendaris Jogja buat kamu. Simak ya!

1. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu, chef legendaris Jogja(Gudeg Mbah Lindu. Foto: Dok. Hipwee.com)

Kuliner legendaris pertama di Jogja yang wajib kamu coba adalah Gudeg Mbah Lindu. Mbah Lindu sudah berjualan gudeg sejak zaman penjajahan Jepang, jadi sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Gudeg ini dibuat secara tradisional dengan oven tanah liat dan kayu bakar. Teknik ini memberikan sensasi tersendiri bagi Gudeg Mbah Lindu.

Meski tergolong kios sederhana, Gudeg Mbah Lindu selalu ramai dikunjungi. Gudeg disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti tahu bacem, tempe bacem, semur telur dan krecek pedas.

2. Gajah Tengkleng

Kuliner Gajah Tengkleng Legendaris Jogja(Tengkleng Gajah Jogja. Foto: Doc.jogjakita.co.id)

Bagi pecinta olahan daging kambing wajib mencoba sajian legendaris Jogja yang satu ini. Tempat makan ini disebut Tengkleng Gajah karena memiliki porsi makanan yang sangat banyak. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan rasanya karena Tengkleng Gajah memiliki cita rasa yang khas yang akan membuat Anda ketagihan.

Tengkleng Gajah mengolah daging selama empat jam sehingga dagingnya pasti empuk dan bumbunya meresap ke dalam. Selain menyajikan tengkleng, ada beberapa menu olahan daging kambing lainnya yang tak kalah enak yaitu tengkleng gajah goreng, sate kambing dan nasi goreng.

(Baca Juga: Tingkatkan Rasa, Ini 6 Rekomendasi Jajanan Pasar Rendah Kalori)

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Kuliner Legendaris Jogja(Sate Klathak Pak Pong Jogja. Foto: Dok. TripAdvisor)

Salah satu makanan yang wajib kamu coba saat traveling ke Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate Klathak Pak Pong menawarkan sate kambing yang ditusuk besi. Sate kambing yang tidak berbau kambing dan bumbu yang pedas membuat Sate Klathak Pak Pong menjadi favorit banyak orang.

Selain menjual sate kambing, Sate Klathak Pak Pong juga menjual tengkleng dan nasi goreng. Melalui teknik memasak arang, nasi goreng di restoran ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

4. Lele Mangut Mbah Martos

Kuliner Lele Legendaris Mangut Jogja(Mangut Lele Mbah Marto. Foto: Doc.jogjakita.co.id)

Ikan lele mangut adalah olahan ikan lele yang dimasak dengan santan beraroma dan bumbu rempah yang beraroma. Dimasak dengan kayu bakar, lele mangut memiliki aroma dan rasa berasap. Anda akan merasakan perpaduan bumbu yang gurih dan meresap ke dalam daging ikan lele di setiap gigitannya.

Jika Anda ingin menikmati mangut lele terbaik di Jogja, Anda bisa mengunjungi Mbah Martos Lele Mangut. Di ruang makan ini, pengunjung diperbolehkan masuk ke dapur dan membawa makanan sendiri. Semua sayuran dan lauk pauk ditempatkan dalam mangkuk besar.

5. Rabu Letek Mbah Mendes

kuliner legendaris jogja(Mi Lethek Mbah Mendes Jogja. Foto: Dok Grab Food)

Kuliner legendaris dari Jogja selanjutnya adalah Mi Lethek. Kelezatan hidangan khas Jogja ini bahkan mendorong Barack Obama untuk memesan mie Lethek saat berkunjung ke Jogja. Mi Lethek secara harfiah berarti mie kotor. Karena mie lethek memiliki warna kecoklatan dari mie yang terbuat dari singkong.

Salah satu tempat yang bisa mencoba mie lehek adalah Mi Lethek Mbah Mendes. Menariknya, Mi Lethek Mbah Mendes tidak menggunakan perasa atau pengawet. Beberapa menu yang wajib Anda coba adalah Mie Lethek Godog, Mie Goreng Lethek, Plencing Goreng dan Godog Plencing.

6. Tumisan Mercon Bu Narti

Oseng Kuliner Legendaris Jogja(Oseng-oseng Mercon Bu Narti Jogja. Foto: Doc.jogjakita.co.id)

Didirikan pada tahun 1998, Oseng-oseng Mercon Bu Narti menawarkan hidangan kikil pedas, lemak babi, kulit dan tulang muda. Disebut Petasan karena rasanya seperti petasan yang meledak di wajan. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, jangan lupa untuk mencoba Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

(Baca Juga: Ini 5 Kafe Paling Estetis di Bogor, Rekomendasi!)

Ini dia beberapa rekomendasi kuliner legendaris Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Jadi kamu ingin mencoba yang mana?

(Penulis: Audrey Josephine)

Source: www.herworld.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button