Hari Pramuka, Review Jambore Nasional - WisataHits
Jawa Barat

Hari Pramuka, Review Jambore Nasional

TEMPO.CO, jakarta – Sebanyak 11.000 Pramuka dari seluruh Indonesia berkumpul di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Mereka akan mengikuti Jambore Nasional atau Jamnas Sebelas bertema Ceria, berkomitmen dan berprestasi yang berlangsung dari 14 Agustus hingga 21 Agustus 2022. Hari ini upacara pembukaan bertepatan dengan Hari Pramuka ke-61.

Pemimpin Gerakan Pramuka Nasional Kwartir Budi Waseso mengatakan tujuan Jamnas adalah untuk membentuk sikap dan perilaku. “Meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pembinaan Pramuka,” kata Budi Waseso dalam siaran pers dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Sabtu 13 Agustus 2022. “Komitmen pengakuan dan pengamalan kode etik Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka” ,

Apa itu Jambore Nasional?

Dalam siaran pers dari Kwartir Gerakan Pramuka Nasional. Jambore dengan kegiatan pendidikan di luar ruangan atau perkemahan pramuka besar. Kegiatan tersebut merupakan sarana promosi yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian.

Penggalang adalah Pramuka yang berusia 11 sampai 15 tahun. Jambore dilaksanakan di Triwulan Cabang (kecamatan), Triwulan Cabang (kota, kabupaten) dan Triwulan Daerah (provinsi). Jambore berlangsung selama masa pemerintahan Kwartir, Jambore Nasional berlangsung setiap lima tahun sekali.

Jambore berbeda dengan kompetisi tingkat, yaitu perkumpulan pramuka dalam bentuk tim atau kompetisi individu atas nama tim. Lomba tingkat dilaksanakan di tingkat Kwartal Cabang, Kwartal Cabang, Kwartal Regional dan Nasional.

tujuan jambore

Tujuan kegiatan Jambore adalah untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pembinaan Pramuka. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan komitmen penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Satya dan Darma Pramuka.

Jambore ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebangsaan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Berjuang untuk mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas iman dan taqwa, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga memiliki jiwa Pancasila.

Jambore Nasional

Jamna XI akan dilaksanakan pada 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Pada tahun 1973, Jamnas I diadakan di Situ Baru, Jakarta Timur, sebuah bumi perkemahan di tepi danau. Areal seluas 210 hektar yang dulunya merupakan perkebunan karet ini kemudian disebut sebagai Bumi Perkemahan Cibubur.

Jamnas II berlangsung di Sibolangit, Sumatera Utara pada tahun 1977. Jamnas III (1981), Jamnas IV (1986), Jamnas V (1991), dan Jamnas VI (1996) diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur.

Jamnas VII dilaksanakan tahun 2001 di Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah, Jamnas VIII tahun 2006 di Jatinangor (Sumedang), Jawa Barat dan Jamnas IX diadakan tahun 2011 di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Pada tahun 2016, Jamnas X diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Pada tahun 2021, Jamnas Nasional ke-11 dijadwalkan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur. Namun, karena pandemi Covid-19, kegiatan perkemahan Pramuka ditunda. Baru dilaksanakan pada tahun 2022.

Apa saja kegiatan Jambore Nasional 2022?

Kegiatan Jamna menghasilkan upaya pencapaian tujuan gerakan Pramuka, perkembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik, untuk membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri. Pada Jamnas Nasional ke-11 tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, 80 persen peserta mengikuti main camp dan 20 persen mengikuti non main camp.

Berbagai kegiatan Jamnas XI dilakukan melalui pendekatan edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif dan menantang. Kegiatan akan dilaksanakan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

Selama seminggu Jambore Nasional, para peserta tinggal di perkemahan seolah-olah mereka berada di lingkungan atau dusun. Para peserta melakukan kegiatan olahraga, kebersihan, kerapian dan ketertiban, upacara bendera, permainan persaudaraan, forum pendidikan, anjangsana dan kunjungan pameran.

Anda akan mengikuti kegiatan rotasi berupa keterampilan kepramukaan, desa pembangunan berkelanjutan, petualangan, teknologi dan perjalanan pendidikan.

Adapun kegiatan non rotasi berupa kegiatan pendidikan dan seni budaya, diskusi edukatif dengan topik seperti perlindungan anak, pelestarian budaya bangsa, kebangsaan, pemutaran film, temu karakter, karnaval dan festival Nusantara serta api unggun.

Kegiatan Khusus, yaitu: Upacara Hari Pramuka ke-61, HUT ke-110 Gerakan Pramuka di Indonesia, Pembukaan dan Penutupan Jamnas XI, Upacara HUT RI ke-76, Kegiatan Pramuka Berkebutuhan Khusus; dan Festival Hari Pramuka.

Selama kamp, ​​para peserta didampingi oleh co-trainer dan kontingen regional. Mereka adalah pembina, pembina, pilar dan anggota dewan kerja. Panitia Jamnas melakukan berbagai kegiatan yaitu dinamika kelompok, diskusi, indaba, lokakarya dan perjalanan pendidikan.

Tema, motto dan peserta Jambore Nasional 2022

  1. Tema: Melalui kegiatan Jamna XI, kami menciptakan Pramuka yang bahagia, terlibat, dan berprestasi
  2. Motto: “Saya makan satya saya, saya mengabdikan diri untuk dharma saya”.
  3. Setiap cabang kabupaten (kota, kabupaten) mengirimkan 1 tim wanita (8 promosi wanita) dan 1 tim pria (8 promosi pria).
  4. Setiap triwulan regional mengirimkan 4 orang (2 putra dan 2 putri). Pramuka Berkebutuhan Khusus, terdiri dari kelompok Pramuka yang mengalami gangguan penglihatan, tunarungu, tunagrahita atau tunagrahita.
  5. Rombongan Depan Perwakilan Luar Negeri Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) berhak mengirimkan tim yang terdiri dari 8 orang.
  6. Peserta luar negeri berasal dari National Scout Organization (NSO) negara tetangga dan Asia-Pasifik, serta Pramuka luar negeri yang berbasis di Indonesia.

Baca: Hari Pramuka, 11.000 Pembalap dari Seluruh Daerah Hadiri Jambore Nasional di Cibubur

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button