Mengungkapkan! Ternyata Ini 5 Alasan Masjid Raya Al Jabbar Didirikan dan Situs Gedebage Dipilih - WisataHits
Jawa Barat

Mengungkapkan! Ternyata Ini 5 Alasan Masjid Raya Al Jabbar Didirikan dan Situs Gedebage Dipilih

DESKJABAR – Masjid Raya Al-Jabbar akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Jumat, 30 Desember 2022. Masjid yang dibangun sejak tahun 2017 ini menjadi salah satu ikon kota Bandung dan Jawa Barat.

Terletak di Jl. Cimencrang No. 14 Gedebage Kota Bandung, peresmian masjid ini akan mengubah status Masjid Raya Bandung menjadi Alun Alun kembali menjadi Masjid Raya Bandung.

Dalam perencanaan pembangunannya, ada beberapa alasan mengapa Gedebage dipilih sebagai lokasi Masjid Raya Al Jabbar. Seperti dilansir Humas Jabar di Instagram @humas_Jabar, Ridwan Kamil melamar Gedebage ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai Wali Kota Bandung saat itu (2014).

3 alasan untuk memilih Gedebage
Setidaknya ada 4 alasan mengapa Gedebage dipilih sebagai lokasi Masjid Al Jabbar yang nantinya akan menjadi salah satu kawasan wisata religi Jawa Barat. Direncanakan akan ada museum Nabi Muhammad dan museum digital perjalanan Islam nusantara.

Baca Juga: Masjid Al-Jabbar Termegah dan Unik Diresmikan Ridwan Kamil, Menelan 1,2 T, Karpet Diimpor dari Turki

1. Permukaan Masjid Raya Al-Jabbar merupakan kolam retensi yang mampu menampung air sebanyak 219 meter kubik dan merupakan penahan banjir di kawasan Gedebage.

Ada rencana untuk menggunakan kolam sebagai objek wisata. Orang bisa menikmati pemandangan di sekitar masjid dengan menggunakan perahu.

2. Bandung Timur tempat berdirinya Masjid Al Jabbar akan menjadi daerah mandiri. Sehingga infrastruktur yang dibangun dapat meningkatkan pergerakan manusia, barang dan jasa.

3. Masjid Al-Jabbar selain sebagai tempat ibadah juga menjadi pusat pendidikan dan rekreasi yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Bandung Timur.

Baca Juga: Tertinggal di Avatar 2 Jalan Air Anak Siapa? Inilah penjelasan bapak biologis kiri yang sebenarnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button