Hari Pramuka, 11.000 pembalap dari seluruh daerah hadiri Jambore Nasional di Cibubur - WisataHits
Jawa Timur

Hari Pramuka, 11.000 pembalap dari seluruh daerah hadiri Jambore Nasional di Cibubur

TEMPO.CO, jakarta – Sebanyak 11.000 Pramuka dari seluruh Indonesia berkumpul di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Mereka akan mengikuti Jambore Nasional atau Jamnas Sebelas bertema Ceria, berkomitmen dan berprestasi yang berlangsung dari 14 Agustus hingga 21 Agustus 2022. Hari ini upacara pembukaan bertepatan dengan Hari Pramuka ke-61.

Pemimpin Gerakan Pramuka Nasional Kwartir Budi Waseso mengatakan tujuan Jamnas adalah untuk membentuk sikap dan perilaku. “Meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pembinaan Pramuka,” kata Budi Waseso dalam siaran pers dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Sabtu 13 Agustus 2022. “Komitmen pengakuan dan pengamalan kode etik Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka” ,

Kegiatan Jambore Nasional Hari Pramuka

Presiden Joko Widodo tidak bisa menghadiri pembukaan Jamnas Nasional yang berlangsung setiap lima tahun sekali. “Tapi dia berjanji akan melihat kegiatan itu dan datang ke lokasi Jamna,” kata Kak Budi Waseso usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat, 12 Agustus 2022.

Pertemuan Budi Waseso dengan Joko Widodo melaporkan persiapan Jamnas yang diikuti 11.506 Pramuka yang mencalonkan perwakilan dari cabang kabupaten dan kota se-Indonesia. Ada pula Kelompok Gerakan Pramuka yang bermarkas di Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) dan perwakilan dari organisasi kepramukaan di Asia Pasifik.

Kamp Jamnas yang berlangsung selama satu minggu ini berfokus pada pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Kamp ini masih merupakan kamp rekreasi tetapi mengutamakan unsur pendidikan, inovasi dan produktivitas. Unsur-unsur tersebut merupakan prinsip dan metode dasar kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, simulasi dan kompetisi.

Ada banyak kegiatan Jamnas di bumi perkemahan dan di Graha Wisata Pramuka Cibubur dan di luar perkemahan utama. Kegiatan tersebut antara lain Keterampilan Pramuka, Peran Pramuka di Desa Pembangunan Berkelanjutan, Desa Teknologi, Kegiatan Petualangan, Forum Raising, Permainan Persaudaraan dan Wisata Edukasi Jakarta.

Sebelum kegiatan Jamnas, seluruh peserta dipastikan telah menerima vaksinasi lapis kedua dan membawa hasil negatif untuk tes PCR atau antigen swab ke Bumi Perkemahan Cibubur dari daerahnya masing-masing sesuai pedoman perjalanan.

Baca: Pramuka Indonesia Ikuti Program Pertukaran Pemuda ke India

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button