Hari ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik liburan Nataru - WisataHits
Jawa Tengah

Hari ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik liburan Nataru

MONITORING: Priyo Widyanto, Irjen Kakor Sabhara Baharkam Polri, memantau arus lalu lintas di depan Pospam Taman Bawen, Kabupaten Semarang pada Sabtu sore (24/12/2022). FOTO: MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, HONGARIA– Priyo Widyanto, Irjen Kakor Sabhara Baharkam Polri, mengatakan kondisi lalu lintas di wilayah Jawa Tengah mulai padat pada Sabtu (24/12/2022). Diperkirakan hari ini menjadi puncak mudik libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Seperti yang terlihat (di Simpang Bawen, redaksi) penuh ya, berbeda dari kemarin. Mungkin hari ini puncak kemacetan bagi yang pulang dari Nataru,” kata IG Priyo saat memantau arus lalu lintas di depan Pospam Taman Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu sore (24/12/2022).

Ia mengatakan, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk memantau jalan arteri non tol sepanjang Jawa Barat hingga Jawa Timur selama pelaksanaan Operasi Lilin 2022. Hasil pemantauan kondisi lancar sehingga tidak ada daerah yang dilakukan rekayasa lalu lintas.

Kondisi lalu lintas diperkirakan tetap lancar selama penerapan pengamanan Nataru hingga 2 Januari 2023. Keamanan yang kondusif juga akan terjaga menjelang perayaan Ibadah Natal dan Tahun Baru.

Irjen Pol Priyo menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda dan Polda sepanjang jalur Jabar hingga Jatim untuk memantau teknis sesuai TFG (Tactical Game Floor) untuk mengatasi kemacetan jalan arteri dan melakukan perform.

“Jika terjadi kemacetan di jalan arteri atau bahkan antrean di jalan tol maka akan dilakukan contra flow atau one way traffic sesuai kondisi daerah masing-masing,” ujarnya didampingi Dir Samapta Baharkam Polri Brigjen Pol. Pol. DR Rudi Astronot.

Meski demikian, Irjen Priyo mengimbau untuk mewaspadai pasar yang tumpah, meski tidak terlalu banyak dilakukan sebelumnya. Keamanan di jalur wisata yang banyak dikunjungi wisatawan juga harus menilai risiko kemacetan.

Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo, mewakili Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan, personel Polres Semarang di lapangan akan tetap melakukan patroli di jalan arteri dan tol selama libur Natal 2022 hingga malam tahun baru 2023. (muz)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button