5 Rekomendasi Wisata Instagrammable di Magelang, Cocok Untuk Liburan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rekomendasi Wisata Instagrammable di Magelang, Cocok Untuk Liburan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pemandangan air terjun dan Gunung Merapi dari sudut pandang Kedung Kayang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Spesial/bob.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Tempat wisata yang instagramable untuk dikunjungi pada hari libur atau akhir pekan.

Kabupaten Magelang tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah yaitu Candi Borobudur. Magelang juga memiliki banyak tempat wisata alam dengan keunikannya masing-masing. Ada yang masih alami, ada juga yang berkonsep kekinian atau biasa disebut tempat hits dengan spot foto instagrammable.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Magelang Solopos.com yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Omah Bunga Merbabu

wisata di magelangBangunan bergaya Eropa di Villa Omah Kembang Merbabu di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. (Spesial/Instagram @wisatasemarang)

Omah Kembang Merbabu merupakan salah satu wisata di Magelang yang memadukan konsep resort, villa dan restaurant dalam satu kawasan. Wisata di Magelang ini bisa menjadi pilihan untuk bersantai atau menghabiskan waktu liburan bersama teman, sahabat, saudara, saudara atau keluarga.

Baca Juga: Borobudur Night Carnival Segera Hadir, Cek Jadwalnya!

Wisata Omah Kembang Merbabu terletak di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Uniknya, bangunan vila di Omah Kembang Merbabu ini memberikan nuansa seperti di Eropa.

Bangunan ini memiliki atap miring, tinggi dan memiliki jendela besar. Meski bangunan vila bergaya Eropa, pemandu wisata tidak meninggalkan kesan tradisional Indonesia, yang terlihat dari hidangan yang disajikan di restoran.

Dikutip Solopos.com dari YouTube onnamajoe, Sabtu (9/10/2022) Harga sewa villa di Omah Kembang Merbabu adalah Rp 1,8 juta. Setiap vila dapat menampung enam orang. Dengan harga tersebut anda mendapatkan fasilitas sarapan pagi, air panas, dapur dan perlengkapannya, televisi, dispenser dan wifi gratis.

Akses menuju Villa Omah Kembang Merbabu sangat mudah. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dibutuhkan waktu 43 menit atau menempuh perjalanan kurang lebih 27 km dari pusat Kabupaten Magelang.

2. Air Terjun Kedung Kayang

wisata di magelangPemandangan air terjun dan Gunung Merapi dari sudut pandang Kedung Kayang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Spesial/bob.kemenparekraf.go.id)

Baca Juga: Wisata Baru Metro Sport Garden Magelang, Pemandangan Ciamiks & Lur Gratis

Rekomendasi wisata di Magelang selanjutnya menawarkan keindahan alam berupa air terjun. Air Terjun Kedung Kayang menyuguhkan pesona air terjun setinggi 40 meter. Air terjun ini diapit oleh Gunung Merapi dan Merbabu.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada di tengah hutan, namun destinasi wisata ini sepi dan mudah dijangkau dengan kendaraan. Lokasinya cukup strategis di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jarak dari pusat Kabupaten Magelang sekitar 30 km.

Pemerintah menawarkan tempat parkir di dekat objek wisata di Magelang ini. Tiket masuk wisata ini seharga Rp 4.000 per orang. Anda akan menemukan sudut pandang yang menawarkan pemandangan langsung Gunung Merapi dan air terjun. Anda bisa mengabadikan momen indah di tempat ini, namun Anda harus membayar Rp 5.000 per spot foto.

Nah, semakin dekat ke dasar air terjun Magelang memang butuh usaha. Anda harus turun tangga. Jangan khawatir, tangganya ditata dengan baik. Selain menuruni anak tangga, Anda juga harus menyusuri sungai yang dangkal menuju air terjun.

3. Dataran Tinggi

wisata di magelangTenda didirikan di tengah Taman Bunga Dataran Tinggi Silancur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Spesial/Instagram @silancurhighland)

Baca juga: Bukit Dagi, Surga di Balik Megahnya Candi Borobudur

Rekomendasi wisata di Magelang selanjutnya adalah Dataran Tinggi Silancur. Wisata alam ini terletak di lereng tenggara Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan panorama alam yang sangat indah. Dikutip dari laman bob.kemenparekraf.go.id, Sabtu (9/10/2022), Dataran Tinggi Silancur berada di atas bukit. Objek wisata ini diberkahi dengan berbagai atraksi wisata yang menarik.

Ada juga taman bunga lengkap dengan spot foto instagramable dengan background gunung. Bagi Anda yang ingin menginap dan menikmati keindahan Dataran Tinggi Silancur, Anda dapat menggunakan area perkemahan untuk berkemah.

Kelap-kelip lampu di malam hari di Kabupaten Magelang dan cahaya matahari terbit menjadi keceriaan saat berkemah. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saat mengunjungi wisata ini. Namun, pengunjung yang ingin bermalam harus membayar biaya tambahan.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Alun-Alun Magelang. Kemudian ambil arah barat menuju Pasar Bandongan. Berkendara dari Pasar Bandongan ke Desa Mangli. Setelah itu, ikuti jalan lurus ke depan menuju desa Dadapan.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Wisata Di Sekitar Candi Borobudur, Ada Lokasi Syuting AADC

4. Nepal Van Java

wisata di magelangWarna-warni rumah warga Dusun Need, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terlihat seperti menumpuk. (Spesial/Instagram @nepal_van_java)

Tur yang direkomendasikan di Magelang lalu Nepal Van Java. Kalian pasti tahu kalau Nepal Van Java adalah julukan untuk destinasi wisata unik di lereng Gunung Sumbing, tepat di Dusun Need, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Julukan tersebut diberikan karena daerah tersebut berada di pegunungan. Rumah-rumah warga terlihat bertumpuk seperti tempat tinggal di Nepal. Yang unik dari tempat wisata di Magelang ini adalah setiap rumah warga di perbukitan ini dicat dengan warna-warna cerah agar terlihat bagus.

Memperlakukan pemandangan alam yang indah dengan udara yang bersih dan sejuk untuk menarik wisatawan yang datang ke pemandangan ini. Akses jalan menuju Nepal Van Java cukup terjal, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berkendara.

Tiket masuk untuk pengunjung Nepal Van Java terjangkau. Setiap orang hanya perlu membayar Rp 10.000. Biaya parkir motor dan mobil adalah Rp 3.000 dan Rp 10.000 per kendaraan.

Baca Juga: Selain Borobudur, Ini Tempat Wisata di Magelang yang Direkomendasikan

5. Naik Ziplan Telomoyo

wisata di magelangTest ride Telomoyo Ziplane yang memacu adrenalin di kawasan Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Spesial/@jelajahboyolali_)

Terakhir, rekomendasi wisata di Magelang adalah Ziplane Telomoyo. Jika Anda menyukai wahana yang menantang, Ziplane Telomoyo adalah suatu keharusan.

Wahana wisata ini berada di kawasan Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Ziplane merupakan wahana wisata yang mengusung konsep kombinasi hang gliding dan flying fox.

Wisatawan diajak meluncur dari ketinggian sambil melihat keindahan alam di bawah dengan zipplane. Wisatawan meluncur dengan sayap seperti layang-layang yang terbang hingga 100 meter di ketinggian 125 meter.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Magelang ini dalam cuaca cerah, Anda bisa menikmati pemandangan alam seperti Rawa Pening di Ambarawa. Saat cuaca berkabut, Anda akan merasa ingin menembus kabut di ketinggian.

Baca juga: Bukit Menoreh, Sensasi Mendarat di Atas Awan

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 per orang untuk menikmati wahana ini. Untuk menuju puncak Gunung Telomoyo, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil jeep.

Nah itulah 5 rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat di Magelang.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button