Mau Belajar Administrasi Desa, Lurah Dompu NTB Geruduk Rumah Ganjar - WisataHits
Jawa Tengah

Mau Belajar Administrasi Desa, Lurah Dompu NTB Geruduk Rumah Ganjar

Mau Belajar Administrasi Desa, Lurah Dompu NTB Geruduk Rumah Ganjar

Merdeka.com – Puluhan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkunjung ke kediaman Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang pada Kamis malam (1/9/2022). Sekitar 36 kepala desa didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu melakukan perjalanan jauh ke Jawa Tengah untuk belajar tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, dana desa, dan pembangunan desa.

“Ya, itu menarik, aku punya tamu istimewa. Ada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Desa dari Kabupaten Dompu, NTB, kemudian teman-teman kepala desa, ada juga Camat. Ternyata kamu belajar di desa Ponggok, Klaten. Mereka pada dasarnya ingin belajar bersama tentang pengelolaan pemerintahan, dana desa yang transparan, akuntabel, dan dermawan,” kata Ganjar usai menjamu rombongan lurah Kabupaten Dompu di kediamannya.

Artikel media taboola

Pertemuan yang berlangsung berlangsung hangat dan terjadi diskusi panjang mengenai beberapa hal tersebut. Ganjar mengatakan apa yang dilakukan oleh Desa Ponggok di Klaten merupakan hasil inovasi dari pemerintah desa. Pengalaman inovasi dan pengelolaan ini perlu dibagi dengan desa lain, termasuk yang berasal dari luar Jawa Tengah.

Selain beberapa hal, pengelolaan lingkungan juga menjadi perhatian yang juga menjadi permasalahan global saat ini. Termasuk mempromosikan desa wisata di kawasan melalui dunia digital.

“Saya pikir sesi pertukaran ini penting. Jadi saya menawarkan kepada mereka, ayo jika Anda perlu belajar apa yang saya maksud dengan membuat desa kembar, jadi mungkin Anda bisa belajar desa wisata, manajemen keuangannya, inovasi dan hal-hal lain. Dengan cara ini, kami berharap bisa maju bersama,” jelas Ganjar.

Puluhan kepala desa dompu ntb geruduk rumah penghargaan

© 2022 Merdeka.com

Model desa kembar telah dilaksanakan oleh beberapa desa bekerja sama dengan Kementerian dan alumni UGM sebagai bagian dari program Desa Inklusif. Jadi di beberapa tempat menemani dan bertukar pengalaman.

“Di Dompu juga banyak yang bagus. Saya pernah ke sana waktu masih di Komisi IV DPR RI. Dulu ada undangan ke Dompu, nanti kita cari waktu karena saya juga harus bertanggung jawab untuk Jawa Tengah. Nanti saya masak buat piknik,” kata Ganjar.

Undangan yang dimaksud Ganjar datang dari Kepala Desa Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Saifuddin Zuhri. Ia mengajak Ganjar datang ke desa di lereng Gunung Tambora karena tertarik dengan prestasi yang telah diraihnya selama kepemimpinannya di Jawa Tengah.

Zuhri menjelaskan, karakteristik desa-desa di Jawa Tengah sangat mirip dengan karakteristik desa-desa di kawasan Dompu. Baik dalam menangani potensi dan sebagainya.

“Kehadiran Anda di sana akan memberikan nilai tambah dan pelajaran berharga bagi kami bagaimana prestasi Anda bisa menular di Jawa Tengah sana, dan kami bisa belajar banyak dari itu,” kata hasil studi di desa Ponggok, menurut Gubernur Ganjar itu. insya Allah akan kami prioritaskan karena banyak kesamaan antara desa di sini dengan desa di sana,” ujarnya.

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button